Terlengkap Materi Seni Budaya Kelas 7 Menggambar, Flora, Fauna, dan Alam Benda

seputarkelas.com – Terlengkap Materi Seni Budaya Kelas 7 Menggambar, Flora, Fauna, dan Alam Benda

Menggambar adalah aktifitas menggoreskan pena pada berbagai media, menggambar merupakan karya dua dimensi karena karya ini hanya bisa dinikmati oleh penikmatnya dari satu arah yakni tampak depan, menggambar sudah ada sejak jaman prasejarah, gambar dikenal jauh sebelum manusia mengenal tulisan. Menggambar merupakan aktifitas yang banyak digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak kecil, hingga dewasa.

Sejarah Menggambar

Menurut sejarahnya gambar sudah ditemukan sejal tahun 30.000 sampai 10.000 SM. Gambar-gambar tersebut ditemukan di dinding gua di Prancis dan Spanyol. Sedangkan dimesir juga ditemukan gambar-gambar yang diperkirakan ada pada tahun 3000 SM, gambar tersebut menghiasi kuil dan makam yang gambarnya berisi pemandangan kehidupan sehari-hari.

Sedangkan di Indonesian sejarah menggambar sudah ada sejak jaman prasejarah, kala itu banyak ditemukan lukisan-lukisan di dinding-dinding Goa, gambar-gambar tersebut Nampak menyerupai sebuah gambar tangan yang dicap kan di dinding-dinding goa, ada juga beberapa gambar yang menggambarkan aktifitas berburu panusia purba pada saat itu.

Jika kalian coba bandingkan, aktifitas menggambar pada jaman sekarang dan pada saat jaman purba, terletak dimanakah perbedaannya ?

Objek Menggambar

Objek Menggambar

Menggambar adalah aktifitas mencontoh sesuatu bentuk yang dituangkan dalam sebuah gambar, manusia sebagai pelakunya terkadang juga menjadikan dirinya sebagai objem gambar. Berikut beberapa objek yang biasanya digunakan manusia didalam menggambar.

Objek Flora

Flora atau tumbuhan adalah objek yang sangat dekat dengan manusia, keanekaragaman tumbuhan di indonesia membuat seniman tanah air memiliki banyak objek yang bisa digunakan untuk dicontoh dan digambar, seperti bunga, melati, mawar, anggrek, ada juga pohon dan juga dedaunan, semua adalahah objek flora yang wajib kita syukuri keberadaannya.

Objek Fauna

Fauna atau hewan merupakan objek yang juga banyak kita jumpai disekitar kita, seperti, kambing, sapi, ayam dan lainnya. Ada juga objek-objek hewan yang menjadi ciri khas di Indonesia, seperti hewan komodo, dan burung cendrawasih.

Alam dan Benda

Menggambar alam dan benda juga merupakan salah satu objek yang biasa digambar oleh seseorang, objek-objek tersebut biasa ada disekitar kita misalnya, objek-objek kecil seperti botol, sepatu, gelas dan juga ada beberapa objek besar seperti bangunan, gedung, rumah, kantor, sedangkan jika kita menggambar alam bisa juga kita menggambar objek pantai, bukit, ataupun pegunungan.

Alat dan Media dalam menggambar

Alat dan media sangat penting untuk kita ketahui, dikarenakan dengan mengetahui hal tersebut kita bisa tau fungsi, dan kegunaan dari macam-macam alat dan media tersebut. Alat menggambar sebenarnya banyak sekali jenisnya yang sudah kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Semua alat tulis bisa digunakan untuk menggambar. Namun seniman bebas mencari dan menggunakan alat dan bahan gambar yang nantinya akan membuat sebuah karya terlihat baik, unik dan memiliki nilai seni yang tinggi. Pengetahuan tentang alat gambar dan karakteristiknya adalah dasar untuk melakukan berbagai eksperiment.

1. Pensil

Pensil merupakan alat gambar yang paling sering kita jumpai, alat ini mulai berkembang pada abad ke 26 ketika ditemukannya bahan grafit. Biasanya untuk kalian dianjurkan memakai pensil hitam yang lunak seperti 2B, pensil sendiri banyak sekali jenisnya. Ada yang mempunyai kode H artinya Hard atau keras, HB = Halfblack, B artinya black. Kalian bebas menggunakannya yang mana sesuai dengan keperluan kalian

Jenis pensil berdasarkan kekerasaannya dapat di bagi menjadi tiga, yaitu:
1) Pensil Lunak, dengan tanda B, pensil ini biasanya berseri 2B, 3B, 4B, 5B, 6B, 7B, 8B, EB
2) Pensil Sedang dengan tanda HB, H, 2H, 3H
3) Pensil Keras berupa, 4H, 5H, 6H, 7H, 8H, 9H

Pensil sendiri merupakan alat gambar manusia jaman sekarang, sedangkan pada jaman purba biasanya menggambar menggunakan benda-benda yang ada dialam seperti batu

2. Pensil Warna

Pensil warna merupakan alat warna yang sangat sering dignakan bentuknya seperti pensil pada umumnya, namun isinya yang berbeda tentunya berwarna. Jika pensil hitam putih merupakan campuran grafit dan tanah liat, pensil warna sendiri berisi leads. Leads sendiri merupakan campuran antara pigment, kaolin, carboxy methyl cellulose, wax dan serfactant. Biasanya disini saya menggunakan pensil warna merek faber castel atau greebel yang sudah terbukti baik kualitasnya dan enak saat dipakai. Pensil warna sendiri merupakan alat gambar manusia jaman sekarang, sedangkan pada jaman purba biasanya menggambar menggunakan benda-benda yang ada dialam darah binatang.

3. Krayon

Krayon biasanya pewarna yang sering dipakai untuk anak TK ataupun SD, berbentuk pensil atau batangan. Kedua jenis bentuk krayon ada yang berbahan lunak dan ada yang berbahan keras. Krayon dengan bahan lunak tidak banyak mengandung minyak disebut dengan istilah pastel. Warna krayon cenderung cerah dan pekat. Perlu keahlian khusus dan kebiasaan jika kalian ingin mencobanya. Untuk krayon saya sarankan kalian memakai krayon merek greebel gallery, selain teksturnya yang lembut krayon tersebut juga sangat mudah dicampur untuk membuat warna gradasi yang akan membuat gambar kalian tampak nyata.

4. Spidol

Spidol biasanya sering digunakan beberapa orang,. Spidol memiliki ujung pena yang lunak. Spidol memiliki tinta khusus yang disimpan dalam busa. yang dapat menguap jika terpapar udara terus menerus. Namun ada kelemahan dari jenis pewarna ini, yaitu warna ini sulit rata jika digunakan untuk memblok suatu bidang, ada baiknya jika kalian ingin menggunakan spidol, pakailah spidol ini hanya untuk outline gambar kalian, tidak untuk membloknya. Untuk bagian yang di blok kalian bisa gunakan pensil warna atau crayon.

5. Kertas

Kertas Meruapakan media bahan yang dijadikan alas tempat kita menuangkan tinta menggambar, pada umumnya kertas harus mempunyai warna netral yakni warna putih agar mudah  dan Nampak terlihat ketika kita goresi tinta. Ada berbagai ukuran kertas gambar yang biasanya digunakan, mulai dari ukuran kertas gambar A5 – A2 tergantung kebutuhan kalian. Biasanya tekstur kertas yang baik digunakan yang sedikit kasar dan tidak licin. Kertas sendiri merupakan alas yang dipakai oleh manusia jaman saat ini untuk menggambar, sedangkan pada jaman purba biasanya menggambar di dinding-dinding gua atau di atas batu sebagai medianya.

Teknik Menggambar Flora, Fauna dan Alam Benda

Didalam menggambar, ada beberapa teknik dan cara menggambar agar karya kalian menjadi baik dan bagus.

