Contoh Soal Probabilitas Dan Kunci Jawabannya Lengkap

seputarkelas.com – contoh soal probabilitas dan kunci jawabannya lengkap Pada kesempatan kali ini seputar kelas akan mencoba untuk memaparkan secara rinci dan mendetail tentang contoh soal probabilitas.  probabilitas sendiri biasa kita dengar dengan sebutan peluang,  mobilitas merupakan salah satu cabang materi pada bidang ilmu statistika.  di mana materi tersebut sudah sangat kita sering jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Probabilitas menurut harfiah  diartikan sebagai ilmu yang memperhitungkan perkiraan tentang suatu kejadian   yang  yang akan muncul dari kemungkinan yang ada.  sebagai contoh,   Andi berjanji untuk datang ke rumah Budi besok siang apabila tidak hujan.  maka peluang yang akan terjadi kemungkinan nanti pergi ke rumah Budi adalah ah 1 dari 2 kemungkinan,  karena bisa jadi di besok akan terjadi hujan.

Dari contoh cerita di atas maka dapat kita tarik kesimpulan,  Bahwa kemungkinan Andi pergi ke rumah Bude ada dua kemungkinan Iya itu Andi pergi ke rumah Budi Ketika hari cerah atau Andi tidak jadi pergi ke rumah Budi saat hujan turun.  jadi semakin sedikit variabel yang menentukan maka akan semakin besar probabilitas yang akan terjadi,  begitu pula sebaliknya,  Semakin banyak variabel penentunya maka akan semakin kecil pula kejadian akan terjadi.

Selanjutnya jika kalian sudah cukup memahami tentang ulasan di atas kita akan melanjutkan kepada pembahasan rinci tentang materi statistika berikut.  silakan kalian simak penjelasan tentang teori atau teorema dasar cara  caraserta penyelesaian contoh soal probabilitas.

Teori Dasar Probabilitas

Seperti yang telah kita bahas di atas bahwa probabilitas adalah suatu cara untuk memperkirakan kemungkinan terjadi atau tidaknya suatu peristiwa yang dinyatakan dalam bentuk nilai ( 0 sampai 1 ). Kita Sederhanakan seperti ini,  suatu peristiwa tidak mungkin terjadi jika semakin mendekati 0,  ataupun sebaliknya Semakin Dekat dengan nilai 1 maka suatu peristiwa kemungkinan dipastikan terjadi.  jadi kalian tidak perlu heran apabila hasil Hitung dari probabilitas pada soal menunjukkan nilai pecahan.

Ruang sampel probabilitas

Sebuah peluang kemungkinan terjadinya suatu hal disebut sebagai ruang sampel, Contoh sederhana yang biasa kita temukan pada soal adalah pada dadu atau koin dimana sebuah dadu memiliki 6 angka, yaitu angka 1 – 6. sedangkan pada koin terdapat dua kemungkinan yakni angka atau gambar.

Bagaimanakah cara untuk mengetahui nilai ruang sampel ? berikut penjelasannya.  untuk cara yang paling mudah ialah dengan cara cara menuliskan semua kemungkinan yang akan terjadi sehingga muncul sebuah himpunan sebagai contoh,   jika Rudi melempar 1 dadu dan 1 koin pada waktu yang bersamaan, kemungkinan yang akan terjadi adalah :

Frekuensi Harapan

Frekuensi Harapan adalah sebuah hasil teoretis  yang ketika data diambil  dari segi sekarang di dilakukannya.  Contohnya seperti berikut ini.  Rudi melempar sebuah uang recehan Rp50 sebanyak 200 kali,  maka berapakah frekuensi Harapan munculnya gambar : ½ x 200 Kali = 100 Kali.

Contoh soal probabilitas

Seperti yang sudah dipaparkan di atas bahwa pada artikel kali ini seputarkelas akan membahas tentang   contoh soal probabilitas.  berikut adalah beberapa contoh yang bisa kalian simak.

Contoh soal peluang – komplemen

Dalam sebuah pertandingan silat,  Yanto memiliki peluang menang sebesar 69%.  berapakah probabilitas komplemen  kemenangan  Yanto ? Berikut cara menjawabnya :

P(m) = Peluang menang = 69% = 0,69

P(m’) = Peluang kalah

P(m) + P(m’) = 1

P(m’) = 1 – 0,69 = 0,31

Contoh soal peluang –  dua kejadian sembarang

Didalam sebuah kelas terdapat beberapa Anak yang suka dengan film kartun Jepang,  diketahui bahwa ada 24 orang menyukai film Doraemon,  dan 36 orang menyukai film Naruto,  sedangkan 18 orang sisanya menyukai keduanya.  jika dalam kelas tersebut jumlah total siswa adalah 50.

Berapakah kemungkinan ketua kelas menyukai film Doraemon atau Naruto,  berikut cara menjawabnya:

Contoh soal peluang –  dua kejadian saling lepas

Jaka bermain sebuah dadu,  berapakah kemungkinan yang bisa didapat Jaka untuk mendapatkan hasil 2 atau 4,  berikut penjelasannya :

n(S) = 6; P(2) = 1/6; P(4) = 1/6;

P(2∪4) = 1/6 + 1/6 = 2/6 = 1/3

Contoh soal diatas adalah beberapa contoh soal tentang probabilitas,  namun jika kalian ingin mendapatkan contoh soal yang lebih banyak untuk meningkatkan kemampuan kalian tentang materi ini maka Simaklah materi ini sampai akhir.

Download contoh soal probabilitas

contoh soal probabilitas yang disajikan adalah dalam bentuk PDF kalian bisa mengunduhnya melalui link dibawah ini

KLIK DISINI :  DOWNLOAD CONTOH SOAL PROBABILITAS LENGKAP

Demikianlah pembahasan seputar kelas kali ini tentang materi contoh soal probabilitas,  semoga artikel tersebut dapat bermanfaat untuk kalian dan menambah pengetahuan serta wawasan kalian tentang matematika khususnya tentang  materi probabilitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.