Cara Mendapatkan Bantuan PIP Bagi Siswa

seputarkelas.com – Cara Mendapatkan Bantuan PIP Bagi Siswa

Dalam rangka memajukan pendidikan nasional, Pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah banyak menyusun dan melaksanakan berbagai program. Program-program tersebut baik menyangkut kegiatan pembelajaran maupun kesejahteraan sekolah, tenaga pendidik dan peserta didik itu sendiri.

Pada sisi tenaga pendidik, para tenaga pendidik dituntut untuk terus meningkatkan kualitas dan profesionalisme mereka. Sebagai ganjarannya, para tenaga pendidik yang telah mengantongi sertifikat pendidik akan mengalami peningkatan kesejahteraan melalui tunjangan sertifikasi. Dari sisi peserta didik, Pemerintah melakukan dukungan terutama bagi siswa kurang mampu dengan menerbitkan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Apa itu Kartu Indonesia Pintar (KIP) ?

Kartu Indonesia Pintar merupakan salah satu program unggulan Presiden Jokowi dalam menciptakan generasi muda Indonesia yang cerdas. KIP diluncurkan dalam bentuk kartu yang berfungsi sebagaimana kartu ATM dimana bantuan dapat dicairkan melalui kartu tersebut. KIP diluncurkan pada tahun 2014 bersamaan dengan dua program unggulan lainnya, yakni program Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKH).

Pemegang KIP ini ditujukan untuk para peserta didik pada jenjang SD, SMP dan SMA yang berada dalam rentang usia 6-21 tahun dan berasal dari keluarga kurang mampu. Selain itu, terdapat juga KIP Kuliah yang ditujukan untuk para peserta didik yang berprestasi tapi berasal dari keluarga kurang mampu dan berkeinginan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Apa itu Program Indonesia Pintar (PIP) ?

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah salah satu program unggulan Presiden Jokowi dalam rangka mewujudkan amanat UUD 1945 yakni menciptakan kehidupan bangsa yang cerdas dan memberikan hak untuk memperoleh pendidikan bagi keluarga kurang mampu.

Dalam pelaksanaannya, Pemerintah melalui PIP akan memberikan bantuan berupa uang tunai pada para peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membayar biaya Pendidikan karena memiliki latar belakang keluarga kurang mampu.

Selain itu, Pemerintah melalui PIP mengharapkan agar angka putus sekolah dapat ditekan. Para peserta didik yang putus sekolah karena terkendala biaya, diharapkan mampu melanjutkan pendidikan dengan mengikuti PIP.

Besaran Dana yang akan Diperoleh pada PIP

Besaran dana yang akan diperoleh para peserta didik, bervariasi tergantung pada jenjang
pendidikan yang sedang ditempuh. Berikut rinciannya :

• Bantuan berupa uang tunai senilai Rp 450.000,- per tahun diperuntukkan bagi peserta
didik SD/MI/Paket A
• Bantuan berupa uang tunai senilai Rp 750.000,- per tahun diperuntukkan bagi peserta
didik SMP/MTS/Paket B
• Bantuan berupa uang tunai senilai Rp 1.000.000,- per tahun diperuntukkan bagi peserta
didik SMA/SMK/MA/Paket C

Dokumen yang Harus Dipersiapkan

Untuk memperoleh bantuan PIP, berikut beberapa dokumen yang harus dipersiapkan :
1. Kartu Keluarga
2. Akta Kelahiran
3. Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
4. Surat Keterangan Tidak Mampu
5. Surat penerima BSM yang dikeluarkan oleh Kepala Sekolah
6. Rapor Sekolah

Cara Mendapatkan Bantuan PIP

Agar terdaftar sebagai penerima bantuan PIP dan mendapatkan bantuan PIP, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan :

1. Peserta didik melakukan pendaftaran pada lembaga pendidikan terdekat dengan melampirkan Kartu      Keluarga Sejahtera (KKS).
2. Apabila peserta didik tidak memiliki KKS, orangtua peserta didik dapat membawa Surat Keterangan        Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh RT/RW dan kelurahan setempat
3. Sekolah melakukan pendataan dan mengirimkan ke Dinas Pendidikan setempat
4. Adapun sekolah yang berada dibawah naungan Kemendikbud diharuskan untuk mendaftarkan data        peserta didik ke aplikasi Dapodik.
5. Jika peserta didik dinyatakan lolos pendaftaran, dana bantuan dapat segera diambil. Proses                        pengambilan dana dapat dilakukan baik secara perorangan ataupun kolektif.

Sekian Pembahasan kami kali ini tentang Cara Mendapatkan Bantuan PIP Bagi Siswa, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.