Jenis-Jenis dan Fungsi Perangkat Pembelajaran

Fungsi Perangkat Pembelajaran Rpp, Silabus, Prota Dan Promes

seputarkelas.com – Fungsi Perangkat Pembelajaran Rpp, Silabus, Prota Dan Promes

Pembelajaran merupakan proses kerja sama antara tenaga pendidik dengan para peserta didik dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Sumber daya yang ada berupa sumber daya yang berasal dari dalam diri peserta didik berupa minat, bakat dan kemampuan dasar peserta didik. Beserta sumber daya lain yang berasal dari luar diri peserta didik seperti sarana dan prasarana, sumber belajar dan lingkungan. Pemanfaatan sumber daya ini diupayakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

fungsi perangkat pembelajaran

Definisi Perangkat Pembelajaran

Menurut Suhadi, perangkat pembelajaran merupakan sejumlah alat, bahan, media, petunjuk dan pedoman dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa perangkat pembelajaran merupakan media yang digunakan oleh pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas.

Manfaat Perangkat Pembelajaran Bagi Pendidik

Adapun manfaat perangkat pembelajaran diantaranya adalah :

1. Sebagai panduan dalam proses pembelajaran

Perangkat pembelajaran akan memberikan panduan dan arah bagi pendidik agar prosespembelajaran menjadi sistematis dan terpola. Agar dalam proses pembelajaran, tenaga pendidik tidak menjadi hilang arah.

2. Sebagai tolak ukur dalam menilai dan mengevaluasi proses pembelajaran

Perangkat pembelajaran tidak hanya menjadi tolak ukur bagi peserta didik, tapi juga bagi para tenaga pendidik. Tenaga pendidik yang professional akan selalu melakukan evaluasi terhadap kinerjanya.

3. Peningkatan profesionalisme tenaga pendidik

Perangkat pembelajaran tidak hanya berfungsi sebagai kelengkapan administratif saja. Melainkan media untuk meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik. Tenaga pendidik diharuskan untuk mampu menggunakan dan memaksimalkan pemanfaatan perangkat pembelajaran.

4. Memudahkan tenaga pendidik dalam proses belajar mengajar

Melalui berbagai perangkat pembelajaran, tenaga pendidik lebih mudah dalam menyampaikan materi hanya dengan melihat poin-poin yang tercantum dalam perangkat tanpa perlu menghafal dan mengingat materi.

Jenis-Jenis dan Fungsi Perangkat Pembelajaran

Beberapa jenis perangkat pembelajaran diantaranya adalah :

1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RPP merupakan rancangan pembelajaran mata pelajaran yang dibagi per unit yang direncanakan oleh guru dalam proses pembelajaran dalam kelas. Pada umunya RPP adalah proses perencanaan untuk memperkirakan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran dan bagaimana cara mempelajari suatu materi pembelajaran. Dapat dikatakan bahwa RPP mengupayakan pendidik untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Maka RPP perlu dikembangkan dengan mengkombinasikan beberapa komponen pembelajaran, yakni: kompetensi dasar, materi standar, indikator hasil belajar, dan penilaian.

2. Silabus

Silabus merupakan program yang berisikan seperangkat rencana dan aturan pembelajaran serta proses penilaian yang disusun secara sistematis. Selain itu, di dalamnya terdapat pula komponen-komponen terkait dalam rangka mewujudkan penguasaan kompetensi dasar. Kompetensi dasar memiliki fungsi untuk mengembangkan potensi pesera didik.

Silabus memiliki beberapa fungsi yakni :
• Memudahkan guru dalam pelaksanaan pembelajaran karena silabus berisikan informasi tentang rencana pelaksanaan pembelajaran dan penilaian secara sistematis
• Menjadi kerangka kerja terencana karena pendidik dapat melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi proses pembelajaran
• Suatu pedoman dalam mengembangkan proses pembelajaran, sehingga menjadi dasar pembuatan rencana pengelolaan pembelajaran.
• Sumber pokok dalam upaya menyusun rencana pembelajaran, sehingga rencana pembelajaran dapat tersusun secara sistematis dan sesuai prosedur.

3. Program Tahunan (Prota)

Prota merupakan rencana penetapan alokasi waktu dalam jangka waktu satu tahun. Perencanaan ini dilakukan dalam rangka untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran itu sendiri berupa kompetensi inti dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan. Komponen Prota meliputi identifikasi kompetensi inti, kompetensi dasar, alokasi waktu, dan keterangan. Prota berfungsi sebagai pedoman bagi program-program berikutnya seperti program semester, silabus, rencana pembelajaran mingguan, rencana pembelajaran harian dan juga sistem penilaian pembelajaran.

4. Program Semester (Promes)

Promes merupakan program yang berisikan pokok-pokok aktivitas yang harus dilakukan pendidik dalam melakukan pembelajaran selama satu semester. Dalam menyusun promes, penting kiranya untuk mempertimbangkan alokasi waktu yang tersedia, jumlah kompetensi dasar, dan indikator pembelajaran.
Promes memiliki fungsi untuk memudahkan pendidik dalam mengajarkan materi pada para peserta didik dalam jangka waktu satu semester.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.