Aplikasi Surat Keputusan Pembagian Tugas Mengajar Guru Dan SK GTT

seputarkelas.com – aplikasi surat keputusan pembagian tugas mengajar guru dan sk gtt

Perkembangan teknologi telah memudahkan manusia dalam melakukan berbagai kegiatan. Tidak terbatas pada kegiatan sehari-hari seperti memesan makanan atau mencari tau resep suatu masakan, Lebih dari itu, perkembangan teknologi telah memudahkan para professional dalam mengerjakan pekerjaannya.

Melalui pemanfaatan teknologi, pekerjaan akan dapat menjadi lebih mudah dan objektif. Karena ditentukan oleh teknologi, maka semua penilaian subjektif dapat diminimalkan sehingga keadilan kerja dapat tercipta. Begitu juga dengan aplikasi terbaru dalam dunia Pendidikan dimana aplikasi tersebut mengatur pembagian tugas mengajar guru dan guru tidak tetap oleh kepala sekolah/madrasah.

Sebelum kita membahas tentang aplikasi untuk pembagian tugas mengajar guru dan guru tidak tetap, baiknya kita mengenal lebih dulu apa itu pembagian tugas mengajar.

Apa itu Surat Keputusan Pembagian Tugas Mengajar

SK Pembagian tugas mengajar merupakan  dokumen yang dibuat dan dikeluarkan oleh sekolah pada awal tahun ajaran. Dokumen ini bersifat wajib dilimiliki oleh sekolah. SK Pembagian tugas ini merupakan bukti keaktifan guru dan tenaga kependidikan di sekolah yang bersangkutan.

Dokumen ini berisikan beban mengajar dari tiap guru yang ada di sekolah. Selain beban mengajar, dokumen juga berisikan tugas tambahan guru seperti pembinaan kegiatan ekstrakulikuler, pembimbingan  pembiasaan dan berbagai tugas administrasi lainnya.

Masa berlaku dokumen ini pun berbeda-beda, tergantung dari kebijakan masing-masing sekolah. Ada yang berlaku selama satu semester, ada juga yang berlaku selama satu tahun ajaran. Selain disimpan untuk arsip sekolah, dokumen ini pun diberikan pada masing-masing guru sebagai dokumen pengembangan diri, pengajuan kenaikan tunjangan dan berbagai keperluan lainnya,

Aplikasi Pembuatan Surat Keputusan Pembagian Tugas Mengajar

Untuk memudahkan penyusunan pembagian tugas mengajar, terciptalah sebuah aplikasi untuk memudahkan pekerjaan ini. Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh Eka Herry Susanto. Beliau merupakan seorang Sarjana bidang Teknik Informatika. Aplikasi ini beliau ciptakan untuk memudahkan kepada sekolah/madrasah dalam menerbitkan Surat Keputusan pembagian mengajar.

Penggunaan aplikasi ini pun tergolong mudah karena kepala sekolah/madrasah yang ingin mengeluarkan Surat Keputusan pembagian tugas mengajar hanya perlu menginput data-data yang diperlukan saja. Selanjutnya aplikasi secara otomatis akan menerbitkan Surat Keputusan yang dimaksud.

Aplikasi ini bersifat two in one karena menyediakan beragam fitur. Beragam fitur tersebut adalah:

  • Aplikasi Surat Keputusan Guru Tidak Tetap

Aplikasi ini dibuat khusus bagi para kepala sekolah/madrasah yang ingin menerbitkan SK pada para guru tidak tetap. Apalagi jika pembuatan SK tersebut dibuat secara rutin pada setiap tahun ajaran, maka penggunaan aplikasi ini akan sangat membantu.

Hal ini dikarenakan untuk menerbitkan SK tersebut, kepala sekolah/madrasah hanya perlu mengisi identitas guru tidak tetap yang bersangkutan, tahun pengangkatan dan tahun mulai ditugaskan sebagai guru tidak tetap pada sekolah/madrasah tersebut. Perihal waktu pengangkatan guru tidak tetap baru, harus disesuaikan dengan peraturan perundangan yang berlaku.

  • Aplikasi Pembagian Tugas Mengajar Guru

Pembuatan aplikasi ini diperuntukkan bagi para kepala sekolah/madrasah yang hendak membagi tugas mengajar para guru dan tenaga pendidik yang bertugas di sekolahnya. Setelah menginput data yang diperlukan, aplikasi secara otomatis akan menyusun SK para guru tersebut secara sistematis sehingga pekerjaan pun menjadi lebih efektif dan efisien.

Fitur Penting Aplikasi

Adapun fitur-fitur penting dari aplikasi diantaranya :

  • Menu utama. Pada menu utama ini berisikan data sekolah dan kepala sekolah/madrasah
  • Menu data guru. Menu ini berisikan identitas guru, NIP, golongan/pangkat, masa kerja dan berbagai informasi administrasi lainnya
  • SK Pembagian Tugas Mengajar. Bagian ini memuat format digital terkait Pembagian tugas mengajar duru dan guru tidak tetap
  • Lampiran 1. Lampiran ini berisikan format lampiran tugas guru dalam proses belajar mengajar
  • Lampiran 2. Bagian ini berisikan lampiran tugas guru dalam kegiatan ekstrakulikuler
  • Surat Tugas 1. Merupakan bagian surat tugas guru sebagai wali kelas
  • Surat Tugas 2. Berisikan tugas tambahan guru
  • Surat Tugas 3. Berisikan surat tugas sebagai guru piket
  • Surat Tugas 4. Berisikan surat tugas guru sebagai guru Pembina prestasi.
  • Ganti Logo. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengganti logo dan kop surat sesuai dengan logo dan kop surat dari sekolah/madrasah yang bersangkutan
  • Fitur ini berfungsi untuk menyimpan dokumen secara digital

Demikianlah pembahasan seputarkelas terkait aplikasi surat keputusan pembagian tugas mengajar guru dan sk gtt, semoga bermanfaat bagi bapak ibu guru sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.