Download Aplikasi Pkkm Terbaru 2021

seputarkelas.com – download aplikasi pkkm terbaru 2021 untuk menilai kinerja seseorang atau suatu sistem, kita harus memiliki suatu standar dan ketentuan tertentu. Sebagai contoh untuk mengevaluasi suatu program berjalan atau tidak, kita perlu melakukan pencocokan dengan rencana kerja sebelumnya. Apakah program yang sudah berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan atau tidak. Dari situlah baru kita bisa menilai kinerja dan program yang berjalan sudah baik atau tidak.

Demikian juga halnya dengan kinerja kepala sekolah/madrasah. Pemerintah melalui Kemendikbud memiliki suatu standar penilaian tertentu untuk mengukur kinerja kepala madrasah. Standar penilaian tersebut salah satunya adalah melalui aplikasi Penilaian Kinerja Kepala Madrasah atau yang sering disingkat menjadi PKKM.

Daftar Isi

Apa itu PKKM?

Aplikasi PKKM merupakan suatu aplikasi yang memproses pengumpulan dan pengolahan data yang kemudian dianalisis kemudian interpretasikan menjadi ukuran kualitas kepada madrasag dalam melaksanakan tugas pokoknya. Aplikasi ini berbentuk Microsoft Excel agar mudah dalam pengoperasiannya. Microsoft Excel sendiri merupakan aplikasi yang sudah familiar di kalangan para guru sehingga memudahkan untuk menginput dan mengolah data.

Aplikasi PKKM diciptakan oleh Bapak Sarjono dan Ibu Ida Syamsuri yang berprofesi sebagai Pengawas Madrasah Kabupaten Lamongan. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah kegiatan penilaian kinerja kepala madrasah.

Aplikasi PKKM terbaru 2021 memiliki beberapa menu dalam tampilannya yakni :

  • Menu input data madrasah
  • Menu data PKKM kepala madrasah
  • Menu penilaian pengawas 1
  • Menu penilaian pengawas 2
  • Menu penilaian guru dan tenaga pendidik
  • Menu penilaian Komite sekolah, Kabid dan Kasi
  • Menu rekap PKKM tahunan
  • Menu instrument manual PKKM
  • Menu lembar prioritas PKB
  • Menu hasil PKKM pengawas 1
  • Menu hasil PKKM pengawas 2
  • Menu hasil PKKM GTK
  • Menu hasil PKKM Komite sekolah, Kabid dan Kasi
  • Menu rekap PKKM tahun ke-4
  • Menu hapus isian
  • Menu petunjuk

Tujuan Aplikasi PKKM

Aplikasi PKKM ini memiliki beberapa tujuan yakni :

  1. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja kepala madrasah
  2. Menjamin pembinaan kepala madrasah dilakukan secara objektif melalui system pengukuran dan pemetaan kinerja kepala madrasah
  3. Mengumpulkan informasi yang berguna sebagai dasar pengembangan profesionalitas berkelanjutan bagi kepala madrasah
  4. Mengumpulkan informasi yang berguna untuk bahan pengambilan keputusan dalam menetapkan kinerja yang efektif serta pertimbangan untuk penugasan kepala madrasah
  5. Memberikan informasi yang dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan peningkatan promosi dan karir kepala madrasah serta berbagai bentuk penghargaan lainnya.

Manfaat Aplikasi PKKM

Penggunaan aplikasi PKKM sendiri memiliki manfaat sebagai berikut :

  1. Bagi kepala madrasah dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan kepemimpinannya melalui evaluasi hasil kinerka yang ditampilkan aplikasi ini
  2. Bagi kepala madrasah dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja profesionalnya dengan berdasar pada hasil penilaian kinerja sebagai acuan
  3. Bagi Yayasan yang bertanggung jawab sebagai penyelenggara pendidikan dapat memanfaatkan hasil penilaian kinerja kepala madrasah ini sebagai dasar untuk menentukan peningkatan kompetensi, menghimpun berbagai informasi terkait seperti data profil kinerja kepala madrasah serta sebagai bahan pertimbangan penempatan penugasan kelapa madrasah di Yayasan tersebut
  4. Bagi Kantor Wilayah Kementrian Agama Propinsi dan/atau Kantor Kementrian Agama Kabupaten/Kota untuk melakukan hasil penilaian kinerja kepala madrasah sebagai dasar untuk mengumpulkan informasi dan menentukan kebutuhan peningkatan kompetensi serta data lainnya seperti data profil kinerja kepala madrasah yang kemudian dapat dijadikan sebagai pertimbangan penugasan sesuai dengan kewenangannya.
  5. Bagi Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah untuk memperoleh data dan memetakan imutu kinerja kepala madrasah secara nasional.

Demikianlah pembahasan seputarkelas kali ini tentang aplikasi pkkm terbaru 2021, semoga bermanfaat untuk bapak ibu sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *