Number 17A – ( Jackson Pollock )

5 Lukisan Termahal di Dunia, Harganya Bisa Beli Rumah Satu Kampung

seputarkelas.com – 5 Lukisan Termahal di Dunia, Harganya Bisa Beli Rumah Satu Kampung

Lukisan merupakan karya seni dua dimensi yang banyak disukai oleh seseorang dari berbagai kalangan mulai dar anak-anak smpai orang dewasa, mulai dari kelas ekonomi bawah sampai kelas ekonomi atas, seseorang senang melukis bisa jadi karena dia hobi menggambar, ataupung senang melihat suatu keindahan. Adapula yang menjadikan lukisan sebagai suatu lading mencari pundi-pundi uang, karena memang lukisan ini merupakan lahan bagi para seniman untuk mengekspresikan isi hati dalam suatu goresan diatas kanvas.

Nilai harga dari suatu lukisan bervariasi, tergantung atau dilihat dari bebrapa faktor, misalnya keindahan lukisan, teknik yang dipakai untuk melukis, media yang digunakan melukis, seniman si pelukisnya, sampai dengan tahun berapa lukisan tersebut dibuat. Lukisan yang dibuat oleh seorang seniman yang sudah berpengalaman harganya sudah pasti mahal, meskipun kalian lihat lukisannya biasa saja atau melukis abstrak, tapi si pembeli karena sudah merasa menjadi fans si seniman si pembuat lukisan, mereka rela untuk mengeluarkan uang lebih untuk membeli lukisannya.

Berikut ini adalah beberala lukisan termahal di dunia, yang harganya mungkin akan membuat kalian tidak percaya

1. Salvator Mundi ( Leonardo de vinci )

Salvator Mundi ( Leonardo de vinci )

Lukisan diatas merupakan lukisan termahal di dunia loh lukisan tersebut dibuat oleh seorang pelukis terkenal Leonardo da Vinci dengan nama Salvator Mundi. Tau sendiri kan Leonardo de vinci adalah seorang pelukis terkenal didunia. Ia diketahui menggambarkan Yesus Kristus tengah memegang bola kristal.

Lukisan ini ditaksir mempunyai harga US$ 450,3 juta atau jika dirupiahkan ke rupiah harganya mencapai Rp 6,3 triliun (kurs Rp 14.000) lukisan tersebut dibuat pada tahun 1605 berdasarkan permintaan dari Raja Louis XII dari Prancis. Wow dilihat dari usianya sendiri sudah sangat tua ya. Wajar jika harganya sangat mahal. Saat ini lukisan termahal didunia ini dimiliki oleh Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman atas nama Departemen Kebudayaan & Pariwisata Abu Dhabi.

2. Interchange – ( Willem de Kooning )

Interchange – ( Willem de Kooning )

Interchange adalah jenis lukisan abstrak loh, sekilas untuk orang awam mungkin berfikir kenapa lukisan yang tidak terlihat bentuknya menjadi lukisan termahal didunia. Lukisan ini sendiri dilukis oleh seorang seniman yang berasal dari Belanda bernama Willem de Kooning yang dibuat pada tahun 1955 dan lukisan abstrak ini senidiri merupakan pertama yang dibuat oleh Willem de Kooning.

Lukisan ini terjual seharga 300 Juta US Dollar pada tahun 2015 atau setara dengan Rp 4,2 triliun (kurs Rp 14.000). dalam sebuah lelang di Art Institue of Chicago dan terjual kepada seorang milyader Amerika bernama Kenneth C Griffin.

3. The Card Players – ( Paul Cézanna )

The Card Players – ( Paul Cézanna )

Lukisan berjudul The Card Players ini dilukis oleh seorang seniman yang bernama Paul Cézanna pada tahun 1890 an. Lukisan ini menggambarkan dua orang pria tengah bermain kartu, lukisan tersebut akhirnya dibeli oleh keluarga kerajaan Qatar di tahun 2011 dengan harga US$ 250 juta atau jika dirupiahkan senilai Rp 3,5 triliun (kurs Rp 14.000).

 

4. Nafea Faa Ipoipo – ( Paul Gauguin )

Nafea Faa Ipoipo – ( Paul Gauguin )

Lukisan berjudul Nafea faa ipoipo memiliki arti when will you marry lukisan ini salah satu lukisan termahal di dunia lukisan tersebut dilukis oleh Paul Gauguin yang dibuat pada tahun 1892. lukisan ini tersimpan di musium Kunst Selama hampir setengah abad yang berada di kota Basel negara Swiss. pada tahun 2015 keluarga Rudolf Staechelin  dijual kepada Al Mayassa binti Hamad bin Khalifa Al Thani yang dia adalah saudara perempuan dari penguasa Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, lukisan tersebut laku dengan harga 210 juta US Dollar atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 2,9 triliun (kurs Rp 14.000).

 

5. Number 17A – ( Jackson Pollock )

Number 17A – ( Jackson Pollock )

Lukisan dengan judul Number 17A adalah lukisan karya seniman asal Amerika bernama Jackson Pollock. Lukisan berjenis abstrak ini merupakan salah satu lukisan termahal didunia loh, lukisan yang dibuat pada tahun 1946 ini saat ini dimiliki oleh seorang pecinta seni atau kolektor yang juga miliarder yaitu Kenneth C Griffin. sebelumnya lukisan ini terpajang di Art Institue of Chicago, kemudian Lukisan tersebut dipindahkan rumah pribadinya.

Harga lukisan Number 17A ini pada saat dibeli mencapai harga US$ 200 juta atau setara dengan Rp 2,8 triliun (kurs Rp 14.000).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.