Kode Kehormatan Pramuka Penggalang Dan Penegak

seputarkelas.com – kode kehormatan pramuka penggalang dan penegak Kegiatan pramuka bertujuan untuk membentuk generasi muda yang tangguh, gigih dan menjadi generasi muda yang bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini sesuai dengan namanya Pramuka (singkatan dari Praja Muda Karana) yang berarti anak muda yang gigih dan berjuang dalam menggapai cita-cita serta memiliki manfaat bagi sesamanya (bagi masyarakat).

Organisasi pramuka menjadi wadah untuk membina dan mengembangkan para anggotanya baik pada tingkatan pramuka siaga, penggalang, pandega, Pembina, pelatih dan berbagai tingkatan lainnya. Dalam organisasi pramuka, para anggotanya akan dilatih tentang kepemimpinan, baik memimpin maupun dipimpin.

Tujuan Kepramukaan

Kegiatan kepramukaan diartikan sebagai proses Pendidikan di luar sekolah dan lingkungan keluarga dalam berbagai bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, menyehatkan, mengarahkan dan praktis dilakukan di alam terbuka. Kegiatan kepramukaan dilakukan dengan tujuan akhir untuk membentuk watak, karakter, akhlak dan budi pekerti para anggotanya. Kegiatan kepramukaan pun merupakan sistem pendidikan kepanduan yang dalam praktiknya dilaksanakan dengan berdasar pada kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Kode Kehormatan Pramuka

Kode kehormatan dalam pramuka adalah norma yang berlaku dalam kehidupan pramuka. Kode ini kemudian menjadi standar berperilaku para anggota pramuka di lingkungan masyarakat. Kode ini pun menjadi jati diri dan komitmen diri para anggota dalam Pendidikan kepramukaan.

Penerapan kode kehormatan pramuka disesuaikan dengan golongan usia serta tingkatan anggota pramuka. Kode kehormatan pramuka terbagi menjadi dua yakni satya pramuka dan dharma pramuka. Satya pramuka diucapkan oleh para anggota untuk mengembangkan emosi, spiritual, sosial serta sikap intelektual tiap anggotanya. Satya pramuka diucapkan secara sukarela. Adapun dharma pramuka adalah nilai-nilai dasar untuk membina dan mengembangkan akhlak mulia para anggotanya.

Dharma pramuka merupakan nilai dasar untuk membina serta mengembangkan akhlak para anggotanya. Dharma pramuka menjadi sistem nilai yang harus dihayati, diresapi serta diterapkan dalam kehidupan para anggota pramuka sehari-harinya.

Kode kehormatan pramuka terdiri dari dwisatya dan trisatya. Dwisatya dikhususkan pada tingkatan pramuka siaga. Sedangkan trisatya diperuntukkan bagi tingkatan pramuka penggalang, penggerak, pandega dan anggota dewasa.

Kode Kehormatan Pramuka Siaga

Kode kehormatan pramuka siaga (dwisatya) yakni :

Demi kehormatan aku berjanji akan bersungguh-sungguh :

  1. Menjalankan kewajibanku kepada Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menurut aturan keluarga
  2. Setiap hari berbuat kebaikan

Dwidharma Pramuka Siaga

Ketentuan moral pramuka siaga selanjutnya disebut sebagai dwidharma yakni :

  1. Siaga berbakti pada ayah dan ibundanya
  2. Siaga berani dan tidak putus asa

Kode Kehormatan Pramuka Penggalang dan Penegak

Tingkatan pramuka penggalang merupakan tingkatan pramuka yang anggotanya berusia 11 sampai 15 tahun. Adapun tingkatan pramuka penegak terdiri dari parang anggota yang berusia 16 sampai 20 tahun.  Berdasarkan kecakapan yang dimiliki, tingkatan pramuka penggalang terbagi menjadi :

  1. Penggalang ramu
  2. Penggalang rakit
  3. Penggalang terap
  4. Penggalang garuda

Pramuka penggalang merupakan tingkatan pramuka setelah tingkatan pramuka siaga. Kode kehormatan untuk pramuka penggalang terdiri atas janji penggalang yang biasa dikenal dengan sebutan trisatya. Adapun kode moral penggalang disebut dengan dasa dharma.

Tri Satya :

Demi kehormatan aku berjanji akan bersungguh-sungguh :

  1. Menjalankan kewajibanku kepada Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menerapkan Pancasila
  2. Menolong sesama dan mempersiapkan diri membangun masyarakat
  3. Menepati dasa dharma

Dasa Dharma Pramuka :

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Mencintai alam dan kasih sayang kepada manusia
  3. Patriot yang sopan dan ksatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin, gembira dan terampil
  7. Cermat, hemat dan bersahaja
  8. Berani, disiplin dan setia
  9. Dapat dipercaya dan bertanggung jawab
  10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.