Materi IPA Kelas 5 Semeter 2 Sub Tema 6 Perpindahan Kalor dan Panas

seputarkelas.com – materi ipa kelas 5 semeter 2 sub tema 6 perpindahan kalor dan panas Memasuki materi semester 2 para siswa kelas 5 SD akan mempelajari beberapa materi yaitu tentang perpindahan kalor materi perpindahan kalor ini merupakan materi tema 6 pembahasan materi yang akan kita bahas pada kali ini yaitu:

  • pertama kita akan membahas tentang khas atau kalor Kemudian yang
  • kedua kita akan membahas tentang suhu
  • ketiga kita akan membahas tentang pengaruh panas terhadap benda
  • keempat kita membahas tentang perpindahan panas
  • kelima kita akan membahas tentang konduktor dan isolator panas

Materi panas atau kalor

Materi IPA Kelas 5 Semeter 2 Sub Tema 6. Pasti kalian semua pernah berjalan dibawah teriknya sinar matahari kan kira-kira apa yang kalian rasakan saat berjalan dibawah teriknya sinar matahari tersebut tentunya tubuh kalian merasa panas bukan panas yang kalian rasakan itu berasal dari matahari panas disebut juga kalor, tahukah kalian apa saja sumber kalor atau sumber panas yang ada di sekitarmu ? sumber panas adalah segala sesuatu yang dapat menghasilkan panas atau kalor Adapun sumber panas yang ada di lingkungan sekitar kita yang pertama itu ada matahari, Kemudian yang kedua ada api unggun yang ketiga ada kompor menyala, yang keempat ada panas bumi dan yang kelima ada korek api menyala dan masih banyak sumber panas yang lainnya.

manfaat panas atau kalor memiliki banyak manfaat bagi manusia, manusia tidak dapat bertahan hidup tanpa adanya panas. Adapun manfaat panas antara lain sebagai berikut:

pertama yaitu panas matahari mempertahankan suhu atmosfer sehingga kondisi bumi sesuai untuk kehidupan makhluk hidup.

kedua yaitu panas matahari dimanfaatkan untuk menguapkan air laut dalam pembuatan garam.

ketiga yaitu panas matahari memungkinkan terjadinya siklus air dan perubahan musim dan Manfaat selanjutnya yaitu panas matahari dimanfaatkan untuk mengeringkan pakaian serta bermacam-macam bahan makanan misalnya gabah padi ikan serta kerupuk.

Materi Suhu

Materi IPA Kelas 5 Semeter 2 Sub Tema 6 . Suhu merupakan Ukuran derajat panas atau dinginnya benda, tinggi rendahnya suhu secara tepat diukur menggunakan thermometer. termometer yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah termometer klinis atau termometer suhu badan dan termometer ruang suhu dapat dinyatakan dalam 3s atuan yaitu yang pertama dalam satuan deraja Celcius, Fahrenheit dan Kelvin. satuan yang umum yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius.

Materi Pengaruh Panas Terhadap Benda

Materi IPA Kelas 5 Semeter 2 Sub Tema 6 . Panas atau kalor dapat mempengaruhi suatu benda suatu benda dapat mengalami perubahan Jika diberi panas atau kehilangan panas. ada dua istilah yang ada di dalam pengaruh panas terhadap benda yaitu yang pertama ada yang disebut dengan pemuaian. pemuaian ini adalah bertambahnya ukuran atau volume suatu benda karena menerima panas. yang kedua ada yang disebut dengan penyusutan, penyusutan adalah berkurangnya ukuran atau volume suatu benda karena melepas panas.

Contoh dari peristiwa pemuaian atau penyusutan bisa perhatikan dari kabel listrik kabel Listrik terbuat dari logam ketika udara panas maka kabel akan memuai sehingga menjadi lebih panjang dan ketika udara dingin maka kabel akan menyusut sehingga menjadi lebih pendek, Itulah sebabnya kabel listrik dipasang agak kendor sehingga pada malam hari atau ketika udara dingin kabel listrik tidak putus karena menyusut, kalian bisa perhatikan di sepanjang jalan terdapat kabel listrik ketika pada siang hari dia mengendor dan ketika malam hari dia menyusut atau lebih pendek pada siang hari kabel tersebut memuai sedangkan pada malam hari kabel tersebut menyusut.

Contoh lainnya yaitu pada rel kereta api jika pada siang hari dan suhu meningkat maka batang rel akan memuai sehingga terjadi pertambahan panjang dengan adanya celah tidak terjadi tabrakan antara dua batang Rel yang berdekatan yang dapat menyebabkan rel kereta menjadi bengkok, sedangkan pada malam hari yaitu suhu mulai berkurang maka rel kereta api menjadi menyusut, itulah yang terjadi apabila benda mendapatkan panas ataupun melepaskan panas.

