Contoh Soal Medan Listrik, Rumus Dan Jawabannya

seputarkelas.com – contoh soal medan listrik, rumus dan jawabannya

Kali ini seputar kelas akan membahas materi soal fisika yakni pada bab medan listrik.  materi ini dipelajari oleh siswa ketika berada pada jenjang SMP kelas 9 yang kemudian didalami kembali pada jenjang SMA kelas 12.

pembelajaran fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang mungkin kurang diminati oleh siswa apalagi jika mereka dihadapkan pada ada ulangan entah itu ulangan harian ujian tengah semester ataupun ujian akhir semester.  fisika sendiri termasuk pada mata pelajaran IPA dimana pelajaran ini sudah diajarkan kepada siswa sejak mereka berada di tingkat Sekolah Menengah  Pertama.

Ada banyak materi pembelajaran yang ada pada pelajaran fisika salah satunya yang mungkin dianggap sulit oleh siswa adalah materi tentang medan listrik.  oleh karena itu penting bagi siswa untuk terus meningkatkan kemampuannya pada materi medan listrik,  selain menerima pembelajaran di  sekolah alangkah baiknya jika siswa wa-nya juga dapat mempelajari soal-soal tentang materi medan listrik melalui sumber lain semisal website agar kemampuan mereka terus meningkat.

Pada kesempatan kali ini seputar kelas akan mencoba untuk menjelaskan tentang contoh soal medan listrik disertai dengan gambaran materi dan rumus hitung medan listrik silakan kalian simak uraian materi tersebut di bawah ini.

Materi Medan Listrik

Sebelum ke soal terlebih dahulu kita akan membahas tentang sedikit ringkasan materi medan listrik.  medan listrik sendiri yaitu diartikan sebagai suatu objek yang memiliki muatan listrik di sekitar ruang atau areanya.

Akibat dari sebuah muatan maka tentu akan berpengaruh terhadap muatan listrik lainnya pengaruh  pengaruh dari  2 muatan Listrik yang saling berdekatan disebut gaya  listrik atau gaya elektrostatik.

Medan listrik juga bisa digambarkan menggunakan garis khayal seperti halnya medan magnet. dalam medan listrik Garis khayal disebut juga dengan istilah garis medan listrik atau garis gaya listrik.

Medan listrik berdasarkan muatan

berdasarkan muatannya medan listrik dibagi menjadi dua jenis yaitu:

  • Medan listrik positif (+) :  adalah arah garis medan listrik yang keluar dari benda
  •  medan listrik negatif (-) :  adalah  arah garis medan  ah listrik yang masuk ke dalam benda

Jadi Ketika suatu objek yang bermuatan listrik berbeda kemudian berdekatan maka akan ada gaya listrik saling tarik-menarik diantara kedua objek tersebut. Namun sebaliknya jika muatan listrik dalam benda ada yaitu sama maka akan terjadi gaya listrik yang saling tolak menolak.

Hukum Coulomb dalam medan listrik

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa apabila dua benda yang memiliki muatan listrik akan menimbulkan gaya listrik.  Hukum Coulomb sendiri adalah  sebuah hukum fisika yang menjelaskan besarnya gaya listrik dua muatan an-naml medan listrik.

Pada hukum Coulomb besarnya suatu gaya listrik biasanya dipengaruhi dari Nilai masing-masing muatan objek serta jarak diantara kedua objek tersebut.

Rumus Soal Medan Listrik

Untuk memudahkan kalian di dalam  mencari  pada materi medan listrik, di sini Saputra kelas akan mencoba untuk membagikan rumus soal medan listrik. Berdasarkan pembahasan diatas maka rumus medan listrik diantaranya sebagai berikut :

Contoh soal medan listrik

Seperti yang telah dipaparkan di atas pada artikel ini kita akan membagikan contoh soal medan listrik untuk kalian coba sebagai bahan latihan agar pemahaman kalian tentang materi medan listrik menjadi bertambah,  silakan kalian simak beberapa contoh soal medan listrik berikut ini ini disertai dengan jawabannya.

Contoh soal medan listrik 1

Andi sedang meneliti besaran medan listrik di suatu benda yang bermuatan 5μC dan -4 μC,  di mana kedua benda tersebut memiliki jarak yaitu 20 cm

(0,2m).  Berapakah besar gaya listrik pada benda yang sedang diteliti oleh Andi ?

Contoh soal medan listrik 2

masih ada kaitannya dengan contoh soal nomor 1 kali ini Andi diperintahkan untuk menghitung besarnya kuat medan listrik lirik  5μC Dari jarak 10 cm (0,1).  Berapakah kuat medan listrik menurut perhitungan Andi ?

Contoh soal medan listrik 3

Pak Budi memiliki sebuah partikel yang bermuatan minus 12μC. Berapakah nilai kuat medan listrik Pak Budi Jika dilihat dari jarak sejauh 30 cm ?

Contoh soal medan listrik 4

Berdasarkan cerita dari nomor  soal nomor 3,   Jika Pak Budi mencoba untuk  mendekatkan partikel lain yang bermuatan -10μC sejauh 40 cm.   Berapakah nilai gaya coulomb  Dan reaksi apa yang akan terjadi ?

Contoh soal medan listrik 5

berdasarkan cerita dari  soal nomor 4 jika gaya kedua partikel Pak Budi di ubah menjadi 80 cm,  Berapakah nilai gaya nya ?

Download soal medan listrik

Agar belajar kamu nantinya lebih nyaman berikut akan kami berikan soal pelengkap lainnya sebagai bahan kalian untuk latihan di rumah,  soal  medan listrik tersebut kami berikan dalam bentuk PDF  yang juga sudah  disertai dengan kunci jawabannya sehingga memudahkan kalian nantinya untuk belajar.

Klik Disini :  CONTOH SOAL MEDAN LISTRIK

Demikianlah pembahasan seputar kelas kali ini tentang materi fisika yakni contoh soal medan listrik beserta materi rumus dan kunci jawabannya.  semoga penjelasan di atas dapat menambah pengetahuan kalian tentang ilmu fisika khususnya materi medan listrik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.