Dampak Negatif Seni

Dampak Negatif Seni di Era Modern

seputarkelas.com – Dampak Negatif Seni di Era Modern.

Seni, selintas ketika kita mendengar kata seni adalah sesuatu yang menghibur, sesuatu yang indah, dan sesuatu yang akan membuat hati kita menjadi senang, seni merupakan sarana seseorang dalam mengungkapka ide, gagasan, mengasah keterampilan, menciptakan keindahan yang mendamaikan perasaan.

Dampak Negatif Seni di Era digital

Pada mulanya seni, atau lebih kita spesifikasikan kedalam seni rupa saja , mengingat seni itu sendiri terdiri dari berbagai macam, ada rupa, music, tari, dan drama. Kali ini kita membahas gambar yang merupakan bagian dari seni itu sendiri, merefres ingatan kita kebelakang dari sejarahnya seni sudah ada sejak zaman purba, dimana pada zaman itu telah ditemukan berbagai macam peninggalan karya-karya seni berupa gambar-gambar di dinding gua, pada saat itu manusia menciptakan gambar dengan objek-objek yang sederhana semisal gambar tempelan tangan mereka, dengan darah binatang yang mereka gunakan sebagai pewarna kala itu, gambar pada zaman itu juga mereka jadiakan sebagai media untuk berkomunikasi dengan arwah nenek moyang.

Perkembangan Gambar

Seiring dengan perkembangan zaman. Dunia gambar juga mengalami beberapa perubahan peningkatan, mulai dilihat dengan media, alat dan bahan yang begitu banyak dan berfariasi, juga dilihat dari maksud dari seni gambar itu sendiri dibuat untuk apa. Dari berbagai perkembangan seni khususnya gambar ada beberapa orang yang menggunakan seni dalam hal-hal negative yang semetinya itu dihindari karena bisa berakibat atau berdampak buruk bagi kehidupan manusia, beberapa akan kita bahas dampak negatif seni gambar yang disalah gunakan oleh sebagian orang.

Seeing is believing, kata pepatah. Artinya, melihat itu lebih meyakinkan. Satu gambar bisa mengalahkan seribu kata. Karena itu, banyak orang yang memakai berbagai karya seni untuk meyakinkan banyak orang tentang suatu hal. Karya seni tersebut bisa dibuat sedemikian rupa, yang membuat seseorang meyakini akan suatu hal. Padahal hal tersebut belum tentu benar atau tidak.

Peran Gambar

Beberapa orang beranggapan bahwa gambar tidak begitu kuat untuk meyakinkan seseorang akan sesuatu. Menurut mereka kata-kata atau kalimat  itulah yang sangat menguatkan atau meyakinkan seseorang. Namun tanpa gambar kata-kata itu tentu saja tidak punya tenaga yang begitu kuat untuk meyakinkan seseorang dan membentuk opini publik. Itulah sebabnya gambar juga punya pengaruh yang sangat kuat dalam hal ini.

Dampak Negatif Seni dalam Teknologi

Dijaman teknologi yang semakain maju ini seni seringkali digunakan sebagai media memprovokasi, mengadu domba, menfitnah, seseorang membuat berita-berita hoax dengan memanfaatkan gambar, membuat yang tidak terjadi menjadi terjadi, sebagai contoh kita masih teringat sebuah kasus yang menjerat mantan ketua kpk Abraham samad yang fotonya diedit sedemikian rupa sehingga tampak sedang bersama seorang wanita, hal dibuat oleh seorang yang tidak bertanggung jawab kala itu untuk membuat seorang Abraham samad dipandang tidak baik kala itu,

Gambar-gambar hoax juga berdampak bagi menurunnya citra seseorang yang difitnah, seseorang bisa dikucilkan oleh masyarakat akibat dari gambar-gambar hoax tentang dirinya. Gambar-gambar hoax pada kenyataannya juga memiliki dampak bagi pemilihan pilkada, seperti pemilihan bupati sampai president tak luput dari berbagai dampak ini. Karena mereka yang membuat suatu visual art yang mengandung unsure hoax dapat membuat elektabilitas pasangan tertentu turun.

Gambar-gambar hoax juga bisa menimbulkan ketakutan dimasyarakat sebagai contoh seperti yang kita alami dalam beberapa hari banyak beredar suatu berita-berita tentang akan terjadinya bencana alam, dimana berita ini tentulah sangatlah membuat suatu ketakutan dan kekhawatiran dimasyarakat,

Seni juga dijadiakan sebagai bahan untuk mengkritik seseorang, nah kalau ini mungkin masih dalam rana diperbolehkan semisal membuat suatu gambar ilustrasi seorang koruptor berdasi namur berkepala tikus, dimana tikus sendiri merupakan hewan yang dilambangkan dengan sifat yang rakus dan serakah. Yang penting jangan mengkritik sesuatu untuk menjatuhkan dan merebut suatu kekuasaan.

Seni diera digital memang cukup kita telaah dengan baik, hal ini karena suatu gambar terkadang mampu memecah belah suatu golongan, yang akan membuat kerusakan, perpecahan, pertikaian, dan hilangnya rasa persatuan antar masyarakat, ini tentu akan merusak keharmonisan antar warga Negara, sudah selayaknya kita sebagai warga Negara indonesia yang baik mampu menjaga dan menggunakan keahlian kita terutama dibidang visual gambar dengan sangat bijak yang tidak akan membuat kerusakan dan perpecahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.