Fungsi Kondensor, Diafragma, Cermin Dan Mikrometer Pada Mikroskop

seputarkelas.com – fungsi kondensor, diafragma, cermin dan mikrometer pada mikroskop Makhluk hidup di dunia terdiri dari berbagai ukuran. Mulai dari yang berukuran besar, sedang, kecil bahkan ada yang berukuran mikro. Untuk makhluk hidup yang berukuran mikro, diperlukan alat khusus untuk dapat melihat dan mengamatinya. Alat tersebut dikenal sebagai mikroskop.

Apa itu mikroskop

Mikroskop merupakan sebuah alat untuk memvisualisasikan objek yang sangat kecil seperti mikroorganismel, sel dan memberikan gambar yang kontras serta dapat diperbesar. Mikroskop biasanya digunakan di laboratorium- laboratorium sains dan digunakan untuk melihat, mengamati dan meneliti berbagai makhluk hidup mikro.

mikroskop

Mikroskop berasal dari Bahasa Latin, “mikro” yang berarti kecil dan “scopein” yang berarti melihat. Jadi secara harafiah mikroskop memiliki pengertian sebagai alat bantu untuk dapat melihat, mengamati dan meneliti benda-benda yang berukuran sangat kecil dan tidak mampu dilihat dengan mata telanjang.

Mikroskop terdiri dari lensa untuk pembesaran. Masing-masing dari lensa tersebut memiliki kemampuan pembesaran sendiri. Berdasar pada jenis lensa, alat ini akan memperbesar berbagai objek penelitian sesuai dengan kekuatan fokusnya.

Sejarah Penemuan Mikroskop

Awal diciptakannya mikroskop terjadi pada tahun 1590 oleh tukang kacamata dari Belanda yang bernama Zaccharis Janssen dan Hans. Mikroskop kemudian semakin berkembang ketika Galileo,seorang ahli fisika dan astronomi menggunakan mikroskop untuk mengamati gejala alam pada tahun 1610.

Antonie van Leuwenhoek dari Belanda beberapa tahun kemudian kemudian mengembangkan mikroskop dengan satu lensa dan dapat memperbesar objek penelitian yang diamati hingga 300 kali dari ukuran sebenarnya. Ketika Robert Hooke, seorang ilmuwan asal Inggris menggunakan mikroskop pada tahun 1663 ketika meneliti serangga dan tumbuhan, ia menemukan sel-sel kecil gabus.

Bagian-Bagian Mikroskop

Bagian mikroskop digolongkan menjadi tiga bagian yakni optik, penerangan dan mekanis dengan penjelasan sebagai berikut :

1. Bagian optik

Bagian optick terdiri dari dua macam lensa, yakni lensa okuler yang terletak di dekat mata dan lensa objektif yang dapat diatur sesuai dengan pilihan dengan cara memutar tempat lensa objektif (revolver).

2. Bagian penerangan

Bagian penerangan mikroskop terdiri dari cermin yang berfungsi untuk menangkap dan memantulkan cahaya yang masuk. Cermin tersebut memiliki sisi datar dan cekung.

3. Bagian mekanis

Bagian mekanis meliputi dasar atau landasan dan pegangan pada mikroskop. Bagian ini berguna untuk memudahkan penggunaan mikroskop serta memudahkan menggerakkan mikroskop.

 Fungsi Kondensor, Diafragma, Cermin dan Mikrometer pada Mikroskop

Setiap bagian-bagian dari mikroskop memiliki fungsi tertentu, diantaranya :

1. Fungsi Kondensor Pada Mikroskop

Kondensor merupakan bagian mikroskop yang dapat diputar. Baik diputar naik atau turun. Fungsi bagian kondensor ialah mengumpulkan cahaya yang dipantulkan oleh cermin. Selanjutnya cahaya tersebut dipusatkan ke objek penelitian.

2. Fungsi Diafragma Pada Mikroskop

Diafragma dikenal juga sebagai bagian mikroskop berguna sebagai pengatur cahaya. Bagian diafragma ini memiliki fungsi untuk mengatur sedikit banyaknya cahaya yang masuk. Hal ini bertujuan agar para peneliti yang melakukan penelitian dapat menentukan sedikt banyaknya cahaya yang masuk.

3. Fungsi Cermin Pada Mikroskop

Cermin atau reflektor memiliki fungsi untuk menerima, memantulkan dan mengarahkan cahaya yang diterima oleh mikroskop. Cermin mengarahkan cahaya yang akan masuk ke cermin dengan cara memantulkan cahaya didapatnya.

4. Fungsi Mikrometer Pada Mikroskop

Mikrometer dikenal juga dengan pemutar halus. Mikrometer memiliki fungsi untuk menggerakkan tabung mikroskop. Mikrometer akan menaikkan atau menurunkan tabung mikroskop secara lambat. Biasanya ukuran mikrometer lebih kecil dibandingkan dengan ukuran makrometer.

Makrometer dikenal juga dengan pemutar kasar. Makrometer terletak pada bagian lengan mikroskop. Makrometer berfungsi untuk menurunkan dan menaikkan tabung mikroskop dengan cepat.

Demikianlah pembahasan seputarkelas kali ini tentang materi fungsi kondensor, diafragma, cermin dan mikrometer pada mikroskop, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan serta pengetahuan kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.