Desain Twibbon Hari Guru 25 November 2021

seputarkelas.com – desain twibbon hari guru 25 november 2021 Peran seorang guru telah lama disadari oleh negeri matahari terbit, Jepang. Hal ini dibuktikan dengan fakta sejarah yang menceritakan tentang pemboman kota Hiroshima dan Nagasaki oleh Sekutu. Ketika kota Hiroshima dan Nagasaki dibom, Kaisar Hirohito selaku pemimpin tertinggi Jepang pada saat itu bertanya, “berapa guru yang masih hidup?”

Beliau tidak bertanya berapa panglima atau jenderal yang masih hidup. Tapi justru menanyakan jumlah guru yang tersisa. Hal ini cukup membuktikan begitu besarnya perhatian pemerintah Jepang terhadap seorang guru, bahkan sejak zaman Perang Dunia II waktu itu.

Di Indonesia sendiri, peran guru mendapat perhatian khusus dari Pemerintah berupa peringatan hari guru nasional. Peringatan hari guru nasional ini jatuh pada tanggal 25 November.

Sejarah Hari Guru Nasional

Peringatan hari guru nasional diprakarsai oleh organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia atau yang biasa disingkat PGRI. Organisasi ini telah berdiri sejak tahun 1912. Pada masa itu, PGRI bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

PGHB kemudian berganti nama menjadi PGI atau Persatuan Guru Indonesia pada tahun 1932. Pada masa kependudukan Jepang, aktivitas PGI dilarang. Seperti halnya berbagai organisasi kerakyatan lainnya yang memang dilarang oleh Pemerintah Jepang pada saat itu.

Baca Juga : Sejarah Lengkap Hari Guru Yang Jarang Orang Ketahui

Setelah Indonesia merdeka dari penjajah, baik Jepang maupun Belanda Kongres Guru Indonesia (disingkat KGI) pertama kali diselenggarakan. KGI dilaksanakan pada tanggal 24-25 November 1945. Adapun kegiatan ini dilaksanakan di Surakarta.

Pada tahun 1974, Pemerintah Indonesia pun menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional. Hal ini dituangkan Pemerintah dalam Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Kongres ini sekaligus mengesahkan pembentukan PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia).

Twibbon Hari Guru 2021

Twibbon merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut postingan foto seseorang yang menggunakan bingkai menarik. Twibbon ini dibentuk dengan border atau bingkai yang didesain sedemikian rupa agar terlihat menarik.

Tema peringatan Hari Guru Nasional tahun ini berbunyi “Guru Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”. Hal ini berkaitan dengan pandemi Covid 19 yang sampai saat ini belum berakhir. Pandemi telah memaksa kegiatan belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh. Namun melalui peringatan Hari Guru Nasional ini, diharapkan guru mampu memaknai makna profesi mereka dan melakukan pergerakan dengan hati agar pendidikan Indonesia bisa pulih kembali.

Tema ini pun sejalan dengan program sekolah penggerak, guru penggerak, organisasi penggerak dan lain sebagainya. Para guru, siswa/i bahkan sekolah pun harus bergerak maju bersama untuk mencapai tujuan Pendidikan Indonesia yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003.

Logo twibbon berbentuk simbol hati dengan ilustrasi warna yang berwarna-warni. Hal ini tentu saja memiliki makna yang dalam dan tersembunyi daripadanya. Logo didesain untuk menggambarkan semangat belajar yang tetap menyala meski pandemi belum berakhir,

Elemen dalam simbol berbentuk hati berupa gambaran dari figur Pak Guru, Bu Guru dan Siswa/i. Jika diperhatikan dengan seksama, gambar dari Pak Guru, Bu Guru dan Siswa masing-masing menggunakan masker. Meski demikian, mereka tetap menjalankan proses belajar dengan penuh ceria sekalipun pembelajaran yang dilakukan masih terbatas pada pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Proses pembelajaran jarak jauh dilakukan dengan cara memanfaatkan teknologi yang ada. Pemanfaatan teknologi tersebut disimbolkan melalui simbol laptop, smartphone, wi-fi dan telekonferensi. Semua benda tersebut merupakan perangkat yang digunakan agar pembelajaran jarak jauh dapat terlaksana.

Adapun simbol berbentuk hati memiliki makna bahwa seluruh komponen dalam Pendidikan, baik para guru, siswa/i, pejabat yang berkepentingan bahkan perangkat yang digunakan dalam proses pembelajaran haruslah mampu saling bersinergi dan menciptakan semangat belajar yang merdeka dan penuh cinta. Hal ini semata-mata agar proses pembelajaran mampu memberikan hasil terbaik untuk dunia Pendidikan Indonesia.

Desain Twibbon Hari Guru Nasional

Kalian dapat menggunakan berbagai desain twibbon hari guru nasional melalui link dibawah ini, silahkan kalian pilih desain twibbon yang andai sukai. Cara menggunakan twibbon hari guru nasional adalah sebagai berikut.
Untuk menggunakan twibbon hari guru nasional cukup mudah untuk kalian terapkan langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Klik cling pada salah satu desain twibbon yang kalian pilih.
2. Setelah itu kalian dapat menekan tombol pilih untuk menentukan foto terbaik kalian yang akan di-upload dan dipasang pada twibbon hari guru nasional 2021.
3. Setelah foto kalian terpasang pada bingkai twibbon hari guru nasional 2021 langkah selanjutnya adalah mengunduh file twibbon hari guru 25 November.
4. Twibbon siap untuk di di upload di akun media sosial kalian.

Berikut ini kami berikan beberapa desain twibbon spesial hari guru yang bisa kalian pakai.

TWIBBON 1

Pasang: Twibbon Hari Guru Nasional

TWIBBON 2

Pasang : Twibbon Hari Guru Nasional 2

TWIBBON 3

Pasang : Desain Twibbon Hari Guru

TWIBBON 4

Pasang : Twibbon Hari Guru

TWIBBON 5

Pasang : Twibbon Hari Guru 25 November

TWIBBON 6

Pasang : Twibbon Hari Guru 2021

TWIBBON 7

Pasang : Twibbon Hari Guru Nasional 25 November

TWIBBON 8

Pasang: Twibbon Hari Guru Indonesia

TWIBBON 9

Pasang: Desain Twibbon Hari Guru

TWIBBON 10

Pasang: Twibbon MADSANEBA

TWIBBON 11

Pasang: Twibbon Guru Madsaneba

Demikianlah pembahasan seputar kelas kali ini mengenai desain twibbon edisi hari guru nasional 2021, semoga dengan telepon tersebut bakat untuk dapat kalian gunakan untuk memeriahkan hari guru nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.