Contoh Soal Neraca Ohaus Dan Cara Menghitung Massa Benda

seputarkelas.com – contoh soal neraca ohaus dan cara menghitung massa benda Pada kesempatan kali ini seputarkelas akan mencoba untuk mengulas tentang contoh soal neraca ohaus, pembahasan kali ini adalah cara menentukan hasil pengukuran yang akurat menggunakan suatu neraca,  umumnya neraca yang paling sering digunakan pada saat SMK atau SMK adalah neraca jenis ohaus.

Neraca Ohaus adalah sebuah timbangan kan yang dilakukan untuk melakukan pengukuran massa benda atau jenis logam yang kecil,  dimana massa benda tersebut biasanya memiliki berat antara 100 hingga 500 gram,  Mengapa demikian hal itu dikarenakan keterbatasan kemampuan ukur neraca ohaus.

Di dalam melakukan proses pengukuran dengan menggunakan neraca ohaus yang yang memiliki jenis analog tentunya masa benda yang di Tampilkan nantinya bukan cuma satu angka namun beberapa angka di setiap lengan neraca.  maka dari itu untuk mengukur hasil dari massa benda ada itu sendiri harus dilakukan secara manual.

kali ini seputar kelas akan mencoba untuk memberikan contoh soal   langkah atau cara membaca satuan neraca ohaus kalian bisa menyimak artikel di bawah ini sampai akhir karena kami juga akan  memberikan kunci jawaban serta pembahasannya.

Pengertian Neraca Ohaus

sebelum kita melangkah kepada soal serta pembahasan tentang neraca ohaus ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui tentang pengertian neraca ohaus itu sendiri,  situ sendirian neraca suatu alat ukur massa benda yang berukuran kecil baik itu Itu otomatis maupun secara manual.

Fungsi Neraca ohaus

digunakan sebagai alat untuk mengukur massa benda ada yang berupa logam ataupun non logam dengan tentang ukuran tertentu.  di mana biasanya rentang pengukuran ini berkisar antara 311 gram atau 2610 gram tergantung pada jenis neraca ohauss yang kalian miliki.

Ketelitian Neraca Ohaus

Dilihat dari tingkat ketelitiannya maka neraca ohaus memiliki dua tipe yaitu ketelitian neraca  digital serta ketelitian neraca analog.  ketelitian neraca digital memiliki ketelitian hingga 0,001 gram sedangkan pada  ketelitian neraca analog hanya mencapai 0,1 gram.

di dalam menggunakan neraca ohaus ada beberapa angka penting yang harus kalian. Karena jika kalian tidak memperhatikan angka dengan baik maka akan terjadi kesalahan pada saat pengukuran

Jenis Neraca Ohaus

Agar kalian bisa memahami atau menghitung  neraca ohaus dengan benar maka perlu kalian  ketahui beberapa jenis Timbangan laboratorium.  berikut beberapa jenis neraca ohaus bila dilihat dari langkah pengukurannya.

Neraca Ohaus 2 Lengan

neraca ini mempunyai dua lengan jadi langkah pengukurannya ialah menggeser posisi pemberat  pada kedua lengannya tersebut.   jika pada neraca menunjukkan seimbang maka angka pada kedua lengan tersebut merupakan nilai massa benda.

Neraca Ohaus 3 Lengan

hampir sama dengan neraca 2 lengan neraca ini juga harus digerakkan secara cara manual pada saat digunakan.  pada neraca ohaus ini mempunyai 3 lengan ukuran massa.  maka tentu pengukurannya akan lebih teliti dari jenis neraca ohaus dua lengan.

Neraca Ohaus 4 Lengan

neraca ohaus 4 lengan adalah jenis timbangan yang paling teliti diantara cara 2 timbangan analog di atas.  tapi neraca ohaus jenis ini jarang kita jumpai di sekolah.

Neraca Ohaus Digital

neraca ohaus digital merupakan neraca yang paling canggih di antara neraca sebelumnya,  nya ini digunakan pada penelitian di suatu laboratorium universitas ataupun lab umum.

cara menggunakannya pun cukup sederhana yaitu dengan meletakkan benda pada tempat beban.  yang kemudian neraca akan secara otomatis menampilkan hasil pengukuran pada layar digital.

Rumus Neraca Ohaus

untuk menemukan hasil dari pengukuran neraca ohaus maka diperlukan rumus untuk menghitungnya.  dimana pada rumus tersebut dilakukan dengan cara menjumlahkan angka yang muncul pada ada setiap lengan beban atau layar digital.   di bawah ini adalah rumus cara menghitung hasil pengukuran neraca ohaus,  dimana rumus tersebut tidak  berbeda sesuai dengan jenis neraca ohaus yang digunakan.

Contoh Soal Neraca Ohaus

Soal tentang neraca ohaus biasanya muncul ketika kalian mengikuti tes semisal ujian nasional, ,UTBK ataupun tes masuk perguruan tinggi SBMPTN. Di bawah ini adalah beberapa contoh soal mengenai neraca ohaus yang bisa kalian pelajari,  silakan disimak dengan baik.

Soal No (1)

Berdasarkan gambar di atas, berapakah hasil pengukuran menggunakan neraca ohaus

A. 542,4 gr
B. 427,5 gr
C. 524,5 gr
D. 547,3 gr
E. 407,5 gr

Massa Pengukuran 2,4 gr + 500 gr + 40 gr = 542,4 gr ( Jawaban A)

Soal No (2)

Berapakah hasil ukur neraca Ohaus di atas!
A. 437 gr
B. 427 gr
C. 734 gr
D. 347 gr
E. 407 gr

Pembahasan :

Massa benda sesungguhnya = 400 gr + 30 gr + 7 gr = 437 gram. ( Jawaban E )

Soal No (3)

Berapakah hasil ukur neraca Ohaus di atas ?

A. 546,6 gr
B. 464,5 gr
C. 456,5 gr
D. 364,5 gr
E. 346,5 gr

Pembahasan :

Massa Pengukuran = 400 gr + 50 gr + 6,5 gr = 456,5 gr ( Jawaban C )

Soal No (4)

Hitunglah hasil ukur neraca Ohaus di atas!
A. 222 gr
B. 202 gr
C. 122 gr
D. 221 gr
E. 212 gr

Pembahasan :

Massa = 200 + 20 + 1 = 221 gram ( Jawaban D )

Soal No (5)

Berapakah hasil ukur neraca Ohaus di atas ?

A. 753,4 gr
B. 735,4 gr
C. 537,4 gr
D. 573,4 gr
E. 377,4 gr

Pembahasan :

Massa Pengukuran = 300 gr + 70 gr + 7,4 gr = 377,4 gr ( Jawaban D )

Soal No (6)

Berapakah hasil ukur neraca Ohaus di atas ?
A. 300 gr
B. 370 gr
C. 375 gr
D. 375, 4 gr
E. 375,5 gr

Pembahasan :

Massa = 300 + 70 +5,4 = 375,4 gram ( Jawaban D )

Download contoh soal neraca ohaus

Untuk menambah pemahaman kalian tentang materi neraca ohaus berikut kalian bisa mendownload beberapa soal neraca ohaus di bawah ini.  contoh soal neraca ohaus  dibawah ini berbentuk file PDF jadi akan lebih memudahkan kalian dalam belajar menggunakan smartphone ataupun laptop.  klik link dibawah ini untuk mendownload.

KLIK DISINI :  CONTOH SOAL NERACA OHAUS

Demikianlah pembahasan seputarkelas kali ini tentang contoh soal neraca ohaus yang dilengkapi dengan pengertian jenis serta rumusnya.  semoga  pembahasan seputar kelas X ini dapat menambah wawasan kalian utamanya pada materi neraca ohaus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.