RPP BAHASA INDONESIA Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs Terbaru

seputarkelas.com – RPP BAHASA INDONESIA Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs Terbaru

Dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam dunia pendidikan, bahasa memegang peranan penting. Bahasa menjadi pondasi utama karena tanpa penguasaan bahasa yang baik dan benar, seseorang tidak akan bisa berkomunikasi dengan baik. Selain itu, ia pun tidak akan mampu menyampaikan perasaan, gagasan dan pemikirannya baik dalam bentuk tulisan maupun lisan.

Dunia pendidikan dapat diibaratkan sebagai kawah candradimuka dalam menggodok dan mempersiapkan para generasi muda bangsa dalam menyongsong masa depan. Oleh karena itulah, dunia pendidikan harus mampu mempersiapkan generasi muda yang tangguh, berdaya saing dan memiliki rasa cinta tanah air. Bahasa sebagai salah satu perwujudan dari identitas bangsa pun menjadi suatu hal yang harus ditanamkan sejak dini. Bagi seorang guru disekolah tidak hanya dituntut untuk mengajar namun juga ada tugas lain yaitu mengumpulkan administrasi sekolah, seperti, RPP, Jurnal, dan laiinnya. Kali ini seputar kelas mencoba untuk membagikan link RPP Bahasa Indonesia kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs

Hakikat dan Tujuan Pembelajaran Bahasa

Pada hakikatnya, mempelajari suatu bahasa sama dengan mempelajari cara berkomunikasi menggunakan bahasa tersebut. Menurut Depdiknas tahun 1995 menyatakan bahwa pembelajaran bahasa diarahkan agar peserta didik mampu mengembangkan kemampuan berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan.

Menurut Basiran (1999) menyatakan bahwa tujuan pembelajaran bahasa adalah unutuk menciptakan dan mengembangkan ketrampilan komunikasi dalam berbagai konteks komunikasi, adapun kemampuan yang dikembangkan dikelompokkan ke dalam kebahasaan, pemahaman dan penggunaan.

RPP Bahasa Indonesia kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs juga akan menujang seorang guru untuk mempersiapkan materi apa yang akan diberikan kepada siswa, yang nantinya akan membuat seorang guru lebih siap mengajar ketika berada dikelas.

Pembelajaran Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam  dunia  pendidikan  menjadikan  berbagai lembaga pendidikan di Indonesia menggunakan bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran sehari-harinya mulai dari PAUD, TK, SD, SMP hingga ke perguruan tinggi. Oleh karena itulah pembelajaran bahasa Indonesia menjadi penting dan perlu untuk dilaksanakan.

Melalui penguasaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, seorang peserta didik diharapkan mampu menguasai berbagai mata pelajaran lainnya di luar mata pelajaran bahasa Indonesia. Selain itu melalui pembelajaran bahasa Indonesia, para peserta didik diharapkan mampu mengenal dirinya, kebudayaannya dan kebudayaan bangsa atau daerah lain. Para peserta didik diharapkan mampu mengemukakan gagasan dan pendapatnya serta berpatisipasi aktif dalam kehidupan bermasyarakat.

RPP Bahasa Indonesia

Kurikulum Pendidikan tahun 2013 menempatkan mata pelajaran Bahasa Indonesia memiliki jumlah jam pelajaran sebanyak 6 jam pelajaran dalam 1 minggu. Penambahan jam pelajaran ini, menjadikan guru bahasa Indonesia harus membuat perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan kelas sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi tidak membosankan.

Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar, guru diharuskan untuk mempersiapkan dan menyusun RPP. RPP Bahasa Indonesia kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs adalah daftar rencana kegiatan pembelajaran untuk sekali tatap muka atau lebih. Dalam menyusun RPP, dikembangkan dari silabus dalam upaya agar peserta didik mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Mendikbud Nadiem Makarim telah mengeluarkan kebijakan baru terkait penyusunan RPP. Dalam kebijakan baru tersebut, RPP Bahasa Indonesia kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs yang disusun haruslah bersifat sederhana dan hanya 1 lembar. Penyusunan RPP Bahasa Indonesia kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs pun harus mempertimbangkan prinsip efektif, efisien dan berorientasi pada para peserta didik. Kebijakan penyederhaan RPP ini telah disahkan melalui Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs

RPP Bahasa Indonesia kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs berisikan tentang berbagai materi yang telah tercantum dalam silabus Bahasa Indonesia untuk kelas 7, 8 dan 9. Sebagai contoh adalah pada kelas 7, para peserta didik akan diajarkan untuk mempelajari dan menyusun teks deskripsi, laporan observasi, teks fantasi, legenda, mengenal berbagai jenis pantun dan syair serta berbagai jenis surat.

Dari berbagai materi yang akan diajarkan tersebut, guru Bahasa Indonesia akan menyusun RPP Bahasa Indonesia kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs  menyangkut hal-hal teknis yang akan dilakukan oleh guru dan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Hal-hal teknis yang dimaksud diantaranya adalah kompetensi apa yang akan dikuasai peserta didik setelah mempelajari materi tertentu, bagaimana cara guru menyampaikan materi tersebut hingga proses penilaian dan evaluasi terhadap penguasaan materi yang dibahas.

RPP Bahasa Indonesia kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs disusun sedemikian rupa sehingga menjadi sederhana, mudah dan avaible untuk diterapkan di kelas. Selain memuat tentang teknis materi yang akan diajarkan dan cara pengajarannya RPP juga menyesuaikan dengan situasi belajar di kelas. Sebagai contoh situasi kelas para peserta didik cenderung pasif dalam menerima pelajaran, maka RPP Bahasa Indonesia kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs yang disusun haruslah berupaya untuk melibatkan keatifan peserta didik sehingga pembelajaran yang tadinya pasif berubah menjadi pembelajaran aktif.

Dibawah ini adalah bentuk RPP Bahasa Indonesia kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs yang bisa bapak ibu guru gunakan sebagai bentuk tugas seorang guru didalam mengajar dan mengumpulan administrasi pembelajaran. Bapak ibu guru bisa mendownload RPP seni budaya berikut dengan mengklik link dibawah ini, semoga RPP Bahasa Indonesia bermanfaat untuk bapak ibu guru. Jikalau didalamnya ada materi, KD, KI, yang tidak bapak atau ibu gunakan dikelas, alangkah baiknya bapak ibu guru edit kembali RPP tersebut.

RPP Bahasa Indonesia yang kami sajikan berikut adalah RPP Bahasa Indonesia kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs dikutip dari website resmi https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/ Silahkan bapak atau ibu guru pilih RPP Seni Budaya yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan bapak atau ibu Guru.

LINK RPP : KLIK TULISAN RPP BERWARNA BIRU

RPP KELAS 7 SMP / MTS :

RPP 1 KELAS 7 BHS. INDONESIA

RPP 2 KELAS 7 BHS. INDONESIA

RPP 3 KELAS 7 BHS. INDONESIA

RPP 4 KELAS 7 BHS. INDONESIA

RPP 5 KELAS 7 BHS. INDONESIA

Silabus Kelas 9 BHS. INDONESIA

 

LINK RPP :

RPP KELAS 8 SMP / MTS :

RPP 1 KELAS 8 BHS. INDONESIA

RPP 2 KELAS 8 BHS. INDONESIA

RPP 3 KELAS 8 BHS. INDONESIA

RPP 4 KELAS 8 BHS. INDONESIA

RPP 5 KELAS 8 BHS. INDONESIA

Silabus Kelas 8 BHS. INDONESIA

 

LINK RPP :

RPP KELAS 9 SMP / MTS :

RPP 1 KELAS 9 BHS. INDONESIA

RPP 2 KELAS 9 BHS. INDONESIA

RPP 3 KELAS 9 BHS. INDONESIA

RPP 4 KELAS 9 BHS. INDONESIA

RPP 5 KELAS 9 BHS. INDONESIA

Silabus Kelas 9 BHS. INDONESIA

Sampai disini dulu pembahasan seputarkelas tentang RPP Bahasa Indonesia kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs, semoga bermanfaat untuk Bapak dan Ibu guru semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.