Perbedaan Sklerenkim Dan Kolenkim

seputarkelas.com – Perbedaan Sklerenkim Dan Kolenkim Jika kamu melihat tanaman, kamu mungkin pernah bertanya bagaimana tanaman bisa berdiri tegak meski tanaman tumbuh tanpa kaki. Untuk dapat berdiri tegak, tanaman perlu jaringan penguat yang membuatnya mampu berdiri tegak. Jaringan penguat ini disebut jaringan mekanik.

Jaringan mekanik disebut jaringan penguat karena jaringan tersebut mempunyai dinding sel yang tebal dan kuat. Selain itu, sel-sel pada jaringan ini telah mengalami spesialisasi. Berdasarkan bentuk dan sifatnya, jaringan ini terdiri dari jaringan sklerenkim dan kolenkim.

Apa itu Jaringan Sklenrenkim

Jaringan sklerenkim merupakan jaringan penguat tumbuhan yang dapat ditemukan pada organ tumbuhan yang telah dewasa. Atau terdapat pada organ tumbuhan yang sudah tidak lagi mengalami pertumbuhan.

Adapun karakteristik dari jaringan sklenrenkim diantaranya adalah :

  • Selnya mati dan memiliki dinding sel yang tebal
  • Sel lebih kaku dibandingkan dengan sel jaringan kolenkim
  • Sel sklerenkim tidak memanjang
  • Tidak lagi mengandung kloroplas dan bersifat kenyal
  • Dinding sel terdiri dari zat lignin dan tebal

Jaringan sklenrenkim terdiri dari dua macam yakni sel serabut dan sel sklereid. Berikut penjelasannya :

  1. Serabut

Serat-serat sklenrenkim biasanya memiliki ukuran 2 mm hingga 25 cm. Serat sklenrenkim yang panjang dapat ditemukan pada Hibiscus sabdariffa, Agaye dan Hibiscus canabinus.

Berdasarkan letaknya, serat sklenrenkim terdiri atas dua yakni serat xilem dan ekstra xilem. Serat xilem terdapat dalam jaringan xilem dan jaringan extra xilem terdapat di luar sistem jaringan xilem.

Pada umumnya pada jaringan ini terdapat bentuk lingkaran atau untaian. Dalam bekas pengangkut, serabut merupakan suatu seludang yang memiliki hubungan dengan bekas pengangkut atau dalam kelompok yang tersebar dalam xilem dan floem.

  1. Sklereid

Secara ontogenis, sklereid tumbuh dan berkembang dari sel-sel parenkim melalui penebalan sekunder dinding selnya. Sklereid terdapat pada seluruh bagian tumbuhan. terutama pada dalam kulit kayu, pembuluh tapis dan dalam buah atau biji.

Sel sklereid juga secara soliter sebagai idioblast atau dengan kata lain terdapat dalam kumpulan sel dalam jumlah besar bahkan terdapat pada tempurung kelapa (Cocos nucifera).

Apa itu Jaringan Kolenkim

Jaringan kolenkim merupakan jaringan sel yang mengalami penebalan selulosa. Jaringan ini memiliki fungsi sebagai jaringan penguat khususnya pada organ tumbuhan yang aktif mengadakan pertumbuhan dan perkembangan.

Adapun ciri-ciri jaringan kolenkim diantaranya adalah :

  • Umumnya memiliki penebalan dinding yang tidak teratur
  • Selnya mengandung kloroplas. Semakin sederhana diferensianya semakin banyak kloroplas yang dikandungnya.
  • Bentuk sel sedikit memanjang
  • Sel-selnya hidup dengan protoplasma aktif
  • Bersifat lunak, tidak berlignin dan lentur
  • Tidak memiliki dinding sel sekunder. Hanya memiliki dinding primer yang lebih tebal disbanding sel-sel parenkim

Perbedaan Sklenrenkim dan Kolenkim

Perbedaan antara jaringan sklenrenkim dan kolenkim dapat dilihat dengan merujuk pada beberapa aspek yakni letak, fungsi sel dan sifat jaringan. Berikut penjelasannya :

1. Letak

Jaringan kolenkim terletak lebih ke tepi sedangkan jaringan sklenrenkim terletakĀ  agak ke bawah,

2. Fungsi

Jaringan kolenkim memiliki fungsi untuk membantu organ-organ yang masih muda. sedangkan jaringan sklenrenkim berfungsi untuk membantu organ-organ yang sudah dewasa untuk tumbuh.

3. Sel

Jaringan kolenkim memiliki bentuk sel yang memanjang ke arah poros. Hal ini ditandai dengan adanya sel primer yang memiliki dinding sel yang tebal. Adapun pada jaringa sklenrenkim memiliki dinding yang tebal, mengandung lignin dan protoplasmanya mati.

4. Sifat jaringan

Jaringan kolenkim bersifat hidup dan primer. Sedangkan sklenrenkim bersifat dewasa, mati dan primer.

Demikianlah pembahasan seputarkelas mengenai Perbedaan Sklerenkim Dan Kolenkim, semoga bermanfaat untuk kalian semua, untuk lebih memahami materi IPA silahkan kalian download modul ipa kelas 7, dan jangan lupa kunjungi seputarkelas.com untuk tau lebih banyak seputar materi pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.