Perbedaan Dan Persamaan Kitab Dan Suhuf

seputarkelas.com – perbedaan dan persamaan kitab dan suhuf  pada pembahasan materi kali ini seputar kelas akan membahas mata pelajaran agama yakni pada pembahasan perbedaan dan persamaan kitab dan suhuf, simaklah artikel dibahawa ini agar pemaham kalian bertambah luas. Dalam ajaran agama Islam, dikenal para nabi dan rasul sebagai pembawa wahyu dari Allah SWT, Tuhan Pencipta Alam Semesta. Dalam sejarah para nabi disebutkan bahwa para nabi dan rasul tersebut memperoleh wahyu berupa perintah dan larangan dari-Nya kemudian semua itu disampaikan pada umat manusia. Semua perintah dan larangan tersebut tercatat secara tertulis dalam bentuk kitab dan suhuf.

Pengertian Kitab

Muhammad Asroruddin Al Jumhuri mendefinisikan kitab sebagai kumpulan firman Allah yang diwahyukan kepada para nabi dan Rasul-Nya. Wahyu Allah SWT tersebut kemudian dicatat dalam beberapa lembaran. Lembaran-lembaran tersebut ada yang terdiri dari kulit hewan, kertas bahkan tumbuhan ini kemudian disatukan dan disusun secara sistematis. Kumpulan lembaran-lembaran yang telah dibukukan ini kemudian dikenal sebagai kitab.

Maka secara sederhana dapat dikatakan bahwa kitab merupakan lembaran-lembaran wahyu Allah SWT yang telah dibukukan. Dalam ajaran agama Islam terdapat 4 kitab yang telah diturunkan oleh Allah SWT yakni Taurat, Zabur, Injil dan Al-Quran. Hal ini didasarkan pada QS Al Maidah ayat 48. Kitab Taurat diwahyukan kepada Nabi Musa Alaihi Salam, Zabur diwahyukan kepada Nabi Daud Alaihi Salam, Injil kepada Nabi Isa Alaihi Salam dan Al Quran diwahyukan kepada Nabi Muhammaad SAW.

Pengertian Suhuf

Suhuf merupakan wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada nabi dan rasul-Nya yang kemudian dikumpulkan dan dicatat dalam bentuk berbagai lembaran kertas, daun, kulit binatang atau lain sebagainya. Jika diumpamakan, suhuf sama seperti brosur kecil pada masa sekarang ini.

Kumpulan suhuf yang telah dikumpulkan dan disusun secara sistematis disebut sebagai kitab. Dalam ajaran agama Islam, suhuf sudah lebih dulu diturunkan oleh Allah SWT sebelum turunnya Al Quran. Hal ini berdasar pada QS Al A’la ayat 18-19.

Persamaan dan Perbedaan Kitab dan Suhuf

Kitab dan suhuf memiliki persamaan yakni kedua merupakan wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada para nabi dan rasul Allah. Di dalam kitab dan suhuf keduanya memuat hukum-hukum pokok ajaran Islam seperti larangan untuk saling membunuh, mencuri, berbohong, berzina dan berbagai larangan lainnya. Selain itu juga memuat kewajiban seorang muslim seperti berbuat baik terhadap sesama, berbakti kepada orang tua, bersedekah dan perbuatan baik lainnya.

Baik kitab maupun suhuf berisikan tentang ajaran tentang ke-Esa-an Allah SWT (tauhid), perintah untuk menyembah Allah SWT, kehidupan akhirat, surga dan neraka. Isi kitab dan suhuf pun bersifat tetap dan tidak berubah sepanjang zaman.

Adapun perbedaan kitab dan suhuf hanya terdapat pada pembukuannya saja. Dimana isi kitab lebih lengkap dibandingkan dengan suhuf. Selain itu kitab dalam bentuk dibukukan sedangkan suhuf tidak dibukukan. Suhuf masih dalam bentuk lembaran-lembaran yang terpisah. Kitab biasanya berlaku untuk jangka waktu lebih lama dibandingkan daripada suhuf.

Dalam hadits riwayat Ibnu Hibban, dari Abu Dzar ra dia bertanya kepada Rasul Muhammad SAW : “berapa jumlah kitab yang telah Allah turunkan?” Rasulullah menjawab :

Ada 104 kitab. Diturunkan kepada nabi Syits 50 suhuf, diturunkan kepada nabi Idris 30 suhuf, diturunkan kepada nabi Ibrahim 10 suhuf, diturunkan kepada nabi Musa sebelum Taurat sebanyak 10 suhuf. Allah juga menurunkan Taurat, Injil dan Al Quran. (HR Ibnu Hibban)

Al Quran, sebagai kitab suci umat Islam dibukukan pada masa Khalifah Utsman bin Affan ra. Hal ini dilakukan beliau karena banyaknya para penghafal Al Quran yang wafat di medan perang sehingga Beliau khawatir wahyu-wahyu Allah ini akan hilang dan tidak diketahui oleh generasi selanjunya. Utsman bin Affan ra kemudian memerintahkan 43 sahabat untuk menuliskan wahyu Allah. Diantara para sahabat tersebut yang paling terkenal adalah Zaid bin Tsabit.

Demikianlah pembahasan seputarkelas kali ini tentang perbedaan dan persamaan kitab dan suhuf, semoga materi agama islam tetang kitab dan suhuf diatas dapat menambah ilmu dan wawasan kalian tentang agama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.