Rangkuman Materi IPA Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

seputarkelas.com – rangkuman materi ipa kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 revisi 2017 , memasuki semester genap pada mata pelajaran IPA kelas 7, peserta didikan akan mempelajari beberapa materi diantaranya, bab 1 sistem organisasi kehidupan makhluk hidup, bab 2 interaksi makhluk hidup dengan lingkungan, bab 3 pencemaran lingkungan, bab 4 pemanasan global, bab 5 lapisan bumi dan bab 6 tata surya.

Bab 1 Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup

organisme merupakan bagian hirarki struktur makhluk hidup yang membentuk organisasi kehidupan, hierarki istruktur ini disebut hierarki biologi organisasi kehidupan terdiri atas atom molekul yo organel sel sel jaringan, organ system, organ organisme. sel berada ditingkatan struktural terendah yang masih mampu menjalankan semua fungsi kehidupan. sel mampu melakukan regulasi terhadap dirinya sendiri memproses energi tumbuh dan berkembang, tanggap terhadap lingkungan serta melakukan reproduksi. kerjasama dan interaksi diantara sel-sel ini menyebabkan organisme dapat mempertahankan hidupnya. sel-sel yang mempunyai fungsi dan bentuk yang sama akan berkelompok, kelompok sel itu dinamakan jaringan. kumpulan dari beberapa macam jaringan yang berbeda dan membentuk satu kesatuan untuk melakukan fungsi tertentu disebut organ. sistem organ merupakan bentuk kerjasama antara organ untuk melakukan fungsi tertentu.

Bab 2 Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan

lingkungan secara umum diartikan sebagai segala sesuatu diluar individu, segala sesuatu diluar individu merupakan sistem yang kompleks sehingga dapat mempengaruhi satu sama lain. lingkungan terdiri atas dua komponen utama yaitu komponen biotik dan komponen abiotic. komponen biotik terdiri atas makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan dahsyat renik, komponen abiotik terdiri atas benda-benda mati seperti air, tanah, udar,a cahaya dan sebagainya setiap organisme tidak dapat hidup sendiri dan selalu bergantung pada organisme lain dan lingkungannya. saling ketergantungan ini akan membentuk suatu pola interaksi, pola interaksi ini terjadi antara komponen biotik dan komponen abiotik serta sampun biotik dan biotik. Interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup yang lain dapat terjadi melalui Rangkaian peristiwa makan dan dimakan rantai makanan, jaring-jaring makanan dan piramida makanan maupun melalui bentuk hidup bersama yaitu symbiosis.

Berdasarkan cara menyusun makanannya makhluk hidup dapat berperan sebagai organisme autotrof dan heterotroph. manusia juga memiliki interaksi dengan lingkungan berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam menyebabkan kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu, akibatnya lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.

Baca Juga : Rangkuman Materi IPA Kelas 8 Semester 2 Lengkap

Bab 3 Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia, sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya.

pencemaran lingkungan terjadi akibat dari kumpulan kegiatan manusia dan bukan dari kegiatan perorangan. Selain itu pencemaran dapat diakibatkan oleh faktor alam contoh gunung meletus yang menimbulkan abu vulkanik.

pencemaran air yaitu masuknya makhluk hidup zat energi atau komponen lain ke dalam air akibatnya kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. faktor penyebab pencemaran air adalah limbah industri limbah, rumah tangga, limbah pertanian. air limbah yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan dampak yang tidak menguntungkan bagi lingkungan, seperti hal-hal berikut penurunan kualitas, lingkungan gangguan kesehatan, pemekatan hayati, mengganggu pemandangan, mempercepat proses kerusakan benda.

pengolahan limbah bertujuan untuk menetralkan air dari bahan-bahan tersuspensi dan terapung menguraikan organik biodegradable yakni bahan organik yang dapat terurai oleh aktivitas makhluk hidup, meminimalkan bakteri patogen serta memperhatikan estetika dan lingkungan.

pengolahan air limbah dapat dilakukan sebagai berikut pembuatan kolam stabilisasi, Ipal atau instalasi pengolahan air limbah pengelolaan ekskreta dalam meminimalisasi sampah hasil limbah rumah tangga khususnya dikenal dengan istilah 4R yaitu recycle, rius, reduce dan rapper. pencemaran udara didefinisikan sebagai suatu kondisi dimana udara mengandung senyawa-senyawa kimia atau substansi fisik maupun biologi dalam jumlah yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan manusia, kesehatan hewan, kesehatan tumbuhan serta merusak keindahan alam serta kenyamanan atau merusak barang-barang perkakas.

pencemaran udara primer disebabkan langsung dari sumber pencemaran contohnya peningkatan kadar karbondioksida yang disebabkan oleh aktivitas pembakaran oleh manusia. pencemaran udara sekunder terjadi disebabkan oleh reaksi antara substansi-substansi pencemar udara primer yang terjadi di atmosfer misalnya pembentukan Ozon yang terjadi dari reaksi kimia partikel-partikel yang mengandung oksigen diudara. faktor penyebab cemaran udara adalah aktivitas alam dan aktivitas manusia, dampak yang ditimbulkan dari pencemaran udara antara lain bagi kesehatan tumbuhan efek rumah kaca dan Rusaknya lapisan ozon.

pencemaran tanah adalah suatu keadaan dimana bahan ia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami, pencemaran ini biasanya terjadi karena kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial penggunaan pestisida, masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan tuk permukaan, kecelakaan kendaraan pengangkut minyak zat kimia atau limbah air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat.

faktor penyebab pencemaran tanah diantaranya limbah domestik, limbah industri dan limbah pertanian dua cara utama yang dapat dilakukan apabila tanah sudah tercemar yaitu remediasi dan bioremediasi. remediasi adalah kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar ada dua jenis saya mediasi tanah yaitu insitu dan eksitu. bioremediasi adalah proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme seperti jamur atau bakteri, bioremediasi bertujuan untuk memecah atau mendegradasi zat pencemar menjadi bahan yang kurang beracun atau tidak beracun.

Baca Juga: Rangkuman Materi IPA Kelas 9 Semester 2 Lengkap

Bab 4 Pemanasan Global

Efek rumah kaca adalah proses pemanasan alami yang terjadi ketika gas-gas tertentu di atmosfer bumi memerangkap panas. Pemanasan global adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peningkatan suhu rata-rata atmosfer bumi dan lautan secara bertahap serta sebuah perubahan yang diyakini secara permanen mengubah iklim bumi.

Faktor yang menyebabkan pemanasan global diantaranya emisi CO2, emisi metana deforestation dan pembakaran lahan hutan, penggunaan klorofluorokarbon dan meningkatnya Penggunaan pupuk kimia dalam pertanian. dampak pemanasan global yang telah nampak diantaranya temperatur bumi menjadi semakin tinggi, penguapan dan curah hujan yang tidak menentu mencairnya gletser yang menyebabkan volume air laut meningkat, hilangnya terumbu karang kepunahan spesies yang semakin meluas, kegagalan panen besar-besaran dan penipisan lapisan ozon. usaha-usaha untuk menanggulangi pemanasan global diantaranya menggunakan energi terbarukan, meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan, mengurangi deforestation mengurangi penggunaan flora-flora karbon, mendukung dan turut serta C kegiatan penghijauan.

bab 5 lapisan bumi

Bumi terdiri atas lapisan-lapisan penyusun, baik yang tersusun atas padat, cair maupun gas. secara umum bumi terdiri atas tiga komponen yakni atmosfer, litosfer dan hidrosfer. atmosfer merupakan lapisan udara yang menyelimuti bumi atmosfer tersusun atas lapisan-lapisan antara lain troposfer stratosfer, mesosfer, termosfer dan eksosfer udara yang ada di atmosfer memiliki sebuah tekanan. udara yang menekan permukaan bumi besarnya tekanan udara menurun seiring dengan bertambahnya ketinggian suatu tempa,t di atmosfer terdapat lapisan ozon yang melindungi bumi dari radiasi sinar ultraviolet. litosfer adalah lapisan bebatuan yang menyelimuti bumi Salah satu bagian dari litosfer adalah lempeng yang selalu aktif bergerak, pergerakan lempeng tersebut diakibatkan oleh adanya aliran konveksi dari inti bumi, lempeng dapat bergerak saling menjauhi maupun saling mendekati, ketika lempeng bergerak saling menjauhi maka akan timbul patahan atau sesar, jika lempeng bergerak saling mendekati dan bertumbukan maka akan terjadi subduksi, salah satu efek dari pergerakan lempeng adalah adanya gempa dan terbentuknya pegunungan berapi hidrosfer merupakan lapisan air yang menyelimuti bumi.

Bab 6 Tata Surya

Tata surya adalah susunan benda-benda langit yang terdiri atas Matahari sebagai pusat tata surya, planet planet, komet, meteorit dan asteroid yang mengelilingi matahari. matahari adalah bintang yang terdapat di dalam tata surya yang memiliki empat lapisan yaitu inti matahari. Fotosfer. kromosfer dan korona.

Planet dalam adalah planet yang orbitnya dekat dengan matahari planet dalam terdiri atas Merkurius, Venus, bumi dan Mars. planet luar adalah planet yang orbitnya jauh dari matahari planet luar terdiri atas Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus.

Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan orbit yang sangat lonjong, meteorit adalah potongan batu atau puing-puing logam yang bergerak di luar angkasa, Meteor adalah meteorit yang habis terbakar oleh atmosfer bumi, meteorit adalah meteorit yang jatuh ke bumi, asteroid adalah potongan-potongan batu yang mirip dengan materi penyusun planet.

Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya karena rotasi bumi adalah waktu yang dibutuhkan oleh bumi untuk sekali berputar yaitu 23 jam 56 menit. dampak dari rotasi bumi diantaranya adalah gerak semu harian matahari, perbedaan waktu, pembelokan arah angin dan pembelokan arah arus laut. revolusi bumi adalah pergerakan bumi untuk mengelilingi matahari. kalau revolusi bumi adalah waktu yang dibutuhkan oleh bumi untuk sekali mengelilingi matahari yaitu 365com A25 hari.

Dampak dari revolusi bumi diantaranya adalah terjadinya gerak semu tahunan matahari perbedaan lamanya siang dan malam dan pergantian musim, bulan melakukan tiga gerakan sekaligus yaitu rotasi, revolusi dan bergerak bersama-sama dengan bumi untuk mengelilingi matahari. rotasi bulan sama dengan karet polusinya terhadap bumi yaitu 27,3 hari dampak dari pergerakan bulan diantaranya terjadinya pasang surut air laut, pembagian bulan fase-fase, bulan gerhana matahari dan gerhana bulan. Gerhana matahari terjadi ketika posisi Bulan berada diantara matahari dan bumi dan ketiganya terletak dalam satu garis. gerhana bulan terjadi apabila bumi berada di antara matahari dan bulan.

Demikianlah pembahasan seputarkelas tentang rangkuman materi pelajaran IPA kelas 7 semeter 2 semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.