RPP SENI BUDAYA Kelas VII, VIII Dan IX SMP/MTs

seputarkelas.com – RPP SENI BUDAYA Kelas VII, VIII Dan IX SMP/MTs

Pendidikan merupakan sebuah proses untuk mentransformasikan seseorang dari yang mulanya tidak tahu menjadi tahu. Proses ini dilakukan dengan tujuan agar di masa depan seseorang tersebut bisa menjadi lebih baik dari dirinya saat ini.

Proses pendidikan pun merupakan salah satu jalan untuk menuju kesejahteraan. Karena dengan pendidikan, kesempatan bagi seseorang untuk meraih kesuksesan di masa depan lebih terbuka lebar.

Proses pendidikan dan pengajaran di Indonesia sendiri tidak hanya menekankan pada bidang sains dan ilmu sosial saja. Melainkan juga dalam hal pengenalan seni budaya. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengenalkan berbagai seni budaya Nusantara pada para generasi muda dan agar seni budaya Nusantara ini terus ada dan dilestarikan oleh para generasi muda. Bagi seorang guru disekolah tidak hanya dituntut untuk mengajar namun juga ada tugas lain yaitu mengumpulkan administrasi sekolah, seperti, RPP, Jurnal, dan laiinnya. Kali ini seputar kelas mencoba untuk membagikan linkĀ  RPP Seni Budaya kelas VII, VIII dan IX SMP/MTs.

Proses Pembelajaran Seni Budaya

Pembelajaran seni budaya merupakan suatu kegiatan belajar dimana peserta didik mempelajari tentang berbagai karya seni. Dimana karya-karya seni tersebut memiliki nilai artistik, eksetik dan kreatif serta tidak melanggar nilai, norma dan seni kebudayaan yang ada di negara/daerah tersebut. RPP Seni Budaya RPP Seni Budaya kelas VII, VIII dan IX SMP/MTs juga akan menujang seorang guru untuk mempersiapkan materi apa yang akan diberikan kepada siswa, yang nantinya akan membuat seorang guru lebih siap mengajar ketika berada dikelas.

Ruang Lingkup Pembelajaran Seni Budaya

Hetty Tumurang (2006), membagi pembelajaran ruang lingkup seni budaya menjadi :

  1. Seni Seni rupa merupakan ungkapan perasaan atau gagasan yang diwujudkan dalam karya dua dan/atau tiga dimensi seperti patung, lukisan, kerajinan tangan atau lain-lain.
  2. Seni tari. Seni tari merupakan penggabungan antara unsur gerak, irama dan rasa untuk mengungkapkan perasaan dan gagasan. Seni tari biasanya dipadukan dengan seni musik sebagai latar belakang sehingga menjadi lebih indah dan
  3. Seni musik. Seni musik merupakan perpaduan keseimbangan yang dihasilkan dari perpaduan melodi, irama dan harmoni.
  4. Seni drama/teater. Seni drama merupakan seni pertunjukan yang menggunakan suara, tubuh, gerak tubuh, mimik wajah dan latar ruang dalam mengungkapkan perasaan dan gagasan yang ingin disampaikan.
  5. Seni sastra. Seni sastra merupakan seni yang dapat dinikmati melalui penglihatan dan pendengaran. Melalui penglihatan misalkan dalam bentuk kaligrafi dan melalui pendengaran misalkan dalam bentuk

RPP Seni Budaya

Dalam proses pengajaran di kelas, seorang tenaga pendidik diharuskan untuk memiliki dan menggunakan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran tersebut nantinya akan berguna sebagai petunjuk dalam kegiatan belajar mengajar di kelas serta memudahkan para pendidik dalam hal menyampaikan materi dan melakukan evaluasi materi nantinya.

Berdasar pada Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa dalam penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran itu sendiri dibentuk berupa silabus dan RPP yang harus mengacu pada standar isi.

Dalam pelaksanaannya, RPP Seni Budaya kelas VII, VIII dan IX SMP/MTs yang digunakan oleh para tenaga pendidik saat ini merupakan RPP hasil penyederhanaan berdasarkan arahan dari Mendikbud bahwa RPP dibuat dalam format 1 lembar. Maksudnya adalah RPP pada setiap tatap muka menggunakan format RPP 1 lembar. RPP 1 lembar ini bertujuan untuk memudahkan para tenaga pendidik dalam menyusun dan membuat RPP sehingga waktu yang dibutuhkan dalam penyusunannya pun relatif lebih cepat.

Seni budaya merupakan mata pelajaran dengan isi materi yang bermacam-macam. Telah disebutkan sebelumnya bahwa ruang lingkup seni budaya begitu beragam. Pada seni sastra misalnya terdapat seni puisi dan kaligrafi. Keduanya adalah dua hal yang berbeda meski keduanya merupakan lingkup seni sastra. Puisi dinikmati melalui keindahan kata-kata dan cara membacanya, sedangkan kaligrafi dinikmati dengan mengamati keindahan tulisan yan diukir.

Oleh karena itulah, RPP Seni Budaya kelas VII, VIII dan IX SMP/MTs pun perlu mempertimbangkan dan menyesuaikan dengan materi yang akan dipelajari. Jika materi yang dipelajari tentang seni drama/teater, maka RPP yang disusun haruslah melibatkan peserta didik untuk ikut serta dalam pagelaran. Atau setidaknya membahas tentang seni drama. RPP materi seni drama/teater, tidak mungkin disamakan secara isi dan teknis pengajaran dengan seni sastra atau bahkan seni rupa.

Selain itu, penyusunan RPP Seni Budaya kelas VII, VIII dan IX SMP/MTs pun haruslah disesuaikan dengan situasi kelas. Ketika kelas dipenuhi oleh peserta didik yang menyukasi mata pelajaran seni budaya, maka guru tidak akan kesulitan untuk menghidupkan suasana belajar. RPP seni budaya pun diarahkan pada proses pengembangan dan pendalaman materi. Tapi jika situasi kelas berisikan para peserta didik yang tidak begitu tertatik pada seni budaya, maka RPP seni budaya yang disusun haruslah berisikan langkah-langkah teknis guru agar mampu mengajak peserta didik menjadi termotivasi dan berperan aktif dalam proses pembelajaran.

Berikut ini adalah bentuk RPP Seni Budaya kelas VII, VIII dan IX SMP/MTs yang bisa bapak ibu guru pakai sebagai bentuk tugas seorang guru didalam mengajar dan mengumpulan administrasi pembelajaran. Bapak ibu guru bisa mendownload RPP seni budaya berikut dengan mengklik link dibawah ini, semoga RPP Seni Budaya bermanfaat untuk bapak ibu guru. Jikalau didalamnya ada materi, KD, KI, yang tidak bapak atau ibu gunakan dikelas, alangkah baiknya bapak ibu guru edit kembali RPP tersebut.

RPP Seni Budaya yang kami sajikan berikut adalah RPP Seni Budaya kelas VII, VIII dan IX SMP/MTs dikutip dari website resmi https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/ Silahkan bapak atau ibu guru pilih RPP Seni Budaya yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan bapak atau ibu Guru. dibawah ini Link RPP Seni Budaya kelas VII, VIII dan IX SMP/MTs yang bisa Bapak atau Ibu guru download :

RPP KELAS VII SMP / MTS :

RPP SENI BUDAYA 1 KELAS VII

RPP SENI BUDAYA 2 KELAS VII

RPP SENI BUDAYA 3 KELAS VII (Luring)

RPP SENI BUDAYA 4 KELAS VII (Seni Musik)

RPP SENI BUDAYA 5 KELAS VII (Seni Tari)

RPP KELAS VIII SMP / MTS :

RPP SENI BUDAYA 1 KELAS VIII (Musik Daerah)

RPP SENI BUDAYA 2 KELAS VIII ( Gambar Model )

RPP SENI BUDAYA 3 KELAS VIII ( Gambar Model )

RPP SENI BUDAYA 4 KELAS VIII ( Gambar Ilustrasi )

RPP SENI BUDAYA 5 KELAS VIII ( Gambar Komik )

RPP SENI BUDAYA 6 KELAS VIII ( Silabus )

RPP KELAS IX SMP / MTS :

RPP SENI BUDAYA 1 KELAS IX

RPP SENI BUDAYA 1 KELAS IX ( Seni Tari )

RPP SENI BUDAYA 1 KELAS IX (Seni Musik )

RPP SENI BUDAYA 1 KELAS IX ( Seni Grafis )

RPP SENI BUDAYA 1 KELAS IX ( Seni Grafis )

Sampai disini dulu pembahasan seputarkelas tentang RPP Seni Budaya kelas VII, VIII dan IX SMP/MTs, semoga bermanfaat untuk Bapak dan Ibu guru semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.