Perbedaan Pukulan Lob, Choop, Dan Smash

seputarkelas.com – perbedaan pukulan lob, choop, dan smash  Kejuaraan Indonesia Open baru saja berakhir. Kejuaraan yang diselenggarakan di Bali ini telah menobatkan Kevin/Marcus sebagai juara di kelas ganda putra. Sedangkan pasangan Greysia Polli/Apriyani Rahayu yang pada Olimpiade Tokyo lalu berhasil meraih medial emas harus takluk di tangan pasangan Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida.

Permainan bulu tangkis merupakan permainan yang populer di Indonesia. Permainan ini dapat dimainkan baik di dalam maupun di luar ruangan. Ditambah lagi dengan berbagai prestasi yang berhasil diraih oleh para atlit bulu tangkis Indonesia, membuat permainan semakin popular dan semakin banyak peminatnya.

Sejarah Singkat Permainan Bulu Tangkis

Permainan bulu tangkis awalnya berkembang pada masa pemerintahan China kuno. Pada masa itu permainan dikenal dengan mana jianzi. Aturan permainannya adalah menjaga agar shuttlecock tetap berada di udara. Para pemain dilarang menggunakan tangan dan hanya menggunakan kaki.

Permainan bulu tangkis juga dipercaya berkembang lewat permainan battledores yang berasal dari Inggris. Permainan ini mirip dengan permainan bulu tangkis modern karena menggunakan sebuah tongkat pemukul untuk menjaga shuttlecock tidak jatuh ke tanah.

Permainan ini bulai diselenggarakan secara kompetitif dan memakai net di abad ke-19 di Pune, India. Karena berasal dari Pune, maka permainan dikenal dengan nama Poona pada zaman dulu. Permainan dini dikenal sebagai permainan badminton pada tahun 1860.

Macam Pukulan Bulu Tangkis

Dalam permainan bulu tangkis, setidaknya ada 5 gaya pukulan yang digunakan sebagai teknik permainan yakni :

  1. Pukulan service untuk memulai permainan
  2. Pukulan lob, merupakan pukulan yang dilakukan secara melambung
  3. Pukulan drive, dilakukan secara cepat dan mendatar
  4. Pukulan drop shot, dilakukan dengan cepat dan dekat dengan net
  5. Pukulan Smash, dilakukan secara cepat dan tajam

Perbedaan Pukulan Lob, Choop dan Smash

Untuk mendapatkan poin, pemain bulu tangkis sering melakukan pukulan lob, choop dan smash untuk mencuri poin dari lawan. Perbedaan diantara ketiganya adalah :

  1. Pukulan Lob

Pukulan lob merupakan pukulan yang dilakukan dengan cara melambungkan shuttlecock ke atas dan nantinya shuttlecock akan menukuk tajam di area lawan. Pukulan ini dapat dilakukan dengan cara overhead lob (pukulan dari atas kepala) dan underhand lob (pukulan dari bawah kepala).

Jenis pukulan ini terdiri dari dua jenis yakni :

a. Lob penangkis

Pukulan ini dilakukan dengan tujuan untuk menangkis serangan dari lawan. Ciri khas pukulan ini yakni shuttlecock dipukul melambung tinggi dan jauh hingga shuttlecock jatuh ke bagian belakang lapangan lawan.

Tujuan pukulan ini adalah memperoleh keuntungan untuk memperbaiki posisi selama lawan sibuk mengejar shuttlecock. Semakin tinggi dan lama shuttlecock melayang, semakin banyak waktu bagi pemain untuk memperbaiki posisi.

Selain itu, tujuan pukulan ini adalah membuat lawan kelelahan dan kesulitan untuk mengejar shuttlecock. Sehingga pemain berkesempatan untuk mendapatkan angka.

b. Lob serang

Pukulan ini dilakukan untuk menyerang lawan. Ciri khas pukulan ini adalah shuttlecock dibuat melambung agak rendah dan melewati lawan ke bagian belakang lapangan.

Pukulan ini dilakukan ketika lawan sedang lengah dan salah mengambil posisi sehingga terpaksa mengejar shuttlecock ke bagian belakang. Lawan akan dipaksa bergerak maju mundur untuk mengejar shuttlecock.

Pukulan ini dapat dilakukan dengan cara overhead lob (pukulan dari atas kepala) dan underhand lob (pukulan dari bawah kepala).

  1. Pukulan Choop

Pukulan choop atau yang biasa dikenal juga dengan pukulan dropshot merupakan pukulan yang dilakukan dengan cara menempatkan shuttlecock sedekat dan secepat mungkin dengan net di area lawan, Ciri khas pukulan ini adalah shuttlecock dipukul dan diupayakan agar jatuh tajam ke bawah di area lawan.

Pukulan ini dapat dilakukan dengan du acara yakni overhead lob (pukulan dari atas kepala) dan underhand lob (pukulan dari bawah kepala).

  1. Pukulan Smash

Pukulan smash adalah pukulan yang dilakukan secara keras, cepat dan menukik. Shuttlecock diupayakan agar menukik tajam ke dalam area lawan. Pukulan smash mirip seperti pukulan lob. Hanya saja jika pukulan lob shuttlecock dipukul ke atas, namun pada pukulan smash shuttlecock dipukul tajam ke bawah.

Mohammad Ahsan adalah pemain bulu tangkis Indonesia yang memiliki salah satu smash tercepat. Ia pernah mencatat rekok smash dengan kecepatan 385 km/jam di Perancis Open tahun 2015.

agar kalian lebih paham tentang materi bulutangkis, silahkan kalian downloan modul PJOK materi bulutangkis melali link dibawah ini.

Klik Disini: Download Modul PJOK

Demikianlah pembahasan seputarkelas mengenain perbedaan pukulan lob, choop, dan smash semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.