Perbedaan Amfibi Dan Reptil Dalam Biologi

seputarkelas.com – perbedaan amfibi dan reptil dalam biologi

Seperti diketahui bahwa terdapat banyak sekali jenis makhluk hidup di dunia ini. untuk memudahkan manusia untuk mempelajari mereka, berbagai makhluk hidup tersebut kemudian dikelompokkan berdasarkan kesamaan yang dimiliki. Maka dari itu kita lalu mengenal istilah amfibi, reptil, mamalia dan unggas.

Definisi Amfibi

Kata amfibi berasal dari Bahasa Yunani yakni amphi dan bios. Amphi berarti dua dan bios berarti hidup. Dari dua kata ini dapat kita ketahui bahwa amfibi adalah hewan yang dapat hidup di dunia bentuk kehidupan, yakni di darat dan di laut.

Amfibi merupakan hewan berdarah dingin. Hal ini berarti bahwa amfibi membutuhkan sinar matahari untuk menghangatkan suhu tubuhnya karena mereka tidak dapat mengatur suhu tubuhnya sendiri. Jumlah amfibi di dunia ini sekitar 3.000 spesies dan merupakan kelompok terkecil dari golongan vertebrata.

Amfibi bertelur di air. Kemudian menyimpan telurnya pada tempat yang basah dan lembab. Setelah menetas, berudu kemudian hidup di air atau di tempat basah dan menggunakan insang untuk bernapas.

Setelah berudu bermetamorfosis (berubah bentuk) menjadi dewasa, amfibi umumnya berpindah tempat hidupnya ke tempat kering atau ke daratan. Pada masa ini, amfibi menggunakan paru-paru untuk bernapas.

Perubahan tempat hidup dan alat bernafas ini menyebabkan amfibi kehilangan insang dan kerangka insangnya. Pada anura, leher sebagai mekanisme adaptasi hidup tidak ditemukan dan mereka bergerak dengan cara melompat.

Definisi Reptil

Ciri umum reptil adalah seluruh permukaan tubuhnya tertutup kulit keras atau sisik. Pada beberapa anggota ordo dan sub ordo tertentu, kulit keras ini dapat mengelupas atau dapat berganti secara total. Pergantian kulit total terjadi pada sub-ordo Ophidia dan pengelupasan kulit sebagian terjadi pada sub-ordo Lacertilia. Adapun ordo Chelonia dan Crocodilia kulitnya hampir tidak pernah mengelupas atau berganti.

Kata reptilia berasal dari kata reptum yang memiliki arti melata. Reptil merupakan kelompok hewan darat pertama yang bernapas menggunakan paru-paru. Reptile termasuk ke dalam golongan hewan vertebrata yang berdarah dingin. Hewan ini termasuk ke dalam jenis tetrapoda, atau hewan yang memiliki empat kaki.

Proses pengembangbiakan reptil melalui cara bertelur.  Dimana pada setiap telurnya diselubungi membran amniotik.

Perbedaan Amfibi dan Reptil

Perbedaan utama amfibi dan reptil adalah pada perkembangan embrio. Reptil seperti burung dan mamalia memiliki telur amniota. Telur amniota merupakan telur yang embrionya dilindungi membrane embrio yang disebut amnion. Amnion berkembang sejak awal pembentukan embrio dan berfungsi sebagai cairan pelindung embrio pada rongga embriotik. Pada reptil, telur dilindungi cangkang yang berguna untuk menutupi embrio dari gangguan lingkungan.

Sedangkan embrio pada amfibi tidak memiliki amnion. Hal ini disebut anamniota. Telur amfibi hanya dilindungi oleh lapisan gelatin semi-permeabel dan memerlukan air dari sumber luar. Telur amfibi memerlukan oksigen yang diperoleh dari proses difusi. Produk buangan dari difusi terlur pun akan terbuang ke luar ke air. Telur amfibi teressial rawan terhadap kekeringan desikasi. Hal ini dikarenakan mereka menyerap dan mengambil uap dari kelembaban lingkungan.

Selain itu, amfibi dan reptil merupaka hewan berdarah dingin. Tapi pada amfibi, sebagian hidupnya dihabiskan di darat dan sebagian lain di air. Sedangkan pada reptil hidup didarat. Meskipun beberapa dari mereka juga bisa hidup di air seperti buaya dan kura-kura.

Karena amfibi hidup di dua alam, maka mereka bernapas dengan paru-paru dan insang. Sedangkan pada reptil, mereka hanya bernapas dengan paru-paru saja.

Pada bagian kulit, amfibi menyimpan racun pada kulit mereka. Hal ini melindungi mereka dari pemangsa dan lingkungan sekitar. Sedangkan pada reptil, kulit mereka kering, keras dan bersisik. Struktur kulit mereka yang seperti inilah yang menyelamatkan mereka dari pemangsa.

Kaki amfibi berselaput yang membantu mereka berjalan, berenang dan melompat. Sedangkan pada reptile memiliki empat anggota badan yang membantu mereka berlari dan berenang. Kecuali pada ular, karena ular tidak memiliki anggota badan.

Demikianlah pembahasan seputarkelas kali ini tentang perbedaan amfibi dan reptil dalam biologi, semoga materi diatas bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *