Rangkuman Materi IPA Kelas 9 Semester 2 Lengkap

Seputarkelas.com – rangkuman materi ipa kelas 9 semester 2 lengkap Pada mata pelajaran IPA kelas 9 Semeter 2 kalian akan diajarkan beberapa materi diantaranya, bab 6 kemagnetan dan pemanfaatannya bab 7 bioteknologi bab 8 Partikel penyusun benda dan makhluk hidup bab 9 tanah dan keberlangsungan kehidupan bab 10 teknologi ramah lingkungan.

Bab 6 Kemagnetan Dan Pemanfaatannya

Pada Bab 6 kalian akan diajarkan materi ipa kelas 9 semeter 2 tentang kemagnetan, Magnet adalah benda yang memiliki kemampuan dapat menarik benda lain, magnet memiliki dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan, kutub-kutub yang senama bila didekatkan akan saling tolak-menolak, sedangkan kutub-kutub yang berbeda nama bila didekatkan akan saling tarik-menarik. Lobster Duri, bakteri, merpati, Elang, salmon dan penyu laut memanfaatkan prinsip medan magnet bumi untuk navigasi menghindari Predator dan mencari mangsa.

Gaya magnet ditimbulkan oleh gerakan muatan listrik seperti elektron dan Proton, berdasarkan kekuatan magnet untuk menarik benda Bahan magnet dibagi menjadi tiga yaitu, feromagnetik diamagnetik dan paramagnetik magnet dapat dibuat dengan cara menggosok induksi dan induksi elektromagnetik. sifat kemagnetan bahan dapat dihilangkan dengan cara memukul-mukul memanaskan dan meneliti magnet dengan arus searah atau AC. pada prinsipnya sifat kemagnetan dapat dihilangkan dengan cara mengajak arah magnet elementer. bumi adalah magnet raksasa sama seperti magnet lainnya bumi memiliki kutub utara dan selatan kutub utara magnet bumi berada di Kutub Selatan Bumi dan kutub selatan magnet bumi berada di Kutub Utara bumi.

Interaksi kawat berarus dalam sebuah medan magnet akan menghasilkan gaya yang disebut sebagai gaya Lorentz. besarnya gaya Lorentz tersebut dipengaruhi oleh besarnya kuat medan magnet, arus listrik dan panjang kawat. contoh penerapan gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari adalah motor listrik, bel listrik, relay dan telepon kawat. induksi elektromagnetik membahas tentang konsep arus listrik yang dapat menghasilkan medan magnet atau medan magnet yang mampu menghasilkan listrik.

Contoh penerapan induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari adalah generator, dinamo AC DC dan transformator. Transformator adalah alat yang digunakan untuk merubah besar tegangan listrik berdasarkan penggunaannya transformator dibagi menjadi dua jenis yaitu Transformator step-down dan transformator step-up transformator. step-down berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik sedangkan transformator step-up berfungsi untuk menaikkan tegangan listrik. prinsip elektromagnetik diterapkan dalam teknologi sebagai pendeteksi penyakit dalam tubuh manusia tanpa melalui prosedur pembedahan atau MRI, kereta maglev dan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir.

Baca Juga: Rangkuman Materi IPA Kelas 7 Semester 2

Bab 7 Bioteknologi

Pada Bab 7 akan diajarkan rangkuman materi ipa kelas 9 semeter 2 tentang bioteknologi, kata bioteknologi berasal dari kata bio dan teknologi, bioteknologi merupakan pemanfaatan makhluk hidup untuk membantu pekerjaan atau menghasilkan suatu produk yang bermanfaat bagi manusia. bioteknologi dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern. bioteknologi konvensional adalah bioteknologi yang menggunakan mikroorganisme sebagai alat untuk menghasilkan produk dan jasa misalnya jamur dan bakteri yang menghasilkan enzim-enzim tertentu untuk melakukan metabolisme tubuh sehingga diperoleh produk yang diinginkan. bioteknologi modern dalam produksi pangan dilakukan dengan menerapkan teknik rekayasa genetic. rekayasa genetik adalah kegiatan manipulasi Gen untuk mendapatkan produk baru dengan cara memanipulasi materi genetik baik dengan cara menambah atau menghilangkan gen tertentu, contoh Produk bioteknologi konvensional adalah tapi tempe, yogurt, natadekoko, keju dan kecap. contoh Produk bioteknologi modern adalah orgnisme transgenic. Produk bioteknologi memberikan banyak manfaat bagi manusia makanan dan minuman yang dibuat melalui proses fermentasi ternyata menghasilkan bahan makanan yang lebih mudah dicerna oleh tubuh melalui rekayasa genetika mampu diciptakan bibit unggul yang akan memberikan produk bermutu tinggi, misalnya tahan terhadap hama, mengendalikan serangga rusak tanaman dan lain sebagainya.

