Contoh Soal Pembulatan Dan Taksiran Matematika Kelas 4 SD K13

seputarkelas.com – contoh soal pembulatan dan taksiran matematika kelas 4 sd k13

Pada kesempatan kali ini seputar kelas akan membahas mata pelajaran matematika  kelas 4 SD yakni pada materi pembulatan dan taksiran.  Pada materi matematika pembulatan dan penaksiran kelas 4 SD dibagi dalam beberapa bab yang berbeda. sebelum kita membahas beberapa contoh soal pembulatan dan taksiran,  berikut seputar kelas akan menjabarkan sedikit tentang materi pembulatan dan taksiran.

Pembulatan Dan Taksiran

pembulatan atau yang biasa disebut dengan aproksimasimasi  dan penaksiran merupakan dua hal yang saling berkaitan.  biasanya pembulatan digunakan di dalam menyelesaikan sebuah penaksiran.  sehingga kedua materi tersebut sulit untuk dipisahkan.

materi pembulatan dan taksiran bisa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari contohnya pada saat seseorang yang akan membeli suatu barang dengan jumlah yang sangat banyak seperti,   batu bata ataupun genteng Maka diperlukan suatu ilmu dari pembulatan dan penaksiran sehingga mempermudah seseorang untuk menyiapkan anggaran yang harus dikeluarkan nantinya.

contoh lain adalah ketika seseorang akan membangun sebuah rumah tentunya,  perlu adanya perencanaan serta mempersiapkan taksiran yang digunakan untuk membeli segala keperluan material.    seperti semen,  biaya tukang,  biaya batu bata dan lainnya.  dari beberapa contoh diatas maka bisa kita simpulkan bahwa materi pembulatan dan taksiran akan sangat bermanfaat bila kita menguasainya sehingga mempermudah kita untuk Merencanakan suatu kegiatan.

Cara pembulatan desimal dan bilangan cacah

Pembuatan atau yang biasa disebut dengan aproksimasi adalah sebuah materi yang harus kalian pahami secara konsep.  karena nantinya materi ini akan sangat berpengaruh untuk materi selanjutnya yaitu penaksiran. Berikut hal penting yang perlu kalian ketahui tentang pembulatan:

– Jika suatu pembulatan bernilai diatas 5 maka angkanya akan dibulatkan naik

contoh  :  7,9  dibulatkan menjadi 8,   atau 89 dibulatkan menjadi 90

– Jika suatu pembulatan bernilai dibawah 5 maka angkanya akan diturunkan ke bawah

contoh :   3,2 dibulatkan menjadi  3,  atau 81 dibulatkan menjadi 80

catatan :  jika suatu pembulatan bilangan tepat 5,  Ma maka akan dilihat dari bilangan sebelum 5 tersebut.  jika akar sebelumnya ganjil maka akan dibulatkan ke atas namun jika angka sebelum 5 adalah genap maka akan dihilangkan.

Jenis Pembulatan Bilangan

Pembulatan sendiri dibagi menjadi 3 bagian,  simak penjelasannya berikut ini :

Pembulatan Ke Satuan Terdekat

pembulatan ini merupakan pembulatan pecahan desimal,  sebagai contoh Jika suatu bilangan pembatasnya adalah 0,5 maka jika setelah , angkanya lebih dari 5 maka akan dijadikan sebuah satuan namun jika angkanya di bawah 5 maka akan dihilangkan.

contoh  soal pembuLatan satuan

4,7 dibulatkan menjadi 5

17,2 dibulatkan menjadi 17

7 ⅔  dibulatkan menjadi 8,  karena Dua pertiga memiliki nilai yaitu 0,666

Pembulatan Ke Puluhan Terdekat

pembulatan ini  menjadikan  bilangan 5 sebagai pembatas.  artinya jika suatu bilangan diatas 5 maka ajakan dibulatkan menjadi puluhan namun jika di bawah 5 maka akan dihilangkan

contoh pembulatan ke puluhan terdekat

78 dibulatkan menjadi 80

82 dibulatkan menjadi 80

178 dibulatkan menjadi 180

55 dibulatkan menjadi 60

Pembulatan Ke Ratusan Terdekat

pembulatan ini ini menjadikan bilangan 50 sebagai bilangan pembatas,  jadi apabila ditemukan nilai diatas 50 maka akan dibulatkan ke atas namun jika nilainya di bawah 50 maka akan dihilangkan

contoh pembulatan ke ratusan

157 dibulatkan menjadi 200

970 dibulatkan menjadi 1000

2352 dibulatkan menjadi 2400

7635 dibulatkan menjadi 7600

Contoh Soal Taksiran Beserta Jawabannya

Taksiran atau penaksiran adalah sebuah bilangan untuk mempermudah cara hitung.  taksiran sendiri menggunakan konsep pembulatan.  dan cara melakukannya adalah  operasi dengan taksiran an bilangan sebelum dioperasikan sehingga nanti akan lebih mudah untuk dioperasikan  seperti penjumlahan, Pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Taksiran atau penaksiran sendiri dibagi menjadi 3 bagian berikut adalah penjelasannya :

Taksiran ke puluhan terdekat

54 + 76 =

Taksiran terendah  50 + 70 = 120

Taksiran tertinggi  60 + 80 = 140

Taksiran terdekat  50 + 80 = 130

Taksiran ke ratusan terdekat

356 – 132 =

Taksiran terendah   300 – 100 = 200

Taksiran tertinggi   400 – 200 = 600

Taksiran terdekat   400 – 100 = 300

Taksiran Pecahan, Desimal, Dan Persen

contoh soal

Tentukan taksiran dari:

3 2/7 + 80% + 5/6

= 2,28+0,80+0,83

= 2+1+1 = 4

Contoh soal cerita  materi taksiran

Bunga membeli sebuah buku seharga Rp2.250,  hubungan juga membeli sebuah pensil dengan Harga Rp1.800.  berapakah taksiran harga yang dibeli oleh bunga ?

Buku = 2250  taksiran menjadi 2000

Pensil = 1800 taksiran menjadi 2000

Jadi total belanjaan  bunga sebesar 2000 + 2000 = 4000

Download soal taksiran dan pembulatan kelas 4 SD

Seperti yang  sudah dijelaskan sejak awal bahwa pada artikel kali ini kita akan membagikan contoh soal taksiran dan pembulatan kelas 4 SD K13.  para siswa ataupun bapak ibu guru bisa mendownload contoh soal taksiran melalui link dibawah ini

 klik Disini :  Contoh Soal Taksiran dan Pembulatan Kelas 4 SD

Demikianlah pembahasan seputarkelas kali ini tentang contoh soal taksiran dan pembulatan kelas 4 SD yang dilengkapi dengan materi singkat serta cara menjawabnya,  semoga artikel diatas bermanfaat untuk kalian semua dan menambah wa pengetahuan kalian tentang mata pelajaran matematika khususnya materi taksiran dan pembulatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *