Materi Seni Musik Kelas VII Pengertian, Unsur dan Fungsi Musik

seputarkelas.com – Materi Seni Musik Kelas VII Pengertian, Unsur dan Fungsi Musik

Pengertian Seni Musik

Seni musik, mungkin dari kita sudah sangat familiar dengan musik, hampir setiap hari kita mendengarkan musik, bernyanyi mungkin juga jadi hobi kita, musik memiliki ruang lingkup penggemar yang sangat merata, mulai dari anak-anak sampai orang tua.

Seni musik sendiri dapat diartikan sebagai salah satu cabang seni yang memperguanakan  media bunyi atau suara untuk meyampaikan atau mengenalkan suatu karya bagi seniman. Manusia sebagai tokoh utama pelaku music baik sebagai pemain ataupun sebagai menikmat.

Sebagai pemain manusia menerakan musik dengan cara memainkan alat musik, berbagai macam alat musik bias dimainkan oleh manusia, mulai yang dipergunakan dengan cara ditiup, dipukul, ataupun digesek manusia mampu melakukannya. Sebagai penikmat, biasanya musik dijadikan sebagai hiburan, didengarkan saat manusia bersantai, bersedih, Bahagia, dan situasai manuasia saat kapan saja mereka ingin mendengarkannya.

Mengutip Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, diartikan bahwa musik adalah nada atau suara yang kemudian disusun oleh penciptanya sedemikian rupa hingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan terutama yang menggunakan alat music sebagai medianya.

Pengertian Seni Musik dari berbagai tokoh

Soeharto

Seni musik adalah ungkapan perasaan gagasan melalui bunyi yang mempunyai unsur dasar berupa melodi, irama, dan harmoni.

Banoe

Musik ialah salah satu bidang seni yang membahas atau menetapkan suara atau bunyi kedalam suatu pola yang bisa dimengerti manusia dan mudah dipahami juga dinikmati. 

Hardjana

Menurut Hardjana musik adalah sebuah karya yang memainkan waktu tempo dengan bunyi sebagai materinya.

Unsur-unsur Seni Musik

Unsur seni musik adalah bagian yang membentuk dari musik itu sendiri yang kemudian menjadi suatu kesatuan komposisi nada atau bunyi yang harmoni yang indah untuk dipahami.

Berikut ini ialah materi seni musik yakni beberapa unsur seni musik :

1. Suara

Suara atau bunyi adalah unsur paling utama dari seni musik. suara yaitu perubahan getaran udara dia mempunyai panjang gelombang dan periode didalam frekuensinya.

2. Nada

Nada ialah bunyi yang mempunyai sifat beraturan. Nada adalah satuan terkecil dari seni musik nada juga biasa sebagai tinggi dan rendahnya suatu suara

3. Melodi

Melodi adalah tinggi rendahnya suatu nada  atau dibunyikan secara berurutan

4. Irama / Ritme

Irama adalah pola gerak naik atau turunnya suatu bunyi atau suara yang  terdengar indah/estetis atau memberikan dampak tertentu pada orang yang mendengarnya.

5. Birama

Birama ialah suatu baris melodi birama sendiri menunjukkan berapa ketukan didalam bagian tersebut. Angka pecahan didalam birama biasanya dirulis 2/4, 3/4, 6/8, dst.

6. Tangga Nada/ Struktur/ Notasi

Tangga nada adalah satu urutan nada yang digunakan untuk menyusun sebuah musik.

Disebut dengan tangga nada karena munculnya urutan nadan dimulai dengan nada rendah menuju nada tinggi

7. Harmoni

Harmoni adalah keselarasan suatu bunyi jika dibunyikan dengan bersamaan, sehingga terdengar suatu bunyi atau suara yang indah

8. Tempo

Tempo yaitu kecepatan atau lambatnya dalam memainkan suatu musik

9. Dinamika

Dinamika dapat diartikan sebagai keras atau lembutnya suatu nada, Semakin keras musik terdengar maka semakin kuat tingkat ketegangannya. Dan  semakin lembut bunyi terdengar maka semakin lemah tingkat ketegangannya .

10. Timbre/ Warna Nada

Timbre adalah kualitas atau warna bunyi, ini yang akan membuat pendengar tau jenis suara atau bunyi dari mana berasal, warna nada yang unik bias jadi suatu ciri khas bagi seseorang atau alat music.

Fungsi Seni Musik

  1. Sarana berekspresi musik dijadikan suatu karya untuk mengungkapkan ekspresi seseorang, bias melalui lagu ataupun bermain musik, isi lagunya merupakan ekpresi perasaan yang sedang dialami oleh penciptanya.
  2. Sarana hiburan bagi kalian yang sedang galau, bosan, gabut, mungkin sering sekali menjadikan music sebagai sarana hiburan kalian, merelaksasi atau sekedar mengisi kobosanan
  3. Sarana komunikasi Musik bias dijadikan sebagai cara untuk menyuarakan suatu isi yang tidak bias disampaikan secara langsung ke orang yang dituju. Melalui music kita bias mengkomunikasikan dan menyampaikan isi hati kita.
  4. Sarana Pendidikan Music dijadikan sebagai media untuk mendidik seseorang atau belajar, contohnya music-musik yang sering kita dengarkan dari guru kita pada waktu TK tentang lagu berhitung atau membaca.
  5. Sarana pembangkit rasa nasioanalis Biasanya musik-musik atau lagu nasioanal dinyanyikan sebagai penguat atau rasa bangga kita akan kecintaan terhadap tanah air negara republik indonesia

 Sampai disini dulu pembahasan seputar kelas tentang materi seni musik, unsur musik dan fungsinya semoga bermanfaat untuk kalian semua.

SEKARANG COBA KALIAN KERJAKAN TUGAS BERIKUT INI UNTUK MELATIH PENGETAHUAN KALIAN TENTANG SENI MUSIK: KLIK DISINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *