Contoh Soal Permintaan Dan Penawaran Dalam Ilmu Ekonomi

seputarkelas.com – Contoh Soal Permintaan Dan Penawaran Dalam Ilmu Ekonomi Pada kesempatan kali ini Saputra kelas akan membahas materi tentang ekonomi,  yaitu tentang fungsi permintaan.  di dalam ilmu ekonomi fungsi permintaan adalah suatu hal penting yang harus dipahami oleh seseorang agar mampu untuk menentukan harga suatu barang.

fungsi permintaan sendiri ialah  fungsi matematika  yang memetakan antara suatu harga dengan  sumber hasil produksi.  hasil produksi di sini bisa berupa suatu barang ataupun jasa.

fungsi permintaan sendiri menggunakan dasar ilmu matematika,  karena memiliki variabelSemisal besaran harga awal, perubahan harga hingga jumlah permintaan produk di pasaran.  supaya kamu benar-benar paham tentang materi fungsi permintaan ada baiknya kalian harus sering-sering membaca tentang materi ini dan juga melatih kemampuan kalian melalui soal-soal tentang fungsi permintaan.

Jika kalian ingin berlatih dengan cara mengerjakan soal tentang materi fungsi permintaan maka Simaklah artikel berikut sampai dengan selesai.  karena seputar kelas akan mencoba menampilkan tentang  contoh soal fungsi permintaan disertai dengan pembahasan dan kunci jawaban seputar fungsi ekonomi.

Contoh Soal Fungsi Permintaan Dan Penawaran

Kali ini tidak akan hanya membahas tentang fungsi permintaan namun Kalian juga bisa menyimak tentang contoh soal fungsi penawaran, karena kedua hal tersebut sangat berkaitan nantinya  sehingga harus dibahas kedua materi tersebut.

Di dalam matematika fungsi permintaan dan fungsi penawaran memiliki peran yang sangat penting,  seperti :   harga produk,  jumlah produk,  gradien atau kemiringan kurva,  serta. keseimbangan

Fungsi Permintaan

dalam salah satu hukum  ilmu ekonomi  dijelaskan bahwa harga dan jumlah produk pada fungsi permintaan akan selalu berbanding terbalik.  pernyataan Hukum tersebut bisa kita lihat pada contoh di kehidupan sehari-hari.  semisal Kamu adalah seorang pelanggan dari sebuah produk ( A ), Di saat produk a harganya Mengalami penurunan tentu kamu akan mencoba membeli produk ( A ) dengan jumlah yang banyak,  hal seperti ini secara tidak langsung justru akan membuat meningkatnya jumlah permintaan akan produk ( A ).

Dilihat dari contoh diatas maka bisa kita ketahui bahwa fungsi permintaan akan condong ke kiri atau bisa dibilang yang gradiennya bernilai negatif.  pada saat seperti itu maka rumus perhitungan fungsi permintaan sebagai berikut:

Berikut adalah contoh soal tentang fungsi permintaan silakan kalian simak dan pahami contoh soal berikut:

Contoh soal di atas maka bisa kalian lihat bahwa pada fungsi permintaan,  harga (P) akan terus turun dari  yang nilai awalnya Rp80.000 jika produk (Q) terus mengalami peningkatan.

Fungsi Penawaran

Berbeda dengan fungsi permintaan fungsi penawaran memiliki kaidah yang berbanding lurus antara harga harga dengan jumlah produknya,  artinya antara keduanya akan meningkat secara bersama.  contohnya bisa kita lihat pada kehidupan sehari-hari,  semisal apabila kamu adalah seorang pedagang yang menjual suatu produk maka jika produk mu harganya naik tentu kamu akan terus memproduksi lagi produk tersebut dengan jumlah yang banyak dengan harapan untuk meningkatkan hasil penjualan dan mendapatkan laba yang bertambah.

Dari contoh diatas maka dapat digambarkan bahwa kurva dari fungsi penawaran memiliki gradien positif yaitu condong ke arah kanan.  untuk menghitung fungsi penawaran maka digunakan rumus yang = fungsi permintaan,  supaya lebih jelas Coba kalian lihat contoh soal di bawah ini.

Berdasarkan contoh soal di atas,  maka bisa kita simpulkan kan bahwa jika jumlah suatu produk (A) naik maka harga (B) juga semakin tinggi ataupun sebaliknya.

Titik Ekuilibrium Kedua Fungsi

Hubungan suatu fungsi permintaan dan juga fungsi penawaran  dipertemukan dalam suatu  titik.  dimana istilah dari Pertemuan kedua titik tersebut biasanya disebut dengan titik keseimbangan atau equilibrium.

pertemuan kedua titik fungsi atau equilibrium  kau terjadi jika kedua fungsi tersebut memiliki hasil yang sama  antara permintaan dan penawaran.  untuk lebih jelasnya perhatikan contoh soal di bawah ini.

Download contoh soal fungsi permintaan

Untuk kalian yang ingin Lebih memahami materi tentang fungsi permintaan berikut seputar kelas coba untuk menyiapkannya untuk kalian yang bisa kalian kerjakan secara mandiri.  contoh soal fungsi ekonomi ini bisa kalian download melalui link dibawah ini yang sudah kami sediakan dalam bentuk PDF.

KLIK DISINI : DOWNLOAD SOAL FUNGSI PERMINTAAN

Demikianlah pembahasan seputarkelas kali ini ini tentang contoh soal fungsi permintaan,  Semoga dapat menambah wawasan kalian tentang ilmu ekonomi yang nantinya bisa kalian terapkan di dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya di dalam lingkungan sekolah saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.