Stilasi Dan Deformasi Beserta Contohnya

seputarkelas.com – stilasi dan deformasi beserta contohnya di dalam seni rupa ada berbagai macam  teknik untuk seseorang menggambar,  salah satunya adalah menggambar ragam hias yang biasanya difungsikan sebagai suatu ornamen atau hiasan untuk memperindah suatu objek,  objek yang digunakan di dalam ragam hias berbagai macam ada flora fauna maupun alam benda namun objek-objek tersebut tidak langsung digambar persis dengan artinya melainkan ada teknik khusus yang digunakan agar gambar tersebut terlihat berbeda dan lebih menarik ketika difungsikan sebagai ragam hias.  teknik tersebut adalah teknik stilasi dan deformasi.  berikut seputar kelas jabarkan arti dari stilasi dan deformasi si beserta contoh karyanya.

Stilasi

Pernahkah kalian mendengar kata stilasi ? tentu mungkin sebagian dari kalian masih merasa asing dengan kata stilasi.   stilasi adalah teknik mengubah suatu objek bentuk  aslinya  ke dalam suatu bentuk-bentuk baru yang sifatnya dekoratif atau digayakan sendiri oleh eh senimannya.  model atau bentuk motif stilasi dapat dibentuk berbagai macam hiasan seperti geometris ataupun bentuk-bentuk naturalis.  ada berbagai macam objek yang bisa kita buat si reaksinya seperti objek flora fauna alam benda manusia dan bentuk-bentuk alam lainnya.  stilasi sendiri erat kaitannya dengan ragam hias karena di dalam ragam hias seseorang menggunakan teknik stilasi dalam membuat bentuk motif yang diinginkannya.

Ada juga yang mengartikan bahwa stilasi adalah pengayaan Suatu bentuk atau penggambaran dari bentuk aslinya menjadi suatu bentuk ornamen atau hiasan yang dilakukan melalui cara pengurangan atau penyederhanaan suatu objek,  Sedangkan untuk gambarnya sendiri disebut gambar stilasi karena diartikan sebagai bangun hias yang penggambarannya akan disusun pada bidang hias.

Stilasi juga dapat diartikan sebagai langkah seseorang dalam  menggayakan suatu bentuk dengan tujuan untuk memperindah namun dengan tetap mendengarkan pada karakter objek aslinya agar tidak hilang.  di dalam seni lukis sendiri distilasi juga bisa disebut sebagai suatu Gambaran atau lukisan dengan improvisasi suatu objek aslinya tanpa menghilangkan identitas objek tersebut.

di dalam stilasi seseorang hanya mengubah bentuk ruang di dalam suatu objek tanpa mengubah bentuk dasar aslinya.  jadi semisal seseorang menggambar stilasi bunga matahari yang kemudian dibuat atau dihias dengan motif yang beraneka ragam sesuai dengan imajinasinya maka hasil jadinya nanti meskipun bunga tersebut mengalami sebuah proses titrasi namun tidak akan mengubah karakter bunga tersebut yakni bunga matahari.

Stilasi sendiri dipelajari dan dilarang oleh siswa pada kelas 7,  yakni ketika mereka menempuh mata pelajaran seni budaya pada materi ragam hias.  teknik stilasi berfungsi agar nantinya Siswa lebih mudah untuk menggunakan atau membuat motif hias sesuai dengan imajinasinya. Contoh stilasi bisa kalian lihat pada bagian akhir artikel dibawah.

Baca Juga : Perbedaan Stilasi, Deformasi Dan Distorsi Lengkap

Deformasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia arti deformasi adalah suatu perubahan bentuk atau wujud dari yang baik menjadi kurang baik . Deformasi diartikan juga sebagai cara seseorang di dalam menggambar yang mengubah suatu bentuk asli objek dengan menyederhanakan struktur maupun proporsi menjadi sesuatu yang baru dan lebih sederhana namun tetap tidak mengubah karakter dari bentuk aslinya. Biasanya teknik deformasi digunakan seorang seniman untuk membuat suatu karya semisal ataupun branding dengan konsep yang sederhana.  teknik deformasi juga bisa digunakan atau diterapkan ketika kita ingin membuat suatu motif ragam hias semisal batik.

Deformasi juga dapat diartikan ialah teknik menggambar dengan mengubah atau memisahkan bagian-bagian dari bentuk aslinya sehingga membentuk suatu bidang bidang pemetaan namun gambar deformasi tetap tidak meninggalkan karakter sehingga terlihat masih memiliki kesatuan dan keselarasan dari bentuk aslinya.

Baca Juga : Materi Ragam Hias, Fungsi, Macam, Pola dan Teknik Membuatnya

Contoh Karya Stilasi dan Deformasi

Berikut adalah beberapa contoh dari karya stilasi dan deformasi yang bisa kalian jadikan referensi dalam menggambar,  namun perlu kalian ketahui bahwa gambar atau deformasi yang seputar kelas Tampilkan di bawah ini bukan untuk sepenuhnya dicontoh Namun sebagai bahan referensi atau menambah daya imajinasi kalian Nantinya di dalam berkarya.

Berikut beberapa contoh  karya stilasi dan deformasi

gambar stilasiStilasi Daun

Stilasi Daun

 

stilasi daun dan kupu-kupu

 

stilasi ikan

stilasi daun

stilasi daun

 

stilasi daun

 

Demikianlah pembahasan  seputarkelas kali ini tentang contoh karya stilasi dan deformasi berikut dengan penjelasannya,  semoga penjelasan di atas dapat menambah Wawasan kalian tentang seni rupa ragam hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.