30 Contoh Soal AKM Numerasi Kelas 5 SD

seputarkelas.com – 30 contoh soal akm numerasi kelas 5 sd

Pada tahun ini  seorang siswa tidak akan lagi menempuh yang namanya ujian nasional,  ujian jenis ini telah diganti oleh pemerintah menjadi di soal AKM atau asesmen kompetensi minimum,  serta survei karakter dan juga survei lingkungan belajar.  KKM sendiri akan menjadi sebuah tolak ukur yang digunakan untuk menilai dengan lebih kooperatif dalam mengetahui kemampuan belajar siswa.  di mana pada aki Mini terdiri dari tes kemampuan literasi dan numerasi.  kali ini seputar kelas akan memberikan 30 contoh soal KKM numerasi kelas 5 SD.  dimana melalui contoh soal KKM kelas 5 SD ini kami sajikan sebagai bahan  latihan bagi para siswa kelas 5 SD  sebelum nantinya siswa menghadapi soal-soal model apa numerasi pada saat tes.

Bapak ibu guru juga bisa mempergunakan contoh soal numerasi berikut Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang pembelajaran yang sudah diajari.  Sehingga nantinya peserta didik Mampu untuk mengerjakan soal-soal AKM.  nyaJadi soal-soal tersebut bisa bapak ibu guru jadikan simulasi AKM untuk anak didiknya.

Baca Juga : Soal AKM Numerasi Kelas 1 Dan 2 SD Beserta Jawabannya

Baca Juga : Contoh Soal AKM Numerasi Kelas 3 Dan 4 SD

Jenis Soal AKM Kelas 5 SD

Soal AKM sendiri sangat berbeda dengan soal ujian nasional, Dimana pada soalnya AKM memiliki lima bentuk soal yaitu,

  • Soal pilihan ganda, Pada jenis soal ini siswa hanya perlu memilih satu jawaban yang benar,  soal pilihan ganda juga sering siswa kerjakan pada saat ulangan harian
  • Soal pilihan ganda kompleks,  pada jenis soal ini siswa diperbolehkan memilih lebih dari satu jawaban yang menurut mereka benar di dalam 1 soal
  • Menjodohkan,  jenis soal ini siswa dituntut untuk menarik sebuah garis dari satu titik ke titik lainnya dimana garis tersebut merupakan pertanyaan dan jawaban yang saling melengkapi
  • Isian singkat,  jenis soal ini merupakan jawaban yang diisi dengan kata yang singkat bisa berupa bilangan nama benda tempat ataupun lainnya
  • Uraian,  jenis soal uraian bisa siswa Kerjakan dengan kalimat-kalimat yang panjang maupun pendek sesuai dengan jawaban mereka

Baca Juga : Download Soal AKM Untuk Guru Terbaru

Contoh Soal AKM Numerasi

Soal No 1

 

Saat Nania berulang tahun, ia membeli beberapa makanan yang akan dibagikan kepada teman-temannya. kue itu terdiri dari :
1. Permen coklat 24 buah
2. Kue keju 12 buah
3. Susu coklat 12 buah
4. Biskuit 36 buah
Jika semua makanan itu akan diberikan kepada teman-temannya dengan jumlah sama. Coba perhatikan manakah pernyataan berikut yang benar, berilah tanda (v) !
o Setiap anak mendapat 3 coklat
o Setiap anak mendapat 1 kue keju
o Setiap anak mendapat 4 biskuit
o Setiap anak mendapat 2 susu coklat
o Makanan itu akan dibagikan kepada 3 orang teman
o Makanan itu akan dibagikan kepada 12 orang teman

KUNCI JAWABAN

 

Soal No 2

Hari ini tanggal 2 April 2021 Dinar bermain voli Bersama Dani. Dinar bermain voli setiap 3 hari sekali. Dani bermain voli setiap 2 hari sekali. Minggu depan mereka akan bertemu Kembali untuk bermain voli Bersama. Tetapi pada saat itu ternyata Dinar ada acara keluarga sehingga mereka tidak bisa bermain voli Bersama. Lalu, pada tanggal berapakah mereka akan bertemu lagi untuk bermain voli bersama?
A. 8 April 2021
B. 14 April 2021
C. 9 April 2021
D. 13 April 2021

KUNCI JAWABAN

Soal No 3

Pada hari Selasa tanggal 27 April 2021, Rudi Bersama Dono kebetulan meminjam buku bersama di perpustakaan. Rudi selalu menjadwalkan pergi ke perpustakaan setiap 4 hari sekali dan Dono setiap 3 hari sekali saat mereka tidak ada les pelajaran. Tetapi karena adanya ulangan dalam waktu dekat ini, mereka memutuskan untuk pergi ke perpustakaan Bersama setelah ulangan selesai. Saat meminjam buku, kepala perpustakaan menyebutkan jika batas peminjaman buku adalah 1 minggu. Menurut kamu, manakah pernyataan berikut yang benar, berilah tanda (v) !
o Mereka akan terlambat mengembalikan buku
o Mereka akan tepat waktu saat pengembalian buku
o Mereka akan keperpustakaan pada hari Selasa, 7 Mei 2021
o Mereka akan ke perpustakaan pada hari Jumat
o Mereka akan ke perpustakaan pada tanggal 9 Mei 2021
o Mereka akan ke perpustakaan pada hari Selasa

KUNCI JAWABAN

Untuk Soal Lengkapnya silahkan simak dan download soal AKM Numerasi dibawah ini

Download Soal AKM Numerasi Kelas 5 SD

Bapak ibu guru bisa mendownload contoh soal AKM numerasi kelas 5 SD pada artikel di bawah ini.  tujuan dari penyajian contoh soal nomor resi berikut adalah agar Bapak Ibu Guru dapat memberikan gambaran umum tentang soal-soal AKM kepada siswa.  Sehingga nantinya siswa tidak terkejut ketika menghadapi soal-soal AKM itu sendiri.

KKM sendiri baru dilaksanakan pada tahun ini sebagai pengganti dari ujian nasional.  jadi untuk jenis ujian yang baru ini tentu perlu persiapan yang lebih mengingat belum ada pengalaman-pengalaman pelaksanaan yang dilakukan sebelumnya.

bapak ibu guru bisa mendownload contoh soal akar berikut melalui link dibawah ini.

KLIK DISINI: DOWNLOAD CONTOH SOAL AKM NUMERASI KELAS 5 SD

Baca Juga : 30 Contoh Soal AKM literasi Kelas 5 SD

Itulah beberapa contoh soal numerasi kelas 5 SD yang bisa bapak ibu guru berikan kepada peserta didik sebagai bahan latihan atau bahan ajar. contoh soal Akar numerasi tersebut merupakan gambaran tingkat kesulitan terhadap soal yang nantinya akan dikerjakan oleh siswa.

Demikianlah pembahasan seputarkelas kali ini tentang contoh soal HKM numerasi kelas 5 SD,  semoga artikel diatas bermanfaat untuk bapak ibu guru atau siswa sekalian,  sebagai bahan gambaran tentang yang contoh soal AKM numerasi.

Baca Juga : Cara Mendaftar Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Literasi dan Numerasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *