Materi Lagu Daerah Nusantara, Definisi, Fungsi Dan Ciri Lagu Daerah

seputarkelas.com – Materi Lagu Daerah Nusantara, Definisi, Fungsi Dan Ciri Lagu Daerah

Defininisi Lagu Daerah

Lagu daerah atau musik daerah adalah suatu lagu atau musik yang asalnya dari suatu daerah tertentu di indonesia. Setiap daerah mempunyai ciri khas lagu daerahnya masing-masing. Ciri khas lagu daerah tersebut menjadi symbol pembeda ciri khas dari daerah masing-masing.

Lagu daerah biasanya sangat kental dengan suasana daerah tersebut, dan mengangkat nilai-nilai masyarakat didaerah tersebut.

Lagu daerah ini saat ini sudah mulai terlupakan oleh para generasi mudah, disebabkan anak muda jaman sekarang cenderung lebih suka dan lebih sering mendengarkan lagu-lagu jaman sekarang. Padahan lagu daerah adalah suatu asset ciri khas yang harus dilestarikan oleh penerusnya. Pasalnya lagu daerah disusun atau dibuat berdasarkan gaya, tradisi, serta bahasa yang sesuai dengan daerahnya.

Manfaat Lagu Daerah

Ada beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan, dengan mempelajari suatu lagu daerah, tentunya lagu daerah ini akan lebih bermanfaat bagi kalian jika dipelajari, daripada kalian mengikuti lagu-lagu dari luar yang terkadang justru tak memiliki manfaat untuk kita

Berikut adalah beberapa Manfaat Mempelajari Lagu Daerah :

1.Mengenalkan Budaya Daerah

Bagi sebagian orang mempelajari suatu budaya terkadang bukan suatu yang ingin dilakukan, terkadang menyebutkan suatu kesenian didaerah sendiri saja mereka tidak tahu, fungsi dari lagu daerah disini bisa menjadi suatu media mengenalkan suatu budaya lewat lagu, karena isi dari lagu daerah tersebut ialah budaya-budaya yang diceritakan didalam suatu lagu daerah tersebut.

2. Memetik Pesan Positif

Lagu daerah berbeda dengan lagu pada jaman sekarang, bisa kita lihat lagu jaman sekarang yang cenderung mengambil tema cinta, lagu daerah cenderung memilih kalimat-kalimat yang mengandung pesan positif, tentang kehidupan didaerah tersebut, tentang kondidi masyarakat, tentang perjuangan dan lainnya.

3. Menambah Pengetahuan tentang lagu

Lagu daerah bisa menjadi bagian dari lagu-lagu yang di dengarkan oleh orang-orang, itu artinya lagu daerah bisa menjadi tambahan ilmu dari berbagai jenis lagu yang bisa seseorang pelajari.

4.Menumbuhkan Rasa Percaya Diri dan kebanggaan

Lirik yang terkandung didalam lagu-lagu daerah adalah lirik yang menceritakan tentang kehidupan, pengalaman, kerja keras, yang akan membuat pendengarnya terangsang tumbuh rasa percaya diri didalam pendengarnya. Rasa bangga akan tanah kelahirannya.

5. Meningkatkan Kecerdasan Emosi

Lagu daerah juga bisa menambah kecerdasan dalam mengelola emosi. Ketika seseorang mampung mengeloloa emosi maka akan berdampak pada perilaku positif seseorang, jika seseorang mulai tertarik dan suka dengan lagu daerah maka kecerdasan dalam mengelola emosi bisa lebih baik. Insya Allah

Ciri-ciri Lagu Daerah

Lagu daerah memili ciri khas yang membedakan dengan lagu-lagu daerah lainnya, dibawah ini adalah ciri-ciri lagu daerah :

1. Memiliki Sifat Informal

Lagu daaerah biasanya memiliki ciri khas isi informal, dikarenakan lagu daerah biasanya mengandung kalimat-kalimat yang tidak begitu serius dan sederhana. Meskipun ada beberapa lagu daerah yang dipakai sebagai acara kegiatan keagamaan oleh sebuah suku. Namun, kebanyakan lagu daerah bersifat informal disebabkan biasanya kebanyakan lagu daerah disuatu daerah dipakai sebagai hiburan.

2. Menggunakan Syair Lagu Bahasa Daerah

Ciri khas lagu daerah yang paling Nampak ialah menggunakan Bahasa daerahnya masing-masing, hal ini jelas sangat begitu dilihat karakternya.  Contohnya lagu jawa yang memiliki ciri khas alunan musik yang mendayu-dayu.

3. Melibatkan Alat Musik Daerah

Lagu daerah Juga bisa dilihat dari alat musik pengiringnya beberapa daerah memiliki alat musik dari daerahnya sendiri yang dipakai untuk mengiringi suatu lagu daerah. Contohnya musik Sunda yang yang diiringi dengan alat music yang menjadi ciri khas Sunda contohnya Karinding, Degung, dan lain-lain.

4. Bagian dari Budaya Masyarakat

Lagu daerah memiliki ciri khas liriknya menggambarkan suatu keadaan masyarakat suatu daerah. Misal lagu lir saalir yang menceritakan tentang budaya melaut. Hal ini membuat siapa saja yang mendengarkan lagu daerah bisa menebak lagu tersebut berasal dari Madura.

5. Dipelajari Secara Lisan

Biasanya lagu daerah sering dinyanyikan oleh orang tua, kita sebagai anak muda terkadang mempelajari suatu lagu daerah dengan cara, mendengarkan orang tua bernyanyi, atau diajari secara langsung dari mulut kemulut.

6. Tidak Memiliki Notasi

Tidak memiliki notasi adalah ciri khas dari lagu daerah hal tersebut dikarenakan proses pembelajarannya lagu daerah hanya sebatas lisan saja.

7. Tidak Terspesialisasi

Seseorang yang menyanyikan lagu daerah biasanya berasal dari daerah tersebut. Meski orang dari luar daerahpun bisa juga menyanyikannya. Biasanya dia tidak hanya mempelajari satu lagu daerah atau satu jenis musik.

Dibawah ini adalah beberapa contoh lagu daerah yang berasal dari Provinsi Jawa Timur :

Dibawah ini adalah beberapa contoh lagu daerah yang berasal dari Provinsi Jawa Timur :

1. Rek Ayo Rek

2. Gai Bintang

3. Kembang Malathe

4. Keraban Sape

5. Lindri

6. Jamuran

7. Grimis-Grimis

8. Pa’ Kopa’ Eling

9. Re Sere Penang

10. Cublak Cublak Suweng

Demikianlah pembahasan seputarkelas kali ini tentang musik daerah, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

sekarang cobalah kalian kerjakan soal Teka-Teka Silang SENI MUSIK berikut ini : KLIK DISINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *