Materi Kelas 10 Konsep Budaya Pengertian, Fungsi Dan Cirinya

seputarkelas.com – materi konsep budaya pengertian, fungsi dan ciri

Hari ini kita akan membahas materi Seni Budaya khusus SMK Kelas 10 kali ini kita akan belajar tentang konsep budaya. di sini sudah ada yang tahu belum ya Apa arti budaya Kalau tidak ada yang tahu Mari sama-sama kita pelajari, berbagai ragam aneka budaya yang ada di Indonesia loh contohnya kan kita lihat isinya ada tarian ada kuda lumping ada baju adat-adat dan ini semua berasal dari berbagai macam daerah yang ada di Indonesia.

 

Definisi Budaya

Setelah penjelasan tadi simpulkan Apa itu budaya ? budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu bunda ya yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan Budi dan akal manusia. nah secara umum budaya mengandung arti suatu cara hidup yang ada pada kelompok manusia yang berkembang dan kemudian diwariskan secara turun-temurun yang anak-anak dari generasi ke generasi berikutnya dan juga budaya merupakan suatu hal yang bisa dijadikan sebagai identitas bumi dan hak bagi satu daerah.

Adapun pengertian kebudayaan adalah segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan mengubah alam. sampai disini sudah ada yang mengerti belum tentang budaya itu apa ? tadi juga sudah di ceritakan apa ditunjukkan kepada anak bahwa kita di Indonesia ini memiliki berbagai macam budaya jika belum paham akan sedikit memberikan kesimpulan tentang budaya ya.

Jadi Budaya adalah suatu kebiasaan baik yang kita terapkan pada kehidupan kita sehari-hari sehingga ketika kita sudah menerapkan kehidupan yang baik tersebut kita bisa memuaskannya secara turun-temurun dari generasi ke generasi berikutnya Jadi itulah yang dinamakan dengan budaya Sekarang kita akan bahas pendapat para ahli tentang kebudayaan.

 

Definisi Budaya Menurut Tokoh

Sekarang kita akan bahas pendapat para ahli tentang kebudayaan silakan simak yang pertama adalah pengertian budaya menurut ahli koenjaraningrat Nah di sini beliau menyatakan budayaan merupakan Semua sistem ide gagasan tindakan rasa serta karya yang dihasilkan atau diciptakan oleh manusia di dalam kehidupan bermasyarakat yang nantinya akan dijadikan sebuah klaim manusia dengan cara belajar.

yang kedua menurut Selo Soemardjan dan soelaiman soemardi mereka mengatakan kebudayaan adalah segala hasil karya rasa dan Cipta masyarakat yang ketiga pendapat dari Edward Burnett di sini beliau menyatakan kebudayaan adalah kompleksitas yang menyeluruh dan ilmu pengetahuan kepercayaan kesenian moral adat-istiadat hukum dan lain sebagainya yang didapatkan atau diperoleh dari hidup sebagai anggota masyarakat.

 

berdasarkan definisi dan para ahli dan dapat kita simpulkan konsep kebudayaan yaitu yang pertama pengetahuan yang diyakini kebenarannya oleh masyarakat yang memiliki kebudayaan tersebut yang kedua kebudayaan itu adalah milik masyarakat manusia bukan daerah yang semangat terus yang ketiga kebudayaan itu sebagai pedoman bagi kehidupan manusia Oh ya kalian harus tahu ya kebudayaan dan budaya itu berbeda. kalau budaya itu adalah kegiatan kita tapi kalau kebudayaan itu adalah hasil dari apa yang sudah kita lakukan contohnya makanan kita melakukan kegiatan balik ka seterusnya kita akan melakukan hal-hal yang baik.

 

Fungsi Kebudayaan

fungsi kebudayaan pada dasarnya kebudayaan itu berfungsi untuk mengatur masyarakat tentang bagaimana harus bertindak dan menentukan sikap saat dihadapkan pada sesuatu sehingga kehidupan menjadi lebih telah selainnya yaitu sebagai pedoman hubungan manusia atau kelompok memenuhi kebutuhan masyarakat dan mendorong perubahan masyarakat kebudayaan juga memiliki ciri-ciri loh, berikut penjelasannya:

 

Ciri Kebudayaan

pertama adalah ciri kebudayaan secara umum kita kan dia bahkan satu-satu ya untuk ciri kebudayaan secara umum yaitu kebudayaan dapat dipelajari kebudayaan dapat diwariskan kebudayaan itu hidup dan berkembang di dalam masyarakat terus kebudayaan dapat berubah lalu kebudayaan bersifat integrasi kebudayaan itu bisa kalian pelajari dan terapkan dalam kehidupan kalian sehari-hari namun kebudayaan juga bisa berubah-ubah sesuai dengan zamannya anak-anak yang kedua adalah ciri kebudayaan daerah kebudayaan daerah memiliki ciri masing-masing yang terdapat peninggalan sejarah.

kedua adanya unsur kepercayaan juga terdapat bahasa dan seni khas daerah yang keempat dianut oleh penduduk dalam daerah tersebut yang bersifat kedaerahan Dedi di setiap daerah di Indonesia memiliki budaya yang berbeda-beda yang ketiga kebudayaan nasional adalah terdapat unsur-unsur yang menyatukan bangsa dan kedua mencerminkan kehidupan bangsa

ketiga kebanggaan seluruh rakyat Indonesia dan keempat adanya unsur budaya daerah yang diakui secara nasional pernah jadi sampai sini sudah paham belum ya sama budaya tadi sudah menjelaskan bahwa ada fungsi dari kebudayaan terus ada juga ciri kebudayaan Jadi kalau belum paham akan diulang kembali materi di atas.

demikianlah pembahasan seputarkelas kali ini tentang materi konsep seni kelas 10, semoga materi ini bermanfaat untuk kalian semua, teruslah belajar membaca agar pengetahuan kalian bertambah luas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.