Keuntungan Mengkonsumsi Hasil Bioteknologi Berupa Protein Sel Tunggal

seputarkelas.com – Keuntungan Mengkonsumsi Hasil Bioteknologi Berupa Protein Sel Tunggal

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) telah menyederhanakan kehidupan sehari-hari manusia. Tidak hanya itu, perkembangan IPTEK telah mampu membuat hidup manusia berkembang menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Berbagai penemuan dan inovasi yang dilahirkan dari perkembangan IPTEK ini telah mampu menghadirkan solusi atas berbagai masalah hidup manusia serta menemukan temuan-temuan yang membuat manusia bisa hidup lebih sehat. Salah satunya adalah melalui bioteknologi. Perkembangan bioteknologi dalam pemanfaatannya telah mampu menciptakan inovasi baru dalam berbagai bidang kehidupan manusia.

Pada tahun 1970-an, dunia dikhawatirkan dengan malnutrisi dan isu kekurangan pangan. Hal ini membuat perhatian dunia akan sel tunggal semakin besar. Bioteknologi memegang peranan penting di sini. Dimana bioteknologi mengembangkan mikroorganisme tertentu untuk diciptakan menjadi protein sel tunggal. Sebelum mengenal lebih jauh mengenai protein sel tunggal, baiknya kita mengenal dulu mengenai bioteknologi.

Apa itu Bioteknologi?

Bioteknolgi merupakan suatu teknik penciptaan produk dari produk mentah agar produk mentah tersebut menjadi produk yang berguna dengan memanfaatkan transformasi biologi. Selain itu, bioteknologi merupakan sebuah cabang ilmu yang mempelajari tentang teknologi pemanfaatan makhluk hidup.

Bioteknologi Konvensional vs Bioteknologi Modern

Bioteknologi konvensional (masa lampau) telah dikenal dan dipraktekkan sejak + 8000 SM. Pada masa itu bangsa Babilonia, Mesir dan Romawi telah melakukan seleksi artifisal (pengembiakan selektif) guna meningkatkan kualitas ternak. Selanjutnya sekitar tahun 6000 SM ditemukan teknik fermentasi anggur, pembuatan bir dan pembuatan roti. Kemudian bangsa Tionghoa menemukan cara untuk membuat yoghurt dan keju dengan bakteri asam laktat.

Adapun bioteknologi modern merupakan bioteknologi yang sudah melakukan rekayasa DNA dan memiliki proses yang lebih rumit. Rekayasa genetika, kloning, pengembiakan sel induk, DNA rekombinan dan kultur jaringan merupakan contoh dari bioteknologi modern.

Apa itu Protein Sel Tunggal ?

Menurut Peltzar, protein sel tunggal (selanjutnya disebut PST) adalah bahan-bahan untuk membuat protein yang berasal dari mikroorganisme seperti bakteri, ganggang, ragi, kapang dan jamur makroskopis yang ditumbuhkan dalam media kultur pada skala yang besar. Protein sel tunggal berisikan bahan-bahan penyusun seperti karbohidrat, vitamin dan mineral, lemak serta senyawa nitrogen non protein.

Pada umumnya, jenis mikroorganisme digunakan sebagai protein sel tunggal diantaranya adalah Alga Chlorella, Spirulina, dan Scenedesmus; dari khamir berupa Candida Utylis : dari kapang berfilamen Fusarium gramineaum : maupun dari bakteri.

Keuntungan Mengkonsumsi PST

Beberapa keuntungan yang akan diperoleh jika mengkonsumsi PST diantaranya adalah :

1. Sangat baik bagi kesehatan tubuh karena memiliki kadar vitamin, mineral, protein dan lemak yang tinggi serta mengandung asam amino yang lengkap
2. Memiliki kadar protein yang sangat tinggi sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh
3. Dapat menjadi bahan pangan dunia sehingga mampu menjadi salah satu solusi dalam memecahkan masalah keterbatasan pangan dunia
4. Dapat diproduksi dalam jumlah besar sehingga mampu untuk memenuhi kebutuhan pasar
5. Bagi sisi produsen, keuntungan lain PST dibanding produk protein lainnya adalah proses pembuatannya relatif cepat, produktivitasnya yang tinggi dan substrat yang digunakan untuk media ekstraksi mudah ditemukan sehari-hari.

Kelebihan dan Kekurangan PST

Kelebihan penggunaan PST diantaranya adalah :

1. Memiliki kandungan protein yang tinggi
2. Pertumbuhannya cepat, dalam hitungan jam
3. Tidak bergantung pada musim dan iklim
4. Dapat menggunakan macam-macam media

Adapun kekurangan PST adalah :

1. Mengandung asam nukleat tinggi sehingga sulit dicerna tubuh. Akibatnya dapat menyebabkan asam urat
2. Memiliki dinding sel berupa selulosa, terutama pada ganggang. Sedangkan manusia tidak dapat mencerna selulosa.

Demikianlah pembahasan seputarkelas tentang Keuntungan Mengkonsumsi Hasil Bioteknologi Berupa Protein Sel Tunggal, semoga artikel diatas bermanfaat untuk kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.