1. Menentukan Objek Gambar

Langkah pertama ialah tentukan objek apa yang akan kalian gambar, missal kalian akan menggambar sebuah benda semisal botol, kalian harus memiliki botol untuk kalian contoh terlebih dahulu

2. Siapkan Alat dan Bahan

Alat dan bahan didalam menggambar ada berbagai macam jenisnya, tentukan hal utama yang harus kalian bawa adalah sebuah pensil, kertas, dan penghapus, jika nantinya gambar tersebut akan diwarna silahkan kalian siapkan juga pensil warna atau crayon

3. Menentukan teknik

Teknik merupakan cara kalian didalam menggoreskan pena/ pewarna kalian ada berbagai macam teknik didalam menggambar, seperti, teknik arsir, teknik dusel, teknik plakat, dan lainnya. Teknik ini dipakai oleh manusia setelah mengenal teknik, sedangkan pada jaman purba manusia menggambar tanpa menggunakan dan mengenal teknik, jadi mereka menggambar sesuai keinginan hati mereka.

4. Membuat Sketsa

Sketsa meruapakan tahapan yang sangat penting, mengetahui bentuk dasar benda yang akan digambar akan sangan membantu kita dalam membuat sketsa, karena goresan-goresan kalian mungkin tidak akan langsung menjadi suatu objek yang indah dilihat, maka dari itu perlu adanya sebuah sketsa, kita buat garis-garis yang tipis sebagai garis bantu, nantinya ketika sketsa tersebut sudah kita rasa sama dengan objek yang saya contoh, barulah kita tebeli garis tersebut.

5. Pewarnaan

Setelah proses sketsa selesai, barulah kita masuk keproses pewarnaan, pewarnaan bertujuan agar gambar kita terlihat mirip dengan aslinya dan tampak lebih menarik.

6. Finishing

Finishing merupakan tahap akhir didalam menggambar, hal-hal yang dirasa kurang didalam gambar kita perbaiki disini, misal ada coretan disekitar gambar, bisa kita hapus,, atau ada objek yang kurang tebal pewarnaannya kita tambahkan agar warnanya Nampak jelas.

Berikut saya jabarkan secara rinci cara menggambar flora, fauna dan alam benda

A.Contoh menggambar flora ( bunga kamboja )

  1. Pertama-tama kalian cari tahu terlebih dahulu bentuk dasar dari bunga kamboja tersebut kemudian lingkaran untuk pola bunga
  2. Setelah bentuk lingkaran sudah selesai cobalah gambar kelopak bunga sesuaikan dengan bentuk asli bunga
  3. Setelah proses sketsa selesai mulailah memberi warna pada bentuk hasil bunga seperti pada gambar berikut :

Cara Menggambar Flora

B. Contoh langkah-langkah menggambar itik

  1. Langkah pertama Buatlah gambar bentuk oval untuk badan, karena bentuk badan itik tersebut menyerupai bentuk oval
  2. Kemudian tambahkan bentuk kepala, leher dan ekor, bentuk dasarnya menyerupai persegi panjang yang divariasikan bentuknya seperti kepala, leher dan ekor
  3. Setelah proses sketsa selesai mulailah memberi warna pada bentuk gambar itik seperti gambar berikut :

Cara Menggambar Bebek

C. Contoh langkah-langkah menggambar piring dan cangkir

  1. Langkah Pertama gambarlah bentuk silinder dan oval, karena kita tahu cangkir memiliki bentuk dasar silinder dan oval dibagian atasnya dan wadahnya
  2. Buatlah setiap bagian menjadi bentuk oval cangkir dan piring
  3. Sempurnakan gambar dengan menggunakan arsiran atau warna seperti gambar berikut :

Cara Menggambar Gelas

Demikianlah pembahasan kami tentang materi kelas 7 semester 1 menggambar, Flora, Fauna dan Alam Benda, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.