Keunikan Tari Tradisional Nusantara, Ciri, Fungsi,dan Jenisnya

seputarkelas.com – Keunikan Tari Tradisional Nusantara, Ciri, Fungsi,dan Jenisnya

Pengertian Tari Tradisional Nusantara

Berjumpa kembali dengan seputarkelas.com kali ini kita akan belajar tentang materi Tari Tradisional Nusantara. Tari tradisional nusantara adalah tari yang berkembang dan dilestarikan disuatu daerah tertentu, tari ini biasanya memiliki keunikan tersendiri dan mengangkan ciri khas kedaerahannya masing-masing dia tari tersebut berkembang. Sehingga seseorang dapat mengenali tarian tersebut darimana asalnya ketika dilihat dari gerak, busana, ataupun atribut yang digunakannya.

Ciri Ciri Tari Tradisional Nusantara

Banyaknya tari tradisional di nusantara tentunya dapat kita amati dengan mengetahui ciri-cirinya, berikut seputarkelas jabarkan beberapa ciri dari tari tradisional nusantara:

  1. Sudah memiliki aturan Gerakan yang pakem atau tidak boleh diubah dan harus diikuti
  2. Tari nusantara, biasanya pengiringnya adalah music-musik tradisional juga. Alat musik yang digunakan juga terkadang menggunakan alat musik khas dari daerah tersebut
  3. Kostum atau pakaian biasanya memakai pakaian khas dari daerah tersebut
  4. Tarian nusantara biasanya dipelajari secara turun temurun dari generasi ke generasi oleh masyarakat setempat.
  5. Tari nusantara biasanya mengandung makna disetiap gerakannya dan merupakan dari buah pikiran kearifan lokal daerah setempat.
  6. Tarian tradisional nusantara biasanya digunkan sebagai bagian dari acara keadatan daerah setempat
  7. Terkadang terdapat suatu aturan didalam tarian nusantara, seperti siapa saja yang boleh menarikannya, hari apa saja ditarikan, atau waktu kapan saja tarian ini dilakukan, hal ini berkaitan dengan keyakinan masyrakat daerah tersebut.

Fungsi Tari Tradisional Nusantara

Adanya tarian nusantara tidak hanya digunakan sebgai suatu hiburan semata, namun ada beberapa fungsi lain yang ada pada tarian nusantara, berikut seputarkelas jabarkan beberapa fungsi dari tarian nusantara:

  1. Upacara Adat, tarian tradisional nusantara difungsikan sebagai bagian dari suatu acara adat yang didalamnya biasanya ada kaidah yang harus dipenuhi oleh seorang penari, kaidah atau aturan ini biasanya sudah ada secara turun-temurun dan menjadi sebuah tradisi.
  2. Dahulu tarian nusantara juga difungsikan sebagai bagian dari penobatan atau pengankatan seorang raja, pelantikan bupati atau kepala daerah yang sampai saat ini mungkin masih ada dan dilakukan contohnya seperti pada Tari Bedhaya Ketawang dari Jawa Tengah.
  3. Tarian nusantara juga difungsikan Upacara kematian seseorang didaerah tersebut seperti pada Tari Mapeliang dari Sulawesi.
  4. Tarian nusantara juga dipergunakan pada saat ada masyrakat setempat yang ingin membangun rumah seperti pada tari Seru Kju No Gawi di daerah Timor.

Berdasarkan penjelasan seputmaka dapat ditarik suatu kesimpulan yakni fungsi dari tarian nusantara yang utama adalah sebagai pelaksanaan upacara adat masyarakat setempat juga dijadikan suatu tontonan atau hiburan bagi masyarakat didaerah tersebut.

Jenis Tari Tradisional Nusantara

Tari tradinisional Nusantara Memeiliki beberapa jenis, berdasarkan kaidah nilai artistiknya tari tradisional dibedakan menjadi tiga jenis yaitu:

1. Tari Primitif

Tarian ini mungkin adalah tarian yang dipengaruhi oleh masyarakat terdahuli sekali, hal ini dikarenakan tarian ini memiliki ciri yaitu iringan atau gerakannya masih sederhana, belum ada Gerakan koreografi yang terlihat dibuat secara serius. Pakaian atau kostumpun yang digunakan masih seadanya dan kurang manjadi perhatian. Tarian jenis ini mungkin sudah jarang dijumpai ataupun jarang di pertontonkan. Kemungkinan tarian ini masih ada namun disuatu daerah terpencil atau didaerah pedalaman saja.

2. Tari Klasik

Berbeda dengan tari jenis primitif, tarian jenis klasik sudah memiliki Gerakan ataupun iringan yang lebih baik, hal ini mungkin terjadi karena masyarakat pada waktu itu sduah mulai memikirkan dan merancang tarian ini secara baik. Dilihat dari kostum dan penampilan juga sudah mengalami peningkatan kemungkinan karena tarian ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat, bangsawan, dan raja pada masanya sehingga  penggarapannya lebih diseriusi.