Perpindahan Panas

Materi IPA Kelas 5 Semeter 2 Sub Tema 6 . Jika kalian berada di dekat api maka lama-kelamaan tubuh kalian akan terasa panas peristiwa ini menunjukkan bahwa panas atau kalor dapat berpindah. panas berpindah karena adanya perbedaan suhu antara dua benda atau lebih, perlu kalian ketahui bahwa Panas dapat berpindah dengan tiga cara yaitu yang pertama dengan cara konduksi atau hantaran, kedua dengan cara konveksi atau aliran dan yang ketiga dengan cara radiasi atau pancaran. apakah perbedaannya Yang pertama konduksi adalah perpindahan panas yang tidak diikuti oleh zat perantaranya, sedangkan Konveksi adalah perpindahan panas yang diikuti oleh zat perantaranya, sedangkan radiasi adalah perpindahan panas tanpa adanya zat perantara.

Contoh Peristiwa Konduksi

Materi IPA Kelas 5 Semeter 2 Sub Tema 6 . Pertama ujung batang logam akan terasa panas jika ujungnya yang lain dipanaskan, artinya ketika kalian memanaskan batang logam maka yang menjadi perantaranya adalah zat logam ini panas yang berasal dari api ini Akan berpindah ke tangan kalian melalui zat perantaranya yaitu batang logam. dan batang logam ini tidak ikut berpindah yang berpindah adalah panas api ke tangan sehingga peristiwa konduksi itu disebut dengan perpindahan panas yang tidak diikuti oleh zat perantaranya. contoh lainnya yaitu yang kedua knalpot akan panas ketika mesin motor dinyalakan dan contoh ketiga yaitu mentega akan meleleh ketika diletakkan di wajan yang panas.

Contoh Peristiwa Konveksi

Adapun contoh dari peristiwa konveksi yaitu ketika memanaskan air di atas kompor yang menyala kalian semua tahu ketika kita memanaskan air maka bagian air yang berada di bawah bejana kaca ini akan panas terlebih dahulu, kemudian bagian yang menerima panas ini lalu bergerak ke atas yaitu ke bagian yang lebih dingin, Sehingga nantinya akan menimbulkan gelembung-gelembung gas udara,  perpindahan panas itu terlihat dengan naiknya gelembung-gelembung gas tersebut jadi perpindahan panas pada air diikuti oleh perpindahan bagian-bagian air yaitu zat-zat gelembung udaranya, sehingga dapat disimpulkan bahwa Konveksi adalah perpindahan panas yang disertai dengan perpindahan zat perantaranya. contoh yang kedua yaitu terjadinya angin laut pada siang hari dan Terjadinya angin darat pada malam hari dan contoh yang ketiga yaitu asap pabrik yang naik melalui cerobong asap.

Contoh Peristiwa Radiasi

Contoh yang pertama yaitu panas api unggun dapat dirasakan oleh tubuh, perlu kalian ketahui bahwa panas yang berasal dari api unggun ini langsung kerasa ke tubuh kita tanpa adanya saat perantara jadi peristiwa radiasi itu adalah perpindahan panas tanpa zat perantara karena langsung panas dari api ini dapat kita rasakan oleh tubuh kita. kemudian contoh yang kedua yaitu pakaian basah yang dijemur dibawah terik matahari lama-lama akan mengering karena langsung mendapatkan sinar dari matahari tanpa melalui zat perantara. contoh yang ketiga yaitu telur ayam dapat menetas jika dipanaskan dengan lampu karena telur tersebut langsung mendapatkan sinar dari lampu tanpa melalui zat perantara.

Materi Konduktor Dan Isolator Panas

Materi IPA Kelas 5 Semeter 2 Sub Tema 6. Berdasarkan kemampuannya untuk menghantarkan panas benda dapat dikelompokkan menjadi dua macam yang pertama yaitu benda konduktor panas dan benda isolator panas benda.

Konduktor panas adalah Benda yang mudah menghantarkan panas, contohnya itu ada wajan panci ceret dan lain sebagainya benda-benda tersebut mudah menghantarkan panas contohnya ketika kalian memanaskan air menggunakan ceret,  jadi air yang awalnya dingin akan menjadi panas setelah dipanaskan karena ceret tersebut mudah menghantarkan panas.

Sedangkan isolator panas adalah benda yang sulit menghantarkan panas contohnya itu plastik, kertas, kain dan lain sebagainya. ketiga benda ini merupakan benda yang sulit menghantarkan panas.

Demikian Materi perubahan kalor atau panas yang dapat seputarkelas berikan pada kesempatan kali ini, Semoga apa yang butuh dijelaskan dapat dengan mudah kalian pahami dan juga semoga bermanfaat untuk selalu mendapatkan info terbaru seputar materi pelajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.