30 Contoh Soal AKM literasi Kelas 5 SD

seputarkelas.com – 30 contoh soal AKM literasi kelas 5 SD Kali ini seputarkelas akan membahas tentang contoh soal AKM titrasi kelas 5 SD yang disertai dengan kunci jawaban,  an8 Mini dapat bapak ibu guru atau siswa dijadikan sebagai bahan belajar untuk menghadapi KKM tingkat SD yang sesungguhnya.

AKM literasi adalah bentuk soal yang dibuat oleh pemerintah dalam rangka untuk mengetahui seberapa besar pemahaman peserta didik dalam literasi.  literasi Sebenarnya bukan cuma untuk meningkatkan kualitas siswa wa saja namun juga terhadap pemahaman masyarakat akan pentingnya budaya berliterasi.

Pada soal asesmen kompetensi minimum AKM literasi yaitu kemampuan membaca siswa untuk dapat memahami my, menggunakan, mengevaluasi serta merefleksi Suatu bentuk teks tertulis.  suatu konteks bacaan di dalam literasi dimaksudkan dengan tujuan agar peserta didik nantinya Bisa Mendapatkan hiburan,  cerita,  kata-kata melakukan perenungan yang kemudian dihayati  suatu teks bacaannya.

Jenis Soal AKM Kelas 5 SD

Ada beberapa jenis soal AKM diantaranya sebagai berikut:

  • Soal pilihan ganda , Pada jenis soal ini peserta didik hanya memilih satu jawaban yang dianggap benar diantara beberapa jawaban yang telah disediakan.
  • Soal pilihan ganda kompleks,  pada jenis soal ini peserta didik boleh menjawab lebih dari satu jawaban yang mereka anggap benar.
  • Soal menjodohkan,  soal ini adalah menghubungkan antara satu titik dengan satu titik lainnya di mana keduanya merupakan soal dan jawaban yang saling berkaitan.  tujuannya adalah agar dapat mengukur kemampuan peserta didik di ranah menyesuaikan dan menghubungkan antara dua pernyataan.
  • Soal essay atau uraian,  soal ini ini dikerjakan dengan cara peserta didik menuliskan jawaban berupa teks kalimat sesuai dengan pertanyaan
  • Soal isian jawaban singkat,  pada jenis soal ini hampir sama dengan soal uraian namun Jawaban yang harus dituliskan oleh perut serta Didik adalah jawaban singkat baik itu berupa frasa,  kata,  angka ataupun simbol.

Baca Juga : 30 Contoh Soal AKM Numerasi Kelas 5 SD

Karakteristik Soal AKM literasi

Pada jenis soal AKM titrasi biasanya mengandung soal-soal cerita yang teksnya sedikit panjang,  hal ini membuat soal AKM literasi kelas 5 SD akan menguji kemampuan siswa ketelitian dan pemahaman tentang literasi yang mempunyai.

jenis soal yang mengandung kalimat yang panjang akan memakan waktu yang cukup lama bagi siswa bukan hanya ketika menganalisis jawaban namun juga ketika membaca soal,  Oleh karena itu pada jenis-jenis soal Literasi yang panjang  biasanya akan mengakibatkan kehabisan waktu dan tidak sempat mengerjakan seluruh soal.

oleh karena itu itu perlu adanya suatu latihan mengerjakan soal literasi agar nantinya peserta didik  terbiasa membaca teks yang panjang dan memahaminya secara cepat,  sehingga mampu untuk menjawab pertanyaan dengan benar.

seputar kelas kali ini akan mencoba membagikan beberapa contoh soal literasi kelas 5 SD yang bisa bapak ibu guru atau au siswa menggunakannya sebagai latihan sebelum mengikuti AKM.

Contoh soal agak Mini adalah soal yang sudah disadur sesuai dengan pedoman ak m,  sehingga akan membantu itu untuk dijadikan latihan mengerjakan soal AKM.   soal-soal tersebut setidaknya telah menjadi gambaran bagi peserta didik Pada saat mengerjakan soal akar literasi kelas 5 SD. 

Mengingat pentingnya pelaksanaan AKM ini untuk siswa,  sekolah, maupun instansi.  maka perlu adanya persiapan yang baik dan dukungan dari pihak-pihak tersebut. dimana nantinya hasil dari pelaksanaan AKM literasi dan numerasi akan dijadikan pemerintah sebagai acuan dalam mengambil kebijakan di bidang pendidikan di masa yang akan datang.

Komponen AKM literasi

komponen AKM pada literasi membaca meliputi tiga hal yaitu :

  • konten  teks yang berisi teks informasi dan untuk teks sastra terdiri dari cerpen dongeng puisi dan lain-lain
  • untuk proses kognitif yaitu menemukan informasi, interpretasi dan integrasi, serta evaluasi dan revleksi.
  • sedangkan untuk konteks meliputi, personal, sosial budaya serta saintifik.

Contoh soal AKM literasi kelas 5 SD

Soal No 1 ( Soal Uraian AKM )

Jika kamu sering bepergian dan kerap memikirkan listrik rumahan,penggunaan Intelliplug merupakan pilihan yang paling penting.Sebab, alat ini bisa berfungsi dalam menonaktifkan perangkat listrik rumahansecara otomatis melalui sistem nirkabel yang terhubung langsung ke telepongenggam. Kamu pun bisa menyalakan atau mematikan listrik dalam tempo waktu tertentu secara cepat dan praktis. Apa perbedaan Intelliplug dengan stop kontak yang ada di rumahmu?

Kunci Jawaban : Intelliplug bisa menonaktifkan perangkat listrik rumahan secara otomatis melalui sistem nirkabel yang terhubung langsung ke telepon genggam, sedangkan stop kontak biasa tidak bias.

Soal No 2 ( Soal Uraian AKM )

Untuk contoh soal AKM literasi lainnya silahkan kalian download file PDF dibawah ini

Download soal AKM literasi kelas 5 SD

Kumpulan beberapa soal literasi kelas 5 SD bisa bapak ibu guru dan siswa download Dan dipergunakan sebagai bahan ajar melalui link berikut ini.

Klik Disini :   Contoh Soal Literasi Kelas 5 SD ( Teks Fiksi )

Klik Disini :   Contoh Soal Literasi Kelas 5 SD ( Teks Informasi )

Klik Disini :   Contoh Soal Literasi Kelas 5 SD Lengkap

Itulah sedikit ulasan singkat mengenai contoh soal hal-hal literasi kelas 5 SD yang bisa bapak ibu guru atau siswa gunakan sebagai bahan acuan untuk mempersiapkan diri dalam mengerjakan  AKM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *