RPP PKN KELAS 7, 8 Dan 9 SMP / MTs Terbaru

seputarkelas.com – RPP Bahasa Indonesia Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs 

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa dan budaya. Tercatat sekitar 1.340 suku bangsa dan 801 bahasa daerah yang ada di Indonesia. Keberagaman tersebut di satu sisi menjadi kekayaan kebudayaan Indonesia. Tapi pada sisi lain, keberagaman tersebut bisa menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya konflik antar daerah.

Mengatasi hal tersebut, ditambah dengan semangat Sumpah Pemuda maka Pemerintah Indonesia melakukan berbagai langkah guna menumbuhkan semangat kebersamaan dan rasa nasionalisme diantara sesame warga negara.

Dalam bidang Pendidikan, PKN atau kependekan dari Pendidikan Kewarganegaraan, menjadi salah satu tombak yang bertugas untuk memotong akar-akar ego kedaerahan sejak dini. PKN telah diajarkan sejak siswa menempuh jenjang Pendidikan dasar (SD) hingga jenjang perguruan tinggi. Adapun materi pengajaran PKN berbeda-beda pada setiap jenjangnya.

Bagi seorang guru disekolah tidak hanya dituntut untuk mengajar namun juga ada tugas lain yaitu mengumpulkan administrasi sekolah, seperti, RPP, Jurnal, dan laiinnya. Kali ini seputar kelas mencoba untuk membagikan link RPP PKN Kelas 7, 8, dan 9 SMP / MTs

RPP PKN

Dalam Kurikulum 2013 disebutkan bahwa dalam setiap proses pembelajaran, guru sebagai fasilitator diharuskan menyiapkan RPP terlebih dulu. RPP merupakan kependekan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP sendiri memuat tentang satu pokok bahasan yang akan dibahas dalam satu kali pertemuan. Selain memuat pembahasan materi, RPP sendiri memuat tentang teknis pembelajaran beserta metode pembelajaran.

RPP PKN Kelas 7, 8, dan 9 SMP / MTs merupakan rencana pembelajaran menyangkut materi-materi PKN yang dikembangkan secara rinci dari suatu pokok bahasan tertentu dan mengacu pada silabus yang berlaku. Di depan telah disebutkan bahwa pembelajaran PKN dimulai dari Pendidikan dasar hingga ke perguruan tinggi. Oleh karena itu, pembahasan PKN begitu luas.

Pembahasan PKN pada tingkat SD misalnya mengajarkan tentang menaati aturan, hidup rukun dalam perbedaan, tenggang rasa, sikap saling menghargai dan menghormati dalam berteman dengan teman yang berbeda agama/suku, toleransi dan tenggang rasa. Maka dari itu, RPP PKN Kelas 7, 8, dan 9 SMP / MTs yang diajarkan pada tingkat SD pun memuat teknik dan metode pembelajaran yang sekiranya membuat siswa mampu menguasai dan memahami tentang berbagai hal tersebut.

RPP PKN Kelas 7, 8, dan 9 SMP / MTs juga akan menujang seorang guru untuk mempersiapkan materi apa yang akan diberikan kepada siswa, yang nantinya akan membuat seorang guru lebih siap mengajar ketika berada dikelas.

RPP PKN Kelas 7, 8, dan 9 SMP / MTs

Pembelajaran PKN pada tingkat SMP tentu saja berbeda dengan tingkat SD. Pada tingkat SMP misalnya pembelajaran PKN tidak lagi mengajarkan tentang bagaimana cara hidup bertetangga atau berteman dengan teman yang berbeda agama/suku. Pembelajaran PKN pada tingkat SMP mengajarkan lebih dari itu.

Pada pembelajaran PKN Kelas 7, siswa mulai dikenalkan pada hak dan kewajiban siswa sebagai warga negara. Selain itu, siswa pun mulai dikenalkan pada esensi nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar negara. Dalam prosesnya, RPP PKN Kelas 7, 8, dan 9 SMP / MTs yang disusun pun harus disesuaikan dengan materi ini.

Pembahasan Pancasila sebagai dasar negara misalnya akan mengajak siswa untuk membedah proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara, tokoh-tokoh yang berperan di dalamnya dan bagimana mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pembahasan ini menuntut guru untuk menyusun RPP PKN Kelas 7, 8, dan 9 SMP / MTs sedemikian rupa untuk mengenalkan dan memberikan pemahaman kepada siswa.

Selain membahas Pancasila sebagai dasar negara, pembelajaran PKN Kelas 7, 8, dan 9 SMP / MTs pun membahas tentang keberagaman di Indonesia atau Bhineka Tunggal Ika. Tentunya pembahasan ini menuntut metode pembelajaran yang berbeda dibanding dengan pembahasan lainnya. Pada pembahasan ini misalnya, guru dapat “memanfaatkan” keberagaman siswa dalam kelas.

Jika ada siswa yang berasal dari daerah lain dalam kelas tersebut, siswa tersebut dapat diminta untuk menyampaikan sedikit tentang budaya dan bahasa daerah asalnya. Selanjutnya guru memberikan pengarahan dan pembahasan sesuai dengan materi pembelajaran. Hal-hal seperti ini haruslah terangkum dalam RPP PKN Kelas 7, 8, dan 9 SMP / MTs materi Bhineka Tunggal Ika agar pembelajaran menjadi lebih terarah, tertata, tertib dan dapat menyampaikan inti dari materi yang akan disampaikan.

Berikut ini adalah bentuk RPP PKN Kelas 7, 8, dan 9 SMP / MTs yang bisa bapak ibu guru pakai sebagai bentuk tugas seorang guru didalam mengajar dan mengumpulan administrasi pembelajaran. Bapak ibu guru bisa mendownload RPP PKN Kelas 7, 8, dan 9 SMP / MTs berikut dengan mengklik link dibawah ini, semoga RPP Seni Budaya bermanfaat untuk bapak ibu guru. Jikalau didalamnya ada materi, KD, KI, yang tidak bapak atau ibu gunakan dikelas, alangkah baiknya bapak ibu guru edit kembali RPP tersebut.

RPP Seni Budaya yang kami sajikan berikut adalah RPP PKN Kelas 7, 8, dan 9 SMP / MTs dikutip dari website resmi https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/ Silahkan bapak atau ibu guru pilih RPP Seni Budaya yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan bapak atau ibu Guru.

LINK RPP :

RPP PKN KELAS 7 SMP / MTS :

RPP 1 KELAS 7 PKN

RPP 2 KELAS 7 PKN

RPP 3 KELAS 7 PKN

RPP 4 KELAS 7 PKN

RPP 5 KELAS 7 PKN

 

RPP KELAS 8 SMP / MTS :

RPP 1 KELAS 8 PKN

RPP 2 KELAS 8 PKN

RPP 3 KELAS 8 PKN

RPP 4 KELAS 8 PKN

RPP 5 KELAS 8 PKN

 

RPP KELAS 9 SMP / MTS :

RPP 1 KELAS 9 PKN

RPP 2 KELAS 9 PKN

RPP 3 KELAS 9 PKN

RPP 4 KELAS 9 PKN

RPP 5 KELAS 9 PKN

Demikianlah pembahasan seputarkelas tentang RPP PKN Kelas 7, 8, dan 9 SMP / MTs , semoga bermanfaat untuk Bapak dan Ibu guru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.