3. Tari Rakyat

Tarian rakyat biasanya berkembang ditengah-tengah masyarat, tarian ini berkembang diluar kerajaan atau keraton, tarian rakyat memiliki Gerakan dan pola langkah yang sederhana,mudah dipelajari dikarenakan tarian ini biasanya dinikmati oleh rakyat sekitar sebagai suatu hiburan sehingga tidak ada beban dan keterkaitanya dengan kerajaan atau keraton atau bangsawan yang menuntut adanya nilai estetika agung.

Keunikan Gerak Tari Tradisional Nusantara

Tari tradisional adalah tari yang berbeda dengan tari modern yang ada pada saat ini, ada beberapa keunikan yang menjadi ciri khas secara umum dari tari tradisional, berikut diantaranya:

1. Ciri khas pada stiap daerah daerah

Tari tradisonal nusantara merupakan salah satu jenis tarian yang ada saat ini, namun tari tradisional nusantara memiliki ciri khas yang berbeda dengan tari modern, ciri khas tersebut menjadi suatu keunikan tersendiri, ciri khas tari nusantara dipengaruhi oleh kebudayaan dimana tari tersebut berasal. Tari ini juga biasa ditampilkan pada saat ada acara-acara besar di daerah tersebut, atau ada acara penyambutan tamu dari luar daerah lain yang dating berkunjung.

2. Memiliki beraneka ragam fungsi

Seperti yang sudah kita gambarkan diatas, tari tradisional nusantara memiliki beragam fungsi, fungsi-fungsi tari tersebut jelas berbeda penggunaanya disetiap daerah, ada yang digunakan sebagai pelaksanaan upacara adat, ritual nikahan, paska mau panen hasil kebun dan lainnya.

3. Sebagian besar merupakan tarian yang sakral

Tarian tradisional biasanya memiliki daya magis dan keramat bagi seseorang, ada beberapa tarian yang sampai mengalami kesurupan bagi penarinya, hal ini memang karena tari tradisional nusantara telah diwariskan secara turun temurun. Namun meski demikian ada beberapa tarian yang berubah keramatnya dikarenakan berakhirnya suatu kepercayaan dan pola piker masyarakat penerusnya.

4. Diiringi oleh musik khas daerah tersebut

Salah satu yang menjadi nilai keunikan dari tarian nusantara ialah musik pengiringnya, tarian nusantara biasanya diiringi oleh alat musik daerah tersebut. Ini tentu menjadikan suatu tarian menjadi unik dan mudah untuk dikenali dari mana tarian tersebut berasal.

5. Gerakan tari identik dengan daerah tertentu

Jika kalian pernah melihat beberapa jenis tarian yang berasal dari berbagai daerah, tentu kalian akan menemukan ciri khas dari gerakannya, seperti tarian, yang cenderung mengandalkan kakinya untuk menari, atau tarian yang menonjolkan lirikan matanya pada saat menari.

6. Keunikan kostum

Dilihat dari kostum saja kalian mungkin sudah bisa menebak tarian tersebut berasal dari daerah mana, keunikan kostum juga menjadi ciri khas dari tarian nusantara, kostum para penari nusantara biasanya memakan pakaian daerahnya sendiri. Itulah yang menyebabkan tarian nusantara disetiap daerah berbeda.

7. Beberapa tarian dipengaruhi oleh budaya asing

Ada beberapa tarian di nusantara yang dipengaruhi oleh budaya asing contohnya saja bisa kita lihat pada tarian suku Betawi, yang masih dipengaruhi oleh suku melayu dan suku cina, hal ini bisa dilihat dari bentuk Gerakan, musik pengiringnya dan aksesoris yang digunakan didalamnya.

Ciri Khas Keunikan Gerak Tari Tradisional di Nusantara

Berikut ini adalah keunikan tarian tradisional nusantara yeng perlu kalian ketahui, perbedaan tarian tersebut pada pada gerak tangan, kaki, dan Gerakan lainnya. Contohnya seperti dibawah ini:

  1. Gerak mata yang cepat dan melirik kekanan dan kekiri secara cepat bisa kita temui pada tarian dari daerah bali, ekspresi seorang penari sudah terwakili oleh pergerakan matanya yang khas.
  2. Lentikan jari tangan yang menjadi kekuatan utama didalam menari merupakan ciri khas dari tari gending sriwijaya
  3. Gerakan kaki yang tertahan dilantai menjadi ciri khas tersendiri Tari yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan yaitu Pagelu.
  4. Kekuatan yang bertumpuh pada tangan yang kuat dengan Gerakan yang mengalun ngalun namun juga terkadang patah-payah bisa kita jumpai pada tari minang, tarian ini dipengaruhi oleh motif gerak pencak silat.
  5. Keunikan gerak kaki yang bergerak sangat aktif bisa kita jumpai pada tarian yang berasal dari daerah papua, kaki penari bergerak sangat diniamis dan ritmis.

Demikianlah pembahasan seputarkelas kali ini tentang tari tradisional nusantara, semoga bermanfaat untuk kalian.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.