Selain membawa manfaat ternyata bioteknologi dapat merugikan manusia misalnya satu Produk bioteknologi hasil rekayasa genetika dapat menyingkirkan plasma nutfah yaitu jenis makhluk hidup yang masih memiliki sifat asli, kedua produk makanan beralkohol menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan bila dikonsumsi.

Baca Juga : Rangkuman Materi IPA Kelas 8 Semester 2 Lengkap

Bab 8 Partikel Penyusun Benda Dan Makhluk Hidup

Pada Bab 8 akan diajarkan rangkuman materi ipa kelas 9 semeter 2 tentang partikel penytusun benda dan makhluk hidup, Setiap benda dan makhluk hidup tersusun oleh molekul-molekul, molekul ini tersusun atas partikel yang lebih kecil yaitu atom, atom tersusun atas partikel sub atom yaitu Proton yang memiliki muatan positif elektron yang memiliki muatan negatif dan neutron yang tidak bermuatan. selain disusun oleh molekul yang berbeda sifat-sifat suatu materi atau benda yang berbeda juga dapat disebabkan oleh perbedaan susunan molekul-molekul dalam dari itu. ada beberapa teori perkembangan atom yaitu teori Dalton Thomson Rutherford teori board dan teori atom modern. partikel sub-atom misalnya elektron banyak digunakan dalam berbagai bidang, misalnya dalam mikroskop elektron dan sinar x.  setiap atom memiliki nomor atom dan nomor massa nomor atom menunjukkan jumlah proton sedangkan nomor massa menunjukkan penjumlahan proton dan neutron. molekul atom yang menerima atau melepaskan elektron menjadi bermuatan dan membentuk ion proses pembentukan ion disebut ionisasi. ion yang bermuatan positif disebut kation sedangkan ion yang bermuatan negatif secara umum disebut anion. gaya tarik-menarik antara Kation dan anion dalam senyawa tersebut disebut ikatan ionic. pembentukan ikatan kimia Melalui penggunaan bersama elektron antar dua atom disebut dengan ikatan kovalen, susunan elektron dalam suatu atom disebut dengan konfigurasi electron, tingkat energi dalam suatu atom berturut-turut adalah a atau n satu yang dapat ditempati oleh Dua elektron L untuk n = 2 yang dapat ditempati oleh 8 elektron, m untuk n = 3 yang dapat ditempati oleh 18 elektron dan seterusnya.

Uji nyala dapat digunakan untuk mengetahui kandungan beberapa unsur dalam suatu senyawa secara sederhana. intan dan grafit tersusun dari atom yang sama yaitu atom karbon namun membentuk struktur dan jenis ikatan yang berbeda sehingga dapat dihasilkan karakteristik yang berbeda pada intan masing-masing atom karbon mengikat empat atom karbon lainnya dengan ikatan kovalen membentuk struktur tetrahedral.

Ada beberapa jenis plastik didasarkan pada bahan penyusunnya yaitu plastik.ppt hdpe, pvc, plastik ldpe ,PP, PS dan jenis lainnya. masing-masing jenis plastik memiliki karakteristik yang berbeda sehingga pemanfaatannya juga perlu memperhatikan karakteristik dari jenis plastik tersebut ada banyak jenis logam yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya baja, stainless steel galvalume, perunggu dan Kuningan. waktu logam dapat dipadukan dengan logam yang lain sehingga dapat peroleh sifat yang baru.

Tulang tersusun atas bagian yang hidup yaitu sel-sel tulang dan bagian tak hidup zat organik penyusun tulang antara lain yaitu kolagen, protein polisakarida dan klikoh amino, lichen. zat anorganik penyusun tulang yaitu senyawa, hidroks,i apatit

Bab 9 Tanah Dan Keberlangsungan Kehidupan

Pada Bab 9 akan diajarkan rangkuman materi ipa kelas 9 semeter 2 tentang tanah, Tanah berperan penting bagi tumbuhan dan hewan, tanah menyediakan nutrisi bagi tumbuhan tanah merupakan habitat beberapa organisme seperti cacing, serangga, jamur, Alga dan mikroorganisme. tanah juga merupakan penunjang kesehatan dan penyedia keperluan manusia tetap penyedia air di bumi.

Organisme tanah berperan sebagai pengurai bahan-bahan organik mengatur kegemburan tekstur tanah dan kesuburan tanah. tekstur tanah merupakan besar kecilnya ukuran partikel yang menyusun tanah, tekstur tanah juga merupakan ukuran proporsi relatif berbagai ukuran partikel yang menyusun suatu tanah. tanah memiliki ukuran partikel yang berbeda-beda, Oleh karena itu kita menggolongkan tanah menjadi beberapa jenis tanah, seperti tanah lempung, tanah liat, pasir ataupun tanah campuran dari ketiganya. tanah adalah bagian permukaan bumi yang merupakan tempat tumbuhnya berbagai jenis tumbuhan serta tempat hidupnya berbagai jenis hewan dan mikroorganisme tanah terbentuk dari pelapukan batuan secara biologis, fisika dan kimiawi komponen tanah berupa batuan, udara, air, humus, mineral dan komponen organic.

Tanah tersusun atas lapisan-lapisan tanah yaitu Horizon a-yong paling atas yang paling banyak terdapat banyak zat organik Horizon B dan horizon T. tanah dapat kehilangan kandungan mineral dan nutrisi akibat beberapa kejadian alam seperti hujan dan banjir upaya untuk menjaga agar tanah tidak kehilangan nutrisinya diantaranya adalah dengan reboisasi dan terasiring

Bab 10 Teknologi Ramah Lingkungan

Pada Bab 10 berikut kami paparkan ringkasan materi ipa kelas 9 semeter 2 tentang teknologi ramah lingkungan. Berdasarkan dampaknya terhadap lingkungan teknologi dapat dibagi menjadi dua yaitu teknologi tidak ramah lingkungan dan teknologi ramah lingkungan. teknologi ramah lingkungan merupakan bentuk aplikasi teknologi dengan tujuan memberi kemudahan bagi aktivitas dan pemenuhan kebutuhan manusia dengan memperhatikan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan. beberapa Prinsip teknologi ini diantaranya adalah tidak menghasilkan limbah yang berbahaya serta menggunakan energi yang berasal dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Teknologi ramah lingkungan dapat diaplikasikan pada beberapa bidang kehidupan diantaranya adalah bidang energy,i bidang lingkungan, bidang industry, bidang rumah tangga dan lain sebagainya contoh teknologi ramah lingkungan dalam bidang energi antara lain teknologi bio file, biogas, sel surya, pembangkit listrik tenaga air, tenaga pasang surut air laut, tenaga angin, geothermal, Pril sel dan hidrogen power. contoh teknologi ramah lingkungan bidang lingkungan adalah biopori, fitoremediasi, teknologi toilet, pengompos dan teknologi pemurnian air. contoh teknologi ramah lingkungan dalam bidang transportasi misalnya kendaraan hydrogen, bus surya mobil listrik. contoh teknologi ramah lingkungan di bidang industri adalah biopulping teknologi tidak ramah lingkungan ada umumnya menggunakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi atau batubara, Selain itu teknologi tidak ramah lingkungan juga kurang memperhatikan kelestarian lingkungan.

Demikianlah rangkuman materi ipa kelas 9 semester 2 semoga dapat menambah pengetahuan kalian seputar IPA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.