Gambar Bangun Datar Contoh Dan Rumusnya

seputarkelas.com – gambar bangun datar contoh dan rumusnya Pada kesempatan kali ini seputarkelas akan mencoba untuk membahas tentang gambar bangun datar contoh dan rumusnya pada mata pelajaran matematika.  materi bangun datar sendiri akan dipelajari oleh siswa pada saat mereka memasuki jenjang sekolah dasar SD.

Matematika adalah suatu mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa mulai dari tingkat sekolah dasar dan materi yang telah dibuat oleh pemerintah utamanya pada mata pelajaran matematika materi bangun datar yang wajib siswa tempuh.

pada saat siswa memasuki sekolah dasar siswa akan belajar tentang pengenalan bilangan di tingkat awal sampai cara cara hitung serta menggambar bangun datar.  materi ini sangat penting untuk dipelajari dikarenakan nantinya ilmu yang didapat dari materi ini dapat siswa terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kita akan membahas lebih jauh tentang materi gambar bangun datar,  jenis-jenisnya nya,  contoh,  serta cara menghitung keliling luas bangun datar.  untuk pembahasan lebih detailnya bisa kalian simak materi gambar bangun 2 dimensi pada ulasan berikut ini.

Pengertian Dasar Bangun Datar

Sebelum kita membahas tentang gambar-gambar tentang bangun datar di sini seputarkelas akan mencoba untuk menjelaskanApa itu bangun datar.  bangun datar adalah ah sebuah objek 2 dimensi yang memiliki keliling serta luas tetapi tidak mempunyai volume.

Bangun datar di sini bisa kalian gambar pada kertas,  tembok ataupun pada bidang datar lainnya.  yang kemudian dari beberapa bangun datar tersebut bisa kita susun hingga menghasilkan sebuah bangun ruang.

Baca Juga : contoh soal keliling lingkaran lengkap dengan rumus dan cara menjawabnya

Jenis-Jenis Gambar Bangun Datar

Setelah kalian membaca pengertian tentang gambar bangun datar di atas perlu kalian ketahui jenis-jenis bangun datar tersebut.  di dalam matematika sendiri setidaknya ada 8 jenis bangun datar,  berikut akan kami paparkan kepada kalian beberapa gambar beserta ciri-ciri dan jenis bangun datar.

Bangun Persegi

Bangun datar jenis persani adalah salah satu jenis bangun datar yang sering muncul dalam soal-soal yang diberikan oleh guru bangun datar ini juga biasanya disebut dengan segi empat sama Sisi.

Ciri-Ciri Bangun Persegi

– sisinya ada 4 (a)
– memiliki diagonal (d)
– setiap sudutnya sebesar 90°
– total sudutnya 360°

Bangun Persegi Panjang

jenis bangun datar persegi panjang ialah bangun datar yang mempunyai panjang dan lebar yang berbeda, bentuknya hampir sama dengan bangun datar persegi namun panjang seluruh sisinya tidaklah sama.

Ciri-Ciri Bangun Persegi Panjang

– mempunyai 2 sisi panjang (p) & 2 sisi lebar (l)
– sisinya ada 4
– mempunyai diagonal (d)
– tiap sudut besarnya 90° & totalnya 360°

Bangun Segitiga Siku-Siku

jenis bangun segitiga siku-siku merupakan bentuk awal dari berbagai jenis segitiga lainnya sehingga bangun datar segitiga siku-siku bisa dikatakan sebuah persegi panjang yang dipotong  secara diagonal menjadi di 2 bagian

Ciri-Ciri Bangun Segitiga Siku-Siku

– sisinya berjumlah 3
– terdapat tinggi (a), alas (b) & sebuah sisi miring (c)
– punya 2 sudut lancip & 1 sudut 90°

Bangun Segitiga Sama Sisi

Jenis bangun segitiga sama sisi merupakan segitiga berbentuk simetris di mana dari ketiga Sisinya mempunyai sudut yang sama.

Ciri-Ciri Bangun Segitiga Sama Sisi

– sisinya berjumlah 3
– nilai sisinya sama
– seluruh sudutnya lancip 60° & totalnya sebesar 180°

Bangun Segitiga Sama Kaki

Jenis bangun segitiga sama kaki adalah gabungan  bangun datar dari dua buah segitiga siku-siku yang saling membelakangi

Ciri-Ciri Bangun Segitiga Sama Kaki

– sisinya berjumlah 3
– terdapat tinggi (t), alas (a) & 2 sisi miring (b,c)
– sudutnya lancip & totalnya sebesar 180°

Jajar Genjang

Jenis bangun datar jajar genjang  persegi  panjang namun di dibuat agak miring sehingga terdapat dua diagonal yang berbeda nilainya.

Ciri-Ciri Jajar Genjang

– memiliki 2 garis horizontal (a) & 2 garis miring (b)
– tinggi (t) dicari melalui teorema Pythagoras
– punya 2 diagonal dengan nilai berbeda

Bangun Belah Ketupat

Jenis bangun datar belah ketupat jika kalian perhatikan memiliki bentuk yang hampir mirip dengan persegi yakni memiliki 4 buah Sisi namunPada bangun belah ketupat posisi persegi diputar 90 derajat.

Ciri-Ciri Bangun Belah Ketupat

– mempunyai 4 sisi (s)
– memiliki 2 diagonal (d1 & d2)
– sudut berhadapan besarnya sama

Bangun Layang-Layang

Jenis bangun datar layang-layang jika kalian perhatikan bentuknya sama dengan namanya yakni berbentuk layang-layang bentuk datar dari bangun layang-layang hampir sama dengan belah ketupat namun dengan panjang yang berbeda.

Ciri-Ciri Bangun Layang-Layang

– sisinya berjumlah 4
– memiliki 2 diagonal (d1 & d2)
– sisinya saling berpasangan

Bangun Trapesium Siku-Siku

Jenis bangun datar ini jika kalian perhatikan merupakan gabungan dari dua bangun datar yaitu Bangun datar persegi panjang dengan bangun datar segitiga siku-siku

Ciri-Ciri Bangun Trapesium Siku-Siku

– memiliki sisi atas (QR), bawah (PS), tinggi (PQ) & miring (RS)
– terdapat 2 sudut siku-siku
– bila dijumlahkan maka sudutnya sebesar 360°

Bangun Trapesium Sama Kaki

Jenis bangun datar trapesium memiliki kesamaan  ciriciri dengan jajargenjang namun dilihat dari bentuknya jauh berbeda.

Ciri-Ciri Bangun Trapesium Sama Kaki

– memiliki 2 garis horizontal & 2 garis miring
– tinggi (t) dicari melalui teorema Pythagoras
– punya 2 diagonal dengan nilai berbeda
– bagian atas & bawah besarnya selalu berbeda

Bangun Datar Lingkaran

jenis bangun datar ini juga sering muncul di dalam soal bangun datar lingkaran mempunyai bentuk seperti bola bangun datar ini mendasari bentuk roda kendaraan.

Ciri-Ciri Bangun Datar Lingkaran

– memiliki jari-jari (r) & diameter (d)
– nilai d=2r
– luas & kelilingnya dapat dicari menggunakan nilai Pi (π)

Rumus Keliling Dan Luas Bangun Datar

Berikut ini seputar kelas akan memberikan penjelasan tentang rumus menghitung nilai luas dan keliling dari sebuah bangun datar.  kalian bisa melihat gambar dibawah ini untuk mengetahui rumus-rumus dari bangun datar.

melalui tabel rumus di atas kamu bisa menggunakannya untuk menghitung setiap soal tentang keliling ataupun luas dari sebuah gambar bangun datar. Pada mata pelajaran matematika nantinya materi gambar bangun datar akan diujikan pada soal AKM.  sehingga diharapkan bapak ibu guru mampu untuk mengajar materi bangun datar dengan baik.

Sampai disini pembahasan seputarkelas hari ini tentang materi gambar bangun datar beserta penjelasan jenis rumus keliling dan rumus luasnya.  semoga materi diatas dapat menambah wawasan kalian para siswa maupun guru dalam belajar matematika tentang bangun datar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *