Download Modul Ajar Kurikulum Merdeka SD, SMP, dan SMA

seputarkelas.com – download modul ajar kurikulum merdeka SD, SMP, dan SMA

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia pada tahun ini pemerintah telah menetapkan kurikulum baru sebagai perbaikan dari kolom sebelumnya yaitu kurikulum 13 kurikulum baru ini bernama kurikulum merdeka. Seluruh instansi pendidikan baik dari mulai SD sampai dengan SMA harus merombak tatanan pembelajaran yang sebelumnya sudah digunakan.

 

Artinya seorang pendidik harus benar-benar mempersiapkan diri di dalam menghadapi adanya kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka salah satu persiapan yang harus dipersiapkan oleh pendidik adalah modul ajar. Dengan adanya modul ajar kurikulum merdeka maka akan sangat membantu peserta didik di dalam belajar mandiri modul ajar juga sangat bermanfaat bagi guru sebagai pegangan ketika mengajar di kelas tanpa adanya modul maka guru hanya berangan-angan di dalam mengajar siswanya.

Pada kesempatan kali ini seputarkelas tidak hanya akan membagikan modul buku ajar kurikulum merdeka saja, namun pada artikel ini seputar kelas juga akan membahas mengenai definisi kurikulum merdeka definisi modul ajar serta komponen dalam buku ajar. Baiklah langsung saja bapak ibu Guru simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Kurikulum Merdeka

Pada tempo waktu kemarin menteri pendidikan kita bapak nadiem Makarim menyatakan bahwa kurikulum merdeka ialah suatu sistem pendidikan atau kurikulum yang lebih fleksibel di mana kurikulum ini memfokuskan materi yang esensial. Selain itu, dengan adanya kurikulum merdeka ini diharapkan mampu memberi keleluasaan bagi guru supaya bisa menggunakan modul ajar yang disesuaikan dengan kebutuhan juga karakter peserta didiknya.

Apa Itu Modul Ajar Kurikulum Merdeka

modul ajar dapat diartikan sebagai sekelompok alat atau media, metode, petunjuk, dan pedoman yang telah disusun secara menarik dan terstruktur. pada kurikulum merdeka ini modul ajar sendiri adalah pengembangan dari capaian pembelajaran profil pelajar Pancasila yang menjadi sasaran utamanya.

Komponen Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Di dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka, seorang guru tentu harus berpedoman pada komponen-komponen yang telah ditetapkan. Namun dari isi setiap komponen tersebut guru bisa memodifikasinya sesuai dengan situasi dan keadaan atau kondisi peserta didiknya, berikut ini beberapa komponen yang bisa disusun oleh guru.

Identitas Modul

Di dalam modul ajar identitas modul menjadi komponen yang pertama yang isi di dalamnya seperti nama penulis, nama sekolah, tahun penulisan, tingkatan kelas dan alokasi waktu belajar mengajarnya.

Kompetensi Awal

Dalam kurikulum merdeka juga memiliki kompetisi awal seperti halnya kurikulum pendahulunya yaitu kurikulum k13. kita tahu bahwa kompetensi adalah pengetahuan juga keterampilan yang harus dicapai oleh peserta didik. Namun begitu sebelum pembelajaran dilaksanakan oleh guru, seorang guru harus terlebih dahulu melakukan asesmen agar guru bisa mengetahui kemampuan peserta didiknya.

Profil Pelajar Pancasila

salah satu yang membedakan kurikulum merdeka dengan kurikulum k13 yaitu pada kurikulum ini menerapkan capaian pelajar Pancasila di mana kurikulum ini menerapkan profil capaian pembelajaran yang mengutamakan pembentukan karakter siswa melalui proses pembelajaran titik jadi nantinya di dalam modul ajar harus ada dan mengandung profil pelajar Pancasila

Sarana Dan Prasarana

sarana dan prasarana adalah komponen yang sangat penting pada kurikulum merdeka komponen ini meliputi alat dan juga materi yang digunakan sebagai penunjang proses belajar mengajar di dalam kurikulum merdeka sarana prasarana berupa teknologi sangat diutamakan di dalam proses pembelajaran di kelas semisal adanya proyektor untuk menayangkan video ataupun materi yang akan diberikan guru kepada siswanya.

Target Peserta Didik

Komponen yang tidak kalah penting adalah target pencapaian peserta didik komponen ini biasanya dilakukan untuk menghindari peserta didik yang mengalami kesulitan dan ketidakpahaman akan materi yang telah disampaikan oleh guru. Komponen ini biasanya dilakukan di akhir pelajaran di mana guru bisa mempunyai data peserta didik yang berhasil menangkap isi materi pelajaran.

Model Pembelajaran

Komponen yang terakhir adalah model pembelajaran komponen ini juga penting di dalam menyusun buku ajar kurikulum merdeka karena Guru harus bisa memilih mana model pembelajaran yang akan dipakai untuk siswanya tentu ini dilandaskan pada kondisi keadaan peserta didik. di mana nantinya modul tersebut akan sangat sesuai ketika diberikan kepada peserta didik.

Download Modul Ajar Kurikulum Merdeka

seperti yang telah disampaikan seputar kelas di atas pada artikel kali ini kita akan memberikan bapak ibu guru modul ajar kurikulum merdeka yang bisa nantinya bapak ibu guru berikan kepada siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Berikut ini adalah link download modul kurikulum merdeka belajar mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA

Download Modul SD Kurikulum Merdeka

Download Modul SMP Kurikulum Merdeka

Download Modul SMA Kurikulum Merdeka

Demikianlah pembahasan seputarkelas kali ini mengenai modul kurikulum merdeka untuk SD SMP dan SMA. semoga dengan modul-modul tersebut dapat membantu bapak ibu guru untuk mencapai indikator pembelajaran yang ditargetkan kepada siswa sehingga mampu membawa pendidikan Indonesia menjadi lebih baik dengan generasi penerus bangsa yang hebat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.