Mengapa Anak Lebih Patuh Pada Peraturan Guru Di Sekolah Dari Pada Orang Tua

seputarkelas.com – Mengapa Anak Lebih Patuh Pada Peraturan Guru Di Sekolah Dari Pada Orang Tua

Tumbuh kembang seorang anak menyimpan banyak cerita pada setiap tahapan pertumbuhannya. Selain itu dukungan, perhatian dan perlakuan dari orang-orang yang berada dalam lingkungan tumbuh kembang anak pun diperlukan.

Dalam banyak kasus, anak acapkali lebih mendengarkan perkataan guru di sekolah dibandingkan dengan perkataan orang tuanya di rumah. Pernah dalam suatu kasus, seorang orang tua murid mememui seorang guru dan meminta guru untuk menasehati anaknya agar merapikan kembali mainannya setelah bermain.

Beliau berkata, “kalau ibu guru yang bicara dengan anak saya, dia pasti mau menurut. Kalau sama saya, dia sama sekali tidak mau mendengarkan saya”. Dan benar saja, beberapa hari kemudian orang tua murid tersebut kembali menemui sang guru dan berkata “Terima kasih, Bu guru. Sekarang anak saya sudah selalu membereskan mainannya setelah ia bermain”. Telah banyak kasus seperti ini. Lantas mengapa anak lebih patuh pada peraturan guru di sekolah disbanding di rumah?

Mengapa Anak Lebih Patuh pada Peraturan Guru di Sekolah?

UNICEF pernah melakukan program pendidikan dan pengembangan anak-anak di Cina dalam rentang waktu 2001 – 2005. Penelitian tersebut membahas tentang pendapat anak-anak tentang bagaimana sosok guru yang baik. Berikut beberapa jawabannya :

1. Guru di sekolah bersedia dan memiliki waktu untuk mendengar keluh kesah para murid. Tidak itu saja, guru pun membantu murid untuk menyelesaikan masalahnya.
2. Guru selalu bersikap adil pada murid-muridnya.
3. Guru sering melucu baik ketika menjelaskan pelajaran dalam kelas maupun di luar kelas
4. Guru menghargai setiap usaha yang murid lakukan. Baik benar atau salah, guru selalu menghargainya.

Jawaban-jawaban tersebut di atas merupakan alasan mengapa anak lebih patuh pada peraturan guru di sekolah dibanding peraturan di rumah. Untuk itu, bagi para orang tua agar anak mau mendengarkan dan patuh pada peraturan di rumah, orang tua minimal harus bersedia melakukan empat hal tersebut di atas.

Anak-anak akan mau menurut ketika mereka merasa bahwa kepentingan dan kehadiran mereka pun menjadi perhatian orang tua. Anak-anak akan merasa senang ketika ia merasa didengar, dihargai dan diperlakukan dengan adil. Selain itu, tertawa bersama anak pun dapat merekatkan ikatan antara orang tua dan anak.

Sebagai orang tua pun harus mampu menjadi panutan bagi anak dalam hal perkataan dan perbuatan. Dalam berbuat dan berkata pun harus seiya sekata. Jangan mengatakan suatu hal tapi melakukan perbuatan yang berbeda dengan apa yang dikatakan.

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Agar Anak Patuh Pada Peraturan di rumah

Berberapa hal yang dapat dilakukan oleh orang tua agar anak patuuh pada perarutan yang
berlaku di rumah diantaranya :

1. Memposisikan diri sebagai pembimbing utama

Orang tua merupakan figur utama dalam tumbuh kembang seorang anak. Sebelum ke sekolah atau mengenal orang lain, anak terlebih dulu mengenal kedua orang tuanya. Selain itu orang tua pun memiliki waktu yang lebih panjang untuk dihabiskan bersama anak dibandingkan waktu anak di sekolah. Tanamkan pada anak berbagai perkataan, perbuatan dan kebiasaan yang baik. Ketika anak menemui kegagalan, sepatutnya orang tua menjadi sosok utama yang mendukung dan membimbing sang anak bahwa kegagalan adalah hal yang biasa. Anak jangan berputus asa dan berhenti mencoba ketika menemui kegagalan.

2. Menempatkan diri sebagai teman

Dalam proses belajar di sekolah, bisa saja terdapat satu atau dua mata pelajaran yang menjadi kesulitan sang anak. Pada saat seperti itu, sang anak memerlukan sosok untuk mendengarkan dan membantu menyelesaikan masalah mereka. Dukung dan bimbinglah anak tanpa melukai harga diri sang anak dan menurunkan motivasi belajarnya.

3. Menjadi guru bagi anaknya ketika di rumah

Orang tua tidak bisa begitu saja menyerahkan masalah pendidikan pada guru di sekolah. Anak tetap membutuhkan campur tangan orang tua dalam masalah pendidikannya. orang tua yang cuek terhadap anak dan lebih sibuk dengan dunianya sendiri tanpa menyisakan waktu bersama anak akan cenderung membuat anak merasa tidak diperhatikan oleh orang tua, akibatnya anak akan ikut-ikutan tidak peduli terhadap orang tuanya.

Demikianlah pembahasan seputarkelas kali ini tentang Mengapa Anak Lebih Patuh Pada Peraturan Guru Di Sekolah Dari Pada Orang Tua